Melihat lebih dekat Program Pasuruan Lestari (Hari Pertama)

“Ada Aqua?” Kalimat yang sering saya dengar, semenjak iklan Aqua viral di medsos. Klo lagi ga fokus jadi lucu-lucuan dengan menyebut “Kurang Aqua atau Ada Aqua?” he he. Brand Aqua memang sudah sangat familiar dimasyarakat. Saking melekatnya klo mo minum dan bilang mo beli air botol mineral menyebutnya Aqua.

Beruntung saya berkesempatan untuk mengenal dekat PT Golden Mississippi. Hanya ga semua orang bisa berkesempatan untuk mengunjungi pabrik dan mengenal lebih dekat program CSR salah satu kelompok usaha Danone, Aqua di daerah Pasuruan. Aqua mempunyai #AquaLestari sebelumnya pernah saya singgung ditulisan :

Baca Juga : Gunakan Air Limbah Dengan Bijak

Tulisan diatas diapresiasi Aqua dan para pemenang lomba mendapatkan kesempatan untuk mengenal dekat #AquaLestari Pabrik Aqua di daerah Pasuruan. Tanggal 5-6 Mei 2017, Saya dan beberapa teman blogger berkesempatan mengkunjungi pabrik di daerah Pasuruan dan mengenal lebih dekat program #AquaLestari.

Melihat-lebih-dekat-Program-Pasuruan-Lestari

Kumpul dipagi hari di Bandara Soekarno Hatta tidak menyurutkan semangat, setelah kumpul dan menaiki pesawat. Tidak terlalu lama kami sampai di Surabaya setelah sampai saatnya kami melanjutkan perjalan ke pabrik Candi. Selama perjalan kami mendapatkan informasi mengenai Pasurauan dan daerah yang kami lalui.

Di Pasuruan, Aqua mempunyai 2 pabrik : aqua dibarat ada Pabrik Pandaan dan di sebelah timur ada Pabrik Kebon Candi. Hari pertama, kami mengujungi pabrik Keboncandi  terlebih dahulu. Setelah menempuh jarak akhirnya kami tiba di Pabrik Aqua Keboncandi.

Pabrik Aqua Keboncandi

Mengunjugi Pabrik Aqua Keboncandi

Pabrik Keboncandi terletak di Jalan Raya Winongan, Gondangwetan, Kabupaten Candi, Pasuruan Jatim. Pabrik ini hanya memproduksi galon yang didistribusikan ke bagian Timur Indonesia. Didalam area pabrik ada taman percontohan “Taman Hayati” yang Aqua melakukan mengecar ekonomi semata tapi lingkungan dan sosial juga diperhatikan.

Pabrik yang berdiri sejak tahun 2015, memiliki 3 bangunan yang mempunyai fungsi masing-masing. didalam pabrik ada 2 sumber mata air yang digunakan sebagai pendistribusian air galon. Disaat mengelilingi pabrik, saya melihat fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk karyawan dan membaca motto Aqua Keboncandi.

program internalnya pun ga kalah menarik. ada program diet. jadi karywan yang bisa kurus 3kg/bulan akan mendapat apresiasi dari kantor. Ada juga olahraga pagi rutin , jus dan reward buah agar karyawan hidup sehat.

Dibidang pelatihan , Aqua komitmen karyawan dengan memberikan bebeara :Danone campus menyatukan semua karyawan grup disatukan dengan bidangnya. asuransi kesehatanyang menjamin kersehatan sehingga karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan aman untuk keluarga

Aqua mempunyai program seribu pohon dengan menanam pohon secara rutin dan juga membuat KPI karyawan untuk melestarikan alam. Aqua juga bekerjasama dengan komunitas untuk pembedayaan sdm dan juga sekolah-sekolah disekitar pabrik mengedukasi pengelolaan sampah

Kerajinan Batik Mendalam – Sentra Batik Keboncandi

Setiap daerah, memiliki ciri khas masing-masing seperti saat saya mengunjungi sentra batik Keboncandi. Sentra batik Mendalam adalah salah satu binaan dari Aqua grup. Dibantu mulai dari pendanaan, pelatihan maupun pemasaran.

Sentra Batik Keboncandi

Pas banget ketika kami datang, lagi ada proses pembuatan batik. Tampak diluar kain batik yang sedang dijemur. Masuk kedalam terlihat aktivitas ibu-ibu sedang membatik dan memberi warna ke kain batik.  Ngobrol sebentar dengan salah satu ibu klo mereka sedang mengerjakan pesanan batik sekolah. Semenjak didampingin oleh Aqua, perekonomian disekitar pabrik terbantu. Banyak ibu-ibu terbantu, yang dulunya tidak ada penghasilan, sekarang dengan menjadi pebatik mereka punya pemasukan.

Bagi warga sekitar pabrik, Aqua memperhatikan kesejahteraan mereka. Pandangan itu tidaklah berlebihan karena dengan berdirinya pabrik Aqua, secara otomatis membuat perekonomi warga yang tinggal di sekitarnya kian sejahtera

Setelah mengunjungi sentra batik, kami melanjutkan perjalanan Bukit Cinta Bromo.

Konservasi Bukit Cinta Bromo

Biasa para turis datang ke Bromo untuk melihat sunrise, tapi kali ini saya dan teman-teman mempunyai misi berbeda he he dah kaya mission imposible . Dikaki bukit Bromo, Bukit Cinta kami akan menanam pohon. Perlu nyali besar untuk  menanam dibukit ini, karna kemiringan yang menurut saya  hampir 90 derajat Buat saya yang jarang naik gunung itu sesuatu sekali.

Bromo menjadi daerah resapan air untuk beberapa kabupaten. Aqua salah satu perusahaan yang memanfaatkan air dari gunung ini. Betapa pentingnya Bromo, selain untuk wisata juga bagi masyarakat sekitar. Kawasan ini tidak bisa dikelola sembarangan. Dengan membuat taman konservasi aqua melalukan penanaman pohon untuk resapan air. sumur resapan dan lubang resapan biopori. Semua ini dilakukan agar seimbang.

Setelah menanam pohon, kami menuju lautan pasir. Tidak mau melewatkan momen, saya dan teman-teman berfoto-foto dulu lalu  melanjutkan perjalanan untuk makan malam dan  kembali ke  hotel.

Lanjut : Melihat lebih dekat Program Pasuruan Lestari (Hari Kedua)