Tips Cara Mudah Cek KLIK Sebelum Berbelanja

Tips Cara Mudah Cek KLIK Sebelum Berbelanja

Semakin kesini semakin banyak brand/brand baru yang muncul. ga hanya produk indonesia serbuan  produk luar negeri juga banyak.

Klo mengunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami enak tapi klo mengunakan bahasa asing yang ga familiar, sebagai konsumen saya suka bingung. Apakah produk  kosmetik atau makanan aman digunakan?

Sebagai penguna biasanya saya hanya melihat kemasan dan tanggal kedaluarsa saja tapi taukah Happy Friends. Ada hal lain yang mesti kita masih cek lainnya agar barangnya kita bisa pakai dengan aman,

Lalu bagaimana cara tau produk itu bisa digunakan  Han?

Sekarang ada beberapa cara untuk mengecek produk yang layak digunakan atau dikonsumsi. Setelah menghadiri acara BPOM RI  tanggal 7 September 2019 di Kemang Village Mall saya jadi bisa tau lebih dalam.

BPOM RI memperkenalkan cara mudah untuk mengecek barang dengan mengunakan KLIK. Sore itu  acara dimulai dengan penampilan tarian mengenai   program KLIK dan juga talkhow mengenai Cek KLIK Sebelum Berbelanja.

Hadir sebagai pembicara  Ibu DR. IR. Penny K. Lukito, MCP, Kepala Badan POM RI,  Bapak Tulus Abadi, Ketua YLKI,  Bapak Ojak S. Manurung, SE, M, Kementerian Perdagangan,  Bapak Fathurrahman, ST, APRINDO, Ussy Sulistiawaty, Womenpreneur dan Selebrity

Tahun lalu saya sempat membaca artikel KLIK kampanye sini sudah disoasilaskikan oleh BPOM hanya pas diacara saya mendapat info lebih karena dapat dari beberapa sumber.

KlIK itu apa? KLIK adalah singkatan dari

K : Kemasan

sebelum berbelanja. pastikan untuk mengecek fisik kemasan jangan sampai kemasannya sudah rusak seperti sobek, penyok, karatan.

L : Label

Membaca informasi produk dibagian label produk

I : Izin Edar

Setiap produk yang sudah memilikiu izin memilliki izin edar. Untuk mengecek izin edar suatu produk, happy friends bisa mengecek di aplikasi BPOM RI

K : Kedaluwarsa

Tips Cara Mudah Cek KLIK Sebelum Berbelanja
Tips Cara Mudah Cek KLIK Sebelum Berbelanja

Nah info ini juga bagian yang saya cek sebelum membeli barang.   Cek batas akhir pemakaian produk. Jangan sampai pas kita beli produk ternyata sudah tidak layak konsumsikarena lewat dari batas kedaluwarsa.

Disalahsatu departemen store juga ada penampakan materi edukasi CEK KLIK  ini adalah kerjasama antara Sinergi BPOM dengan APRINDO  display counternya pun sudah ada  di seluruh Indonesia.

Semakin banyak orang mengetau tentang KLIK, makin banyak orang peduli baik untuk sendiri maupun orang lain.

Sebagai artis yang biasa menerima endorse. Ussy membuat komitmen untuk tidak menerima jobnya jika belum ada BPOM dan barangnya barang asli.

APLIKASI BPOM MOBILE

Diera digital sekarang ini  banyak kemudahan yang dapat kita dapatkan. BPOM RI memberi kemudahan masyarakat Indonesia untuk mengecek  karena sekarang sudah ada aplikasi BPOM Mobile diandroid.

Cara instalnya pun mudah, Cukup ketik BPOM Mobile di playstore dan langsung bisa didownload dan bisa mengecek langsung.

Ditempat acarapun host dan BPOM mengajak penonton mencoba aplikasi ini. Setelah itu para pengunjung dan BPOM mencoba langsung di swalayan terdekat didalam mol.

Setelah sampai dirumah  saya pun mencoba mengunakan untuk mengecek makanan yang ada dirumah. kebetulan dirumah ada sari gandum.

Karena baru pertama kali jadi saya membaca diawal saya mescan produk. Karena dikemasan tidak ada barcode jadi  tidak data muuncul . solusinya saya mengetik manual barcodenya diaplikasi  lalu muncullah info seperti dibawah ini,

lewat aplikasi ini saya jadi bisa lebih detail mengenai suatu produk klo ji selama ini saya hanya mengkonsumsi dan melihat keterangan produk hanya sekilas.

Jadi untuk lebih lanjut teman-teman untuk KLIK sebelum membeli dan mengkonsumsi barang bisa langsung mengunjungi web BPOM RI dan berkunjung ke socialmedianya jadi bisa tau update updater terbaru mengenai BPOM.

KLo ada komplain pun masyarakat bisa langsung melakukan pengaduan via aplikasi jadi tinggal input saja pengaduannya. atau menghungi HALO BPOM di Tlp 1500533.

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Leave Comment