Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Di Zona Madina

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Di Zona Madina

Selamat Idul Adha 1440 H ! Seperti biasa Idul Adha adalah momen yang tidak terlupakan buat umat muslim. Walau tidak semeriah Idul Fitri. Idul Adha menjadi momen spesial karena para pengurban bisa berbagi kebahagiaan kepada orang orang Dhuafa melalui daging Hewan Kurban Dompet Dhuafa.

Ketika ceramah solat Idul Adha, Imam mengingatkan manfaat dari berkurban baik untuk pemberi maupun penerima.dengan berkurban umat muslim bisa mesyukuri dengan apa yang dimiliki  dan menguatkan solidaritas

Biasa setelah sholat langsung balik ke rumah dan melakukan rutinitas sehari hari hanya tahun ini berbeda karena habis sholat saya langsung ke Zona Madina.

Berkunjung Ke Zona Madina

Apaan tuh Han? Zona Madina adalah kawasan pemberdayaan Dompet Dhuafa di Parung. Dalam satu tempat tersedia berbagai sektor  yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa dalam pemeberdayaan dan pelayanan masyarakat.

Zona Madina Dompet Dhuafa Parung
Zona Madina Dompet Dhuafa Parung

Dibidang Ekonomi terdapat program Budidaya Ikan Hias, Budidaya Jamur Tiram, Budidaya Ternak, Budidaya Tanaman, Kerajinan Golok, Rumah Industri Tahu, Rumah Produksi, dan Daya Mart.

Bidang Pendidikan terdapat Jampang English Village, Smart Ekselensia, Makmal Pendidikan, Beastudi, Sekolah Guru Indonesia, dan DD University. Bidang Kesehatan terdapat RS. Rumah Sehat Terpadu, Klinik, dan Optik.

Bidang Sosial Dakwah terdapat Masjid Al Madinah, MPZ, Cordofa, Barzah, Tahfidz Al Quran, dan Sewa Aula Masjid. Bidang budaya terdapat Kampung Silat Jampang, Lenong, dan Gamelan.

Didalam Zona Madina ada juga Kampung Wisata Djampang yang menyediakan arena bermain untuk anak-anak tersedia juga paket eduwisata sociopreneur. Pas banget buat anak-anak jadi bisa bermain sambil belajar.

Sesampai di Zona Madina , saya langsung ke Djampang tempat acara berlangsung. Didalam sudah banyak orang berkumpul untuk mengikuti seremonial Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa 2019.

Baca juga : http://www.hannihandayani.com/sociotrip-dompet-dhuafa-2019-jangan-takut-berkurban/

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Di Zona Madina
Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Di Zona Madina

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa disebarkan ke berbagai daerah dan negara. Zona Madina Parung adalah salah satu tempat Dompet Dhuafa menyalurkan dan membagikan daging hewan kurban.

Disekita lapangan Djampang saya juga melihat sudah banyak hewan kurban yang siap bisa dipotong dan disalurkan kepada penerima manfaat.

Jumlahnya cukup banyak, sore harinya saya mendapat kabar bahwa total kambing yang disalurkan tanggal 10 Djulhizzah 1440 H di Zona Madina  saat ini berjumlah 65 ekor yang terdiri dari kambing kelas premium dengan berat 29-35kg dan kambing super premium.

Kambing -kambing ini adalah hasil dari kerjasama Dompet Dhuafa dengan peternak lokal yang dibimbing oleh  staf DD. Hewan-hewan kurban telah dipilih dengan beberapa tahapan sehingga layak untuk hewan qurban.

Pembeliannya pun selain dilakukan offline juga bisa melalui online dan juga aplikasi jadi bisa mempermudah para pengkurban untuk membeli hewan yang diinginkan .

Berbagi Hingga Pelosok Negeri

Sebelum proses pemotongan dimulai ada sekapur sirih dari Dompet Dhuafa. Diawal acara para undangan dihibur oleh penampilan musik dari siswa -siswa sekolah Smart School Ekselensia Indonesia dengan bagusnya mereka memaikan alat musik dari barang barang yang sudah tidak terpakai’.

Ustad Herman Budianto Menjelaskan Pembagian Hewar Kurban Dompet Dhuafa 2019
Ustad Herman Budianto Menjelaskan Pembagian Hewar Kurban Dompet Dhuafa 2019

Ustad Herman Budianto – Direktur Wasila Nusantara (Pengelola Aset Wakaf Dompet Dhuafa) menjelaskan tahun ini Dompet Dhuafa mendistribusikan hewan kurban ke 25 provinsi dan 5 negara Myanmar, Kamboja, Vietnam , Filipna, Palestina. Dan beberapa daerah yang terkena bencana seperti Palu, Lombok, Konawe, Banten dan Halmahera

Hadir juga Irvan Farhad bersama istri Hamidah Rachmayanti sebagai influencer yang mendukung program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa.

Proses Pemotongan Hewan Kurban Dompet Dhuafa Secara Syari

Seremonial selesai lanjut pemotongan hewan. Para panitia dengan sergap membawa kambing kurbang ke tempat pemotongan,

Proses Pemotongan Hewan Kurban Dompet Dhuafa
Proses Pemotongan Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Sebelum disembelih, hewan kurban difoto sesuai dengan pemberi hewan kurban lalu disembelih secara syari, Proses pemotongan pun dilakukan secara syari .

Daging kurban pun dipotong potong kecil biar mudah pembagian, Nanti dagingnya ditaro diwadah dari anyaman bambu yang ramah lingkungan.

Wadah Daging Kurbang Mengunakan Besek Bambu
Wadah Daging Kurbang Mengunakan Besek Bambu

Sesuai dengan anjuran dari Pemerintah untuk Idul Adha tahun ini mulai mengurangi pemakaian plastik.mengunakan kemasan yang ramah lingkungan

Saatnya Pembagian Hewan Kurban Kepada Para Dhuafa

Setelah daging kurban dipotong dan dimasukan kedalam besek . Daging siap disebar 🙂 Saya pun mendapat kesempatan untuk langsung memberikan kepada yang yang berhak.

Tempatnya pun tidak terlalu jauh dari Zona Madina. Tepatnya daerah desa Jampang kecamatan Kemang, Bogor Jawa Barat. Sebagai perwakilan saya dan rekan-rekan dari Dompet Dhuafa berkeliling membagikan daging Qurban.

Pembagian Daging Kurban
Pembagian Daging Kurban Kepada Yang Berhak

Ada beberapa rumah yang kami datangi, pertama kali kami ke rumah ibu. yang sekarang tinggal seorang diri dirumahnya, lalu kebeberapa rumah yang mempunyai profesi sehari hari yang berbeda.

Pembagian Daging Kurban di Zona Madina dan sekitarnya
Pembagian Daging Kurban di Zona Madina dan sekitarnya

Ada yang bekerja sebagai penjual , pemulung dan seorang ibu yang selama ini sudah membantu anaknya untuk mengapai cita-citanya walau dengan keterbatasan fisik.

Sejak dari SD, si ibu mengendong anaknya hingga SMA karena keinginan yang kuat dan bercita-cita sebagai designer, Dengan keterbatasan tidak membuat anaknya menyerah untuk mewujudkan mimpinya.

Oh ya sebelum berkeliling di Zona Madina juga sudah pembagian daging hewan yang dibagikan kepada perwakilan komunitas maupun RT setempat.

Setelah berkeliling, saya merasa beruntung bisa berpartisipasi di Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa karena saya bisa ikut merasakan kebahagian dari penerima dan merasakan syukur atas nikmat_Nya selama ini saya dapat.

Ini adalah cerita saya di Idul Adha kemarin, klo Happy Friends bagaimana?

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Leave Comment