Yuk Intip Kemeriahan Cap Go Meh di Palembang

Yuk Intip Kemeriahan Cap Go Meh di Palembang

Walau imlek sudah berlalu tapi suasana dipecinaan  masih tetap meriah. Kita bisa melihat dominasi warna merah meghiasai sudut -sudut kota.  Setelah imelak akan ada lagi acara yang ditunggu-tunggu yaitu  Cap Go Meh.

Kira-kira Apa yang dimaksud dengan Cap Go Meh?

Cap Go Meh adalah hari besar keagamaan bagi pemeluk agama Budha yang dirayakan setiap 15 hari setelah imlek.  Saat Cap Go Meh para keturunan Tionghoa.

Mereka melakukan sembahyang dan berdoa agar setahun kedepan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bukan hanya lontong Cap Go Meh yang ditunggu-tunggu karena nikmatnya he he

Tapi festival Cap Go Meh menjadi event yang dinanti. Dibeberapa daerah  di Indonesia acara  Cap Go Meh dirayakan dengan meriah.

Pas hari h nya  akan ada  arakan- arakan dewa atau dewi berdasarkan kelenteng seperti yang dilakukan di Singkawang.Nah sekarang Hanni mo mengajak Happy Friends untuk mengikuti perjalanan  ketika mengikuti Famtrip  Musi & Beyond Oriental Season 2020 di Palembang.

Jadi selama beberapa hari saya akan berkeliling kota Palembang untuk melihat tempat wisata, mencoba kuliner khas Palembang dan mengikuti wisata  perayaan Cap Go Meh di Palembang.

Famtrip  Musi & Beyond Oriental Season 2020
Famtrip  Musi & Beyond Oriental Season 2020

Perjalanan saya dimulai dari tanggal 5-8 Februari 2020 bersama teman-teman blogger, content creator, media baik dalam  dan luar negeri, kami mengeksplor Bumi Sriwijaya.

Akhirnya Kesampaian Ke Palembang

Ngomong-ngomong jalan-jalan ke Palembang sudah lama masuk ke daftar kota yang mo saya kunjungi alasannya karena dulu pas ke Palembang karena urusan kerjaan kantor.

Jadi saya ga bisa leluasa berkeliling  hanya bisa bolak balik ketempat kerjaan dan hotel,  ga lama di Palembang langsung balik lagi ke Jakarta.

Sebetulnya dah beberapa tahun yang lalu saya sudah mengajak teman buat ke Palembang tapi sampai saat ke Palembang ga kesampaian maka nya ketika mendapat kesempatan datang ke Palembang saya senang sekali…yipiii.

Kenapa harus ke Palembang? Karena Palembang surga kuliner buat saya pecinta kuliner saya bisa mencoba makanan lokal. Palembang juga   banyak tempat wisata yang saya bisa kunjungi.

Apalagi ketika perayaan imlek dan cap go meh dengar-dengar dari teman blogger yang tinggal di Palembang biasanya bakal meriah.

Berangkat bersama dari Jakarta
Berangkat bersama dari Jakarta

Tanggal 5 Februari 2020 saya berangkat berempat dari Jakarta ada mba Amanda, Ipul dan Bowo. Padahal kami ga janjian dipenerbangan yang sama dan taunya jelang keberangkatan.

Alhamdulillah pesawat yang kami naikin tidak delay, cuaca bagus. dan penyakit yang biasa saya alami ketika mendarat pun tidak ada. Mestakung banget deh,

Sesampainya di Palembang kami disambut oleh Mba Atik dan Pak Latief dari Dinas PariwisatA Palembang sambil menunggu kedatangan teman-teman dari Jawa datang, saya menunggu di tempat informasi pariwosata Palembang.

Letaknya ga jauh dari kedatangan disini Happy Friends bisa mendapat informasi mengenai obyek wisata Palembang dibagian dalam juga tersedia peta maupun brosur pariwisata kota Palembang.

PERAYAAN CAP GOMEH PALEMBANG 2020

Untuk event Cap Go Meh 2020 , Dinas Pariwisata Palembang sudah menyediakan agenda wisata dengan nama “Cap Go Meh Oriental Event”  jadi para wisatawan ataupun warga sektar Palembang bisa tau ada acara apa saja dibulan ini.

Detail acara bisa Happy Friends cek gambar dibawah ini ya, informasi sudah lengkap mulai dari acara dan tanggalnya. Btw detail acara ini  saya dapat dari twiiter : @charming.palembang dan  juga website : https://palembang-tourism.com/

Informasi Cap Go Meh Oriental Event

karena saya memperpanjang tinggal  di Palembang sampai tanggal 10  Februari 2020  jadi saya sempat datang ke acara Cap Go Meh di Kampung Kapitan, Cap Go Meh di Pulau Kemaro. dan Sriwijaya  Lentern Festival. Ada apa saja ditiga tempat ini? Berikut review singkat saya :

Cap Go Meh di Kampung Kapitan

Untuk menuju ke kampung Kapitan, saya perlu menyebrang mengunakan perahu. Saya naik dari Dermaga Point. karena berada disebarang dermaga jadi tidak  perlu terlalu lama ke lokasi .

 

Ada apa di Kampung Kapitan Han?  Wah banyak ya jadi ketika saya datang sedang berlangsung demo membuat mie dari sekolah pariwisata, sisi lain saya melihat anak-anak dan orang dewasa mengunakan baju dan aksesoris ala chinese.

 

Buat para pengunjung bisa membeli makanan dan minuman karena tersedia booth-booth bazar dan ga ketinggalan ada beberapa booth untuk para pengunjung untuk selfie dan wefie.

Para wisatawan juga berkeliling kerumah di Kampung Kapitan didalamnya sudah standby staf dari Kampung Kapitan untuk menjelaskan mengenai dua rumah peninggalan dari Kampung Kapitan.

Kampung Kapitan adalah kawasan cagar budaya Nama Kampung Kapitan sendiri diambil dari nama seorang pejabat yang berkuasa setelah Mayor Tjoa Kie Tjuan, yaitu Kapitan Tjoa Ham Liem.

 

Transportasi Festival Cap Go Meh

Untuk mempermudah transportasi, Pemerintah sudah menyiapkan Ketek Gratis ke Kampung Kapitan.

Cap Go Meh di Pulau Kemaro

Lanjut ke destinasi berikutnya Pulau Kemaro. Happy friends mesti ketempat ini karena Pulau Kemaro pusatnya saya dan teman-noteman datang ketika malam hari.  Walau sudah malam tapi pengunjung masih banyak.

Dari kejauhan saya bisa melihat warna warni dari lampion yang ada ,beberapakali saya melihat kembang api diudara. lilin-lilin  besar yang terbakar.

Setelah sampai saya dan teman-teman berkeliling melihat suasana dan juga bisa menonton wayang orang China atau pun membeli snack atau minuman karena banyak booth booth penjual.

Sriwijaya Lentern Festival 

Saya datang ke Sriwijaya Lentern Festival ketika malam minggu, sehari sebelum  penutupan. Ketika didalam kendaraan  online respon dari pengedaraan dan orang lokal tidak terlalu antusias dengan event ini.

Tapi pas saya datang dari depan jalanan sampai kesekolah ternyata suasana sangat ramai sekali. Saking ramainya sampai pas mo beli tiket sudah habis. hik hiks

walau ga sempat masuk saya sempatkan untuk berfoto-foto didepan tempat acara.

Setelah berkeliling, ga terasa saya harus balik lagi ke Jakarta. Masih ada bebertapa tempat wisata yang belum saya kunjungi. Semoga dapat diberi kesempatan untuk mampir lagi kesini.

Momen selamadi Palembang memang tidak terlupakan jadi buat Happy Friends yang mo merasakan juga Cap Go Meh di Palembang mulai dari sekarang.

Siapkan budget, pesan pesawat biar agak murah  hehe dan ga ketinggalan untuk mengetahui kalendar event dari Dinas pariwisata,  Happy friends bisa mengecek di

– IG = https://www.instagram.com/pariwisata.palembang/ / https://www.instagram.com/charming.palembang/
– Twitter = https://mobile.twitter.com/charmingplb
– Facebook = https://m.facebook.com/charming.palembang/
– YouTube = https://m.youtube.com/channel/UCapVpzVvvvx_s4G98_v-92Q
– Situs web = www.palembang-tourism.com

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (13)

  • Nia Nurdiansyah

    Seru ya Cap Go Meh di Palembang, meriah banget… Dan lebih seri lagi krn eksplorenya bareng sama temen2 blogger jadi makin banyak pengalama n yg bisa diabadikan

    • Hanni Handayani

      ya mba jadi momen yang tidak terlupakan

  • gita siwi

    Asyik ya menikmati Cap.Go meh di kota lain. Palembang kan banyak.juga ya penduduk asli peranakannya bukan?

    • Hanni Handayani

      disana banyak campuran etnis, mulai dari chinese, melayu, arab

  • Ully

    Aaaaaa seruuu banget kak ke palembang event ny,,,, sekali kali ajak kak kalau ada event di palembang kangen pempek , tekwan ama model nya Eui aku, tapi acaranyy keren ihh

    • Hanni Handayani

      3 makanan diatas, menu yang wajib yang dicoba ketika di Palembang

  • Melina Sekarsari

    Wah, mantul banget ini menyaksikan Festival Cap Go Meh langsung di Bumi Sriwijaya. Eh, kalau acara bertema budaya begini, pengunjungnya banyakan lokal atau tamu-tamu dari luar Palembang, sih?

    Di Bogor juga Festival Cap Go Meh-nya meriah banget. Hampir satu bulan ada kegiatan ada puncaknya di 8 Februari kemarin. Membludak deh para pengunjung di sepanjang jalan.

    Senang ya Mbak, dapat kesempatan menyaksikan festival budaya begini. Itu kegiatannya memang bisa dicek ke kalender event-nya Dinas Pariwisata, ya? Pengen lihat ah, siapa tahu ada jadwal yang cocok.

    • Hanni Handayani

      Ya mba jadi bisa nambah pengalaman baru liat budaya Indonesia

  • Nurul Mutiara R.A

    Pecahhh banget meriahnya, lampion dan dekorasi ala2 imlek bikin semuanya jadi hipe. Aku pengen jadinya ngerasain sendiri dengan jalan2 ke Palembang untuk ikutan Famtrip

  • Annafi

    Saya juga pingin banget ke Palembang, belum sempat sampai sekarang.. hiks..

    Acaranya ramai yaa, kalau saya pasti kepo dengan kulinernya pas ada bazar ☺️

  • Annafi

    Saya juga pingin banget ke Palembang, belum sempat sampai sekarang.. hiks..

    Acaranya ramai yaa, kalau saya pasti kepo dengan kulinernya pas ada bazar ☺️l

  • unggulcenter

    dulu memang lum ada cap go meh semeriah2 ini di Palembang. Sekarang jadi daya tarik wisata ya. Jadi pengen liat juga, kecuali yang di Bogor yang tiap taun bisa dilihat hehe

  • nyi Penengah Dewanti

    Senang sekali bisa menikmati kemeriahan cap go meh di Palembang ya Mba Hanni
    pengalaman yang berharga banget, aku seneng bisa baca keseruan di sana. Pengen dolan ke sana juga.

Leave Comment