Mengenal Sejarah Melalui Uang Kemerdekaan 75000 Terbaru

Mengenal Sejarah Melalui Uang Kemerdekaan 75000 Terbaru

Apa yang terlintas dibenak Happy Friends ketika terlintas kata SEJARAH? Pada umumya langsung terbayang masa-masa kolonial, mata pelajaran yang membosankan.

Klo udah ngomongin sejarah saya jadi inget guru sejarah saya dulu. Walau mata pelajarannya terkesan membosankan tapi karena guru saya adalah guru yang kocak jadi mata pelajarannya dibawa dengan menyenangkan.

Presiden Indonesia pertama  Bung Karno mempunyai semboyan “Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah.”  atau disingkat Jasmerah

Sudah selayaknya kita rakyat Indonesia khususnya yang berusia muda ikut tau dan peduli mengenai sejarah. Jangan terlalu terlena dengan gawai dan sosial media sehingga melupakan bagian sejarah Indonesia.

 

Asyiknya Belajar Sejarah Bersama Founder Historia Indonesia

Trus belajar sejarah darimana? Menurut saya belajara dimulai dari tempat yang menyenangkan sesuai dengan minat kita seperti bergabung dikomunitas sejarah yang ada, salahsatunya adalah Komunitas Historia Indonesia (KHI).

KHI adalah komunitas edukasi sejarah yang dibuat sebagai wadah  bagi anak muda yang pecinta sejarah dan budaya yang berdiri di Jakarta sejak Maret 2003 anggotanya pun tersebar ga hanya di Indonesia tapi juga luar Indonesia.

Saya sendiri tau Pak Asep berawal dari menonton IG Live teh Ani tepatnya pas  Jumat tanggal 28 Agustus 2020  Sesuai dengan edisi IG Live #Meandinspiringones dan masih nuansa kemerdekaan. Topik yang diambil mengenai Asyiknya Belajar Sejarah.

Betapa Pentingnya Sejarah?

Klo menurut saya sangat penting. Karena saya bisa mengetahui apa yang terjadi sebelumnya. Pada umumnya orang akan berpikir sejarah adalah masa lalu saja termasuk saya. Ternyata Pak Asep Kambali mempunyai pendapat yang berbeda.

“Pentingnya sejarah karena sejarah masa lalu, masa kini  dan masa depan” Ujar Pak Asep

Karena tiap detik itu sangat bermakna, Setelah melewati detik maka bagian itu menjadi sejarah.

Tahun ini menjadi tahun yang unik karena bertepatan dengan HUT RI ke 75. Pihak Bank Indonesia mengeluarkan uang dengan nominal yang unik yaitu RPp 75.0000

Lalu apa specialnya uang Rp 75.000 ini? Yang pasti karena dibuat secara terbatas, dibuat hanya 75 juta lembar saja dan  ada tanda tangan ibu Sri Mulyani – Menteri Keuangan Republik Indonesia sebagai perwakilan dari wakil pemerintah,

Uang ini bukan untuk transaksi sehari hari tapi termasuk kategori Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK). Buat happy friends yang suka koleksi uang. Uang ini wajib punya.

Alasan dibalik pembuatan uang ini adalah sebagai rasa syukur klo bangsa Indonesia telah merdeka hingga 75 tahun dan uang nominal ini juga memperlihatkan pencapaian pembangunan Indoensia selama 75 tahun.

Pecahan 75.000 mempunyai makna tersendiri simbol dari  desain permukaan depan maupun belakang. Kita bisa mengambil makna dari uang ini.

Desain bagian depan uang, terdat gambar duo proklamator, Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta. Dibagian bawhnya kita melihat gambar MRT yang mewakili kemajuan pembangunan di Indonesia.Adapula gambar anggrek bulan berlogo BI di bagian kiri bawah yang bisa berubah warna tergantung pencahayaan.

Sementara di bagian belakang, terdapat anak-anak Indonesia menggunakan baju adat yang menyimbolkan persatuan.  Penampilan anak-anak mengunakan baju daerah mencerminkan keanekaragaman.

Saya pun menjadi penasaran, darimana sajakah baju-baju daerah yang mereka gunakan karna dari bentuknya sekilas saya belum familiar.

Buat happy friends yang ingin mengkoleksi uang ini. Uangnya bisa dipesan melalu situs resmi BI ataupun juga mengunakan aplikasi yang tersedia di playstore  maupun App Store,

Tiap orang hanya bisa mendapatkan 1 lembar dokumen permintaan nanti setelah itu data diproses.

Dengan adanya bentuk uang yang bernominal unik, masyarakat ga hanya mendapatkan uang koleksi saja tapi bisa belajar mengenai sejarah.

 

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Leave Comment