Waspada 3 Dampak Kekurangan Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan

Waspada 3 Dampak Kekurangan Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan

Sudah lama tidak berkumpul dengan sepupu, kemarin akhirnya ketemu ngobrol sebentar terlihat ada yang berbeda ternyata sedang hamil. “Wah selamat ya” ucap saya senang melihatnya karena setelah sekian lama momen yang ditunggu datang.  Jangan lupa ya untuk menjaga kesehatan dan gizi di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Sambil ngobrol santai saya bercerita klo saya tanggal 20 Februari 2018 yang lalu saya datang di acara Nutrisi Untuk Bangsa (NUB) dengan tema “Penyediaan Nutrisi Terbaik 1000 HPK” ada beberapa nara sumber yang menjelaskan kepentingan gizi mulai dari kehamilan hinggan menyiapkan MP ASI. Acara ini diadakan sebagai edukasi untuk para Bunda dan calon bunda memberi informasi betapa pentingnya untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan calon bayi.

Sebelum acara dimulai para peserta bisa mengecek tinggi badan, berat badan dan lemak dibadan. Ditempat para undangan juga bisa mendapatkan informasi dan berkonsultasi dari staf. Tersedia juga booth foto jadi bisa narsis sebentar sebelum acara dimulai.

 

Bapak Arif Mujahidin PT Danone Indonesia
Bapak Arif Mujahidin PT Danone Indonesia

Acara dibuka dengan sambutan dari Pak Arif Mujahidin – Corporate Commnication Director Indonesia. Pak arif isu 1000 hpk sudah disebarluaskan infonya hanya masih ada yang belum tau. nah sebagai itu peran blogger bisa perparisiapsi dalam memberikan info pentingnya 1000 hpk berdasaran data dan fakta pakar yang kompeten dibidangnya

Ibu Endang L Achadi di acara NUB 1000 HPK
Ibu Endang L Achadi di acara NUB 1000 HPK

Selanjutnya Prof Endang dari Fakulatas Kesehatan Masyarakat Universias Indonesia memaparkan 1000 Hari Pertama Kehidupan secara lebih dalam. 1000 HPK dimulai dari sejak kandungan hingga 2 tahun tapi yang krusial ada di 8 mingu pertama dimana cikal bakal organ mulai terbentuk. padahal biasanya banyak wanita yan tidak menyadari kehamilan lebih dari 8 minggu.

Masa awal 8 minggu itu penting untuk penyempurnaan organ tubuh apabila masa ini tidak dilalui dengan baik akan berakibat kesehatan dan kecerdasan yang sulit diperbaiki minimal 2 generasi berikunya

Pentingnya 1000 HPK
Pentingnya 1000 HPK

3 Dampak jangka panjang jika 1000 HPK tidak terpenuhi :

  • Bisa menyebabkan kecerdasan anak rendah
  • Stunting

Stunting adalah kondisi dimana tubuh anak lebih pedek dari standar usianya. Fyi Indonesia menduduk peringkat ke 5 sebagai negara penderita stunting dan 4 dari 10 anak Indonesia mengalami stunting.

  • Memiliki resiko tinggi menderita Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes, Penyakit jantung, stroke dan hipertensi

Lanjut Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK menyampaikan mengenai perubahan dari konsep 4 Sehat 5Sempurna menjadi Gizi Seimbang. Jika selama ini kita mengenal 4 sehat 5 sempurna sekarang pedoman ini berubah diganti dengan tumpeng gizi. Dengan panduan dari tumpeng gizi kita bisa menyeimbangkan  jumlah nutrisi sesuai dengan kebutuhan karena tiap orang mempunyai proporsi yang berbeda

.
Khusus ibu menyusui dan ibu hamil perlu tambahan energi sebesar 180-400 kalori serta 20 gram tambahan protein agar kebutuhan gizi ibu dan bayi terpenuhi. Khusus ibu hamil jangan lupa menjaga asupan zat besi dan asam folat terserap oleh tubuh karena ga semua zat besi terserap.

Pentingnya zat besi
Pentingnya zat besi

Banyak manfaat dari zat besi dan asam folat dimasa kehamilan seperti untuk pertumbuhan otak, menjaga hantaran okseigen yang diperlukan sehingga metabolisme berjalan baik, juga persediaan menghadapi persalinan. Apabila kurang mengkonsumsi zat besi , bumil bisa terkena anemia.

Anemia adalah kondisi dimana tubuh mempunyai kadar hemoglobin lebih rendah daripada seharusnya caranya adalah dengan cara mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi jika selama ini saya menganggap dengan sayuran bayam merah atau putih sudah memenuhi tapi ketika di acara ini saya baru tahu kalau itu tidak mencukupi. Sumber zat besi bisa didapat dari tumbuhan dan hewani tapi yang terbesar ada di hewani seperti daging merah.

 

Nara Sumber NUB #1000HPK
Nara Sumber NUB #1000HPK

Setelah ibu melahirkan dan anak sudah mulai melewati 6 bulan, anak bisa dibuatkan MP ASI.  untuk membuat MP ASI DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK memberikan tips membuat dan memberikan MP ASI kepada bayi.

Tips membuat MPASI
Tips membuat MPASI

MP ASI sangat diperlukan karena asi sudah tidak bisa memenuh energy dan nutrient yang terjadi pada anak di usia 6 23 bulan, protein hewan adalah bahan makanan yang sebaiknya selalu ada dalam MP ASI, penambahan lemak dan minyak dalam MP ASI penting untuk meningkatkaan enegrgi tanpa penambahan volumen, jangan lupa pantau pertumbuhan anak dengan selalu mengukur tinggi dan berat badan secara berkala dan mencocokan dengan pertumbuhan.

Diakhir acara ada DEMO MASAK dari  mba Tria Rosemiarti yang membuat menu minuman Light fresh and blissfull guava yang terbuat dari  produk olahan Danone, lalu Chef Bara memasak Tuna Tauco dan mehidangkan jus segar sehat olahan dari sawi dan jeruk hasilnya jadi segar.

 

Demo Masak oleh chef Bara di talkshow NUB 1000 HPK
Demo Masak oleh chef Bara di talkshow NUB 1000 HPK

Event acara juga saya abadikan via video di Instagram. Datang ke acara talkshow diatas sangat bermanfaat selain saya bisa mendapatkan info baru saya juga membagikan ke teman-teman terdekat.

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (25)

  • Natara

    Ga sadar kalau lagi hamil tuh aku banget mbak… Baru ketauan hamil menjelang usia kandungan 4 bulan… #tepokjidat
    Jadi mungkin agak ‘ketinggalan’, tapi langsung aku perhatiin bener bener begitu ketauan… Hehehe…

  • Sadewi

    Aku lagi program anak kedua dan setelah baca ini aku jadi lebih award dengan mengkonsumsi susu mempersiapkan kehamilan dan vitamin-vitamin.
    Makasih yah mba share nya.

  • Sonya Tampubolon

    aku termasuk yg cuek banget sm asupan makanan ketika hamil anak pertama–semua dihajar tanpa merhatiin nutrisi. huhu. untungnya masih bisa diperbaiki dan ‘dibales’ stlh anaknya lahir. kadang masih merasa bersalah dan kepikiran, khawatir pertumbuhan dan perkembangan anak kurang optimal akibatnya emaknya terlalu cuek wkt hamil dulu..

  • Wenny kumala tendean

    Aku waktu hamil deg2 an takut calon baby gak terpenuhi vit nya. Sebisa mungkin makan buah, sayur,ikan, daging. Kadang cuma bisa masuk dikit merasa bersalah. 🙁

  • Leyla

    Wah acaranya padat dan bergizi banget nih. Perlu dibaca ibu hamil dan menyusui.

  • Helena

    Hmm membuat MPASI perlu steril seperti itu ya. Kudu perhatikan alat-alat dan kebersihan yang dipakai. Keknya aku ga segitunya dulu, heuuu

  • Anisa Deasty Malela

    Bisa Stunting hanya karena kita mengabaikan pemenuhan gizi di 1000 HPK anak, serem ya. Mesti lebih menjaga asupan gizi bagi ibu hamil dan anak di usia 2 tahun

  • Tika Samosir

    Bahaya banget ya kalau tidak melengkapi nutrisi dan gizi seimbang pada anak.

  • Utie adnu

    Waktunya baby dulu ngga sempet.kpikiran ttg 1000hpk, yg pentingnmakanan bergizi trus seimbang, alhamdulilah termsk jadi ada rasa aman kidos tumbuh sehat

  • gita siwi

    1000 hari pertama itu menentukan segalanya ya. Pas makin besar kan keliatan ya asupan nutrisa dapat dengan baik atau nggak

  • Utie adnu

    Kmrn waktu punya baby gk kpikiran utk konsen 1000hpk tapi untung nya trpenuhi makanan bergizi dng seimbang jd gk worry sm tumbh kmbang kidoa

  • Memez

    Terima kasih infonya, kebetulan aku lagi mempersiapkan kehamilan 🙂

  • Rach Alida Bahaweres

    bener mba. Jangan anggap enteng deh 100 hari kehamilan nih. Aku pun melakukan hal yang sama. Dan ini tentu tak hanya membutuhkan peran sang ibu tapi juga suami

  • Tina sindi

    Sekarang sdh lebih enak ya, banyak alat yg mendukung untuk perawatan bayi, banyak seminar tentang anak, semoga dgn dukungan ini tdk ada lagi anak² yg kekurangan gizi ya…ibu² jd tambah pintar

  • Hani S.

    Pas banget Mba Han infonya untukku yg lagi hamil, walau bukan kehamilan pertama tapi masih banyak info dan ilmu yang dibutuhkan.

  • hida

    1000HPK memang harus diperhatikan benar2 ya, jangan sampai anak2 kita jadi terkena stunting atau gizi buruk. Makasih tuk sharing infonya ya.

  • April Hamsa

    Zat besi emang penting banget, ngalamin sendiri soalnya dulu Hb rendah, anemia,ada risiko pendarahan, anak lahir BBLR wuaaahh drama. Semoga semua ibu bisa baca tulisan ini dan menyadari betapa pentingnya nutrisi utk anak sejak masa kehamilan ya mbak.

  • Nurul dwi larasati

    Informasi penting buat remaja, ibu hamil dan ibu menyusui. Karena 1000 HPK menjadi pondasi utama kehidupan anak seterusnya.

  • Nefertite Fatriyanti

    1000 hari jadi basic buat kehidupan selanjutnya

  • mira utami

    mengingatkan diri sendiri untuk jaga makanan karena masih tahap “subur”. Semoga dengan edukasi ini pada sadar yah jangan sering jajan gorengan hahaha

  • Nurul Sufitri

    Penting sekali 4 sehat 5 sempurna Sejak bayi…batita..balita dan seterusnya tubuh kita memang memerlukan nutrisi dan vitamin agar tetap sehat dan kuat. Apalagi bayi dalam 1000 harinya wajib diperhatikan apa saja asupan yg ada dlm tubuhnya.

  • Eni Martini

    Buat bumil ini penting banget ya, aware dengan nutrisi sejak 1000 hari awal kehidupan si kecil

  • Elly Nurul

    Wah Penting banget ini mba, yg utama adalah kehamilan yg direncanakan dan peduli terhadap diri sendiri ya mba.. bagaimanapun juga anak adalah titipan, jadi mau atau tidak mau harus dijaga dengan baik

  • Ade UFi

    Bener banget 1000hpk tuh penting sekali buat anak ya. Dan semua dimulai dari masih dlm kandungan ya.

  • Dita Indrihapsari

    Penting banget ya mba 1000 hari hpk. Waktu hamil pertama dulu aku belum tau istilah ini. Tapi tetap ngikutin saran dokter buat selalu minum vitamin, asam folat, dan zat besi. Alhamdulillah bisa ngasih asi dan mpasi yang insya Allah berkualitas baik..

Leave Comment