Wakaf Produktif Dompet Dhuafa Untuk Kesejahteraan Umat

Wakaf Produktif Dompet Dhuafa Untuk Kesejahteraan Umat

Wakaf selama ini hanya dikenal hanya 3 M : Mobil, Makam, Madrasah tapi taukah teman klo kita bisa berwakaf bisa dengan apa saja selain 3 m diatas dan dimulai dari rupiah.

Bersyukur sekali saya bisa hadir diacara wakaf dan wakaf produktif dari dompet dhuafa. sebagai lembaga filantrophi yang concern kepada kaum dhuafa.

Tanggal 2 Oktober 2019 jam 9 pagi saya sudah sampai di Sekolah Smart Ekselensia Indonesia. Hari itu saya dan teman-teman blogger mendapat informasi apa itu wakaf dan implementasi wakaf di Dompet Dhuafa selanjutnya saya dan teman-teman akan berkeliling sekolah dan zona madina.

Wakaf Produktif Dompet Dhuafa Untuk Kesejahteraan Umat
Wakaf Produktif Dompet Dhuafa Untuk Kesejahteraan Umat

Pak Bobby P. Manullung menjelaskan “Model Pengelolaan Wakaf” diawal beliau memberikan contoh perbuatan dari¬† Abdurahman Bin Auf sahabat nabi Muhammad SAW yang telah mewakafkan sumur dan manfaatnya masih bisa dirasakan hingga saat ini.

Macam-macam wakaf :

Dibedakan dari segi sasaran :
– Wakaf Publik yang ditujuakan kepada masyarakat umum
– Wakaf privat (keluarga) ditujukan kepada keluarga pewakaf,
– Wakaf Musytarak, gabungan antara wakaf publik dan wakaf privat

Dari segi waktu :
– Wakaf selamanya seperti wakaf tanah
– Wakaf sementara yaitu wakaf yang dibatasi waktu oleh usia harta atau kemauan pewakaf

Dari segi penggunaan :
– Wakaf langsung seperti masjid, sekolah, rumah sakit dll
– Wakaf investasi yaitu harga wakaf diusahakan untuk mendatangkan surplus diamna surplus uang dimanfaatkan sesuai sasaran wakaf

Kampanye Gerakan WakeUp! Wakaf

Diera serba digital sekarang ini. Wakaf pun bisa diberikan secara digital. Dengan layanan digital, ga hanya anak-anak milenial yang lain pun dimudahkan dengan adanya wakaf digital.

Hadirnya gerakan wakeup!Wakaf sejalan dengan bulang wakaf yang berlangsung dari September sampai November 2019. Adanya tabungan wakaf secara digital mempermudah banyak pihak.

Setelah mendengarkan apa itu zakat saatnya berkeliling sekolah Smart Ekselensia Indonesia dan Zona Madina Parung Dompet Dhuafa. Salahsatu hasil pengunaan wakaf produktif

SEKOLAH SMART EKSLENSIA INDONESIA

Buat orang yang mampu, anak-anak mereka bisa sekolah disekolah favorit, klo yang kurang mampu bisa sekolah sudah sangat bagus.

Hadirnya sekolah Smart Ekselensia Indonesia memberikan angin segar bagi anak-anak yang kurang mampu untuk bisa sekolah.

Ga hanya dari daerah Jawa tapi luar Jawa, Saya sempat ngobrol sebentar dengan salah satu siswa SMP yang sedang istrirahat,

Walau sekolah ini GRATIS bukan berarti fasilitasnya minim. Selama hampir 1 jam saya berkeliling sekolah. Saya bisa melihat langsung fasilitas yang ada.

Fasilitasnya pun kekinian seperti adanya ruangan digital, jadi para siswa bisa belajar secara visual. Ruang perpusnya pun lengkap dan asyiknya ada ruangan khusus anak-anak. Mulai dari buku-buku hingga dekorasinya pun anak-anak sekali,

Karena anak-anak tinggal di asrama, fasilitas didalam dibuat senyaman, Ada juga fasilitas olahraga, kantin dan uniknya ada green area dimana dalam satu area terdiri dari beberapa tanaman .

ZONA MADINA PARUNG DOMPET DHUAFA – RS. RUMAH SEHAT DOMPET DHUAFA

Setelah sekolah lanjut ke RS Rumah Sehat Dompet Dhuafa. Kemarin adalah kedua kalinya saya berkeliling rumah sehat dulu saya sempat berkeliling di tahun 2015. Suasananya tidak jauh berbeda ketika pertama kali saya datang.

Masuk kedalam rumah sehat, ramai dengan orang-orang yang sedang berobat. Yang unik diantara pasien saya melihat orang-orang dengan ciri-ciri fisik timur tengah.

Btw untuk pasien kurang mampu, mereka tidak akan dikenakan biaya selama sudah terdaftar. Karena untuk verifikasi data nanti staf dari Dompet Dhuafa mengecek langsung kondisi rumah dan lain lain. Karena ada juga pasien yang nakalm yang termasuk orang mampu tapi mengaku kurang mampu.

Walau untuk kurang mampu, RS. RUMAH SEHAT DOMPET DHUAFA menerima pasien BPJS hanya ada biaya tapi jangan takut biaya tetap lebih rendah dibanding dipasaran.

Untuk fasilasnya pun ga kalah dengan rumah sakit pada umumnya. Dompet Dhuafa di dalam program kesehatan, mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem yang mudah .

2 fasilitas diatas adalah sebagaian bukti nyata dari hasil produktif wakaf. Ga hanya orang sekitar gedung mendapat manfaa tapi juga wilayah lain.

Jadil mulai yuk berwakaf dari sekarnag dimulai dari tabungan wakaf Dompet Dhuafa

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (1)

  • Catcilku

    Sepertinya saya belum pernah ikut program wakaf, mau coba ah insyaallah. Apalagi ada tabungan wakaf ya, mau coba cari infonya dulu kalau gitu

Leave Comment