Makin Mudah Mengurus JKN KIS Dengan  MCS  (Mobile Customer Service)

Makin Mudah Mengurus JKN KIS Dengan MCS (Mobile Customer Service)

Jelang akhir tahun 2019, ada beberapa list yang perlu saya lakukan biar makin mantap menyambut 2020 he he. Salahsatunya mengurus mengenai  perubahan JKN KIS.

Seperti kita ketahui beberapa bulan yang lalu informasi mengenai kenaikan iuaran BPJS Kesehatan akan berubah.  Sesuai dengan Perpres No 75 Tahun 2019. Perubahan  iuran berlaku untuk peserta bukan penerima upah (PBPU).

Perubahan Iuran JKN KIS
Perubahan Iuran JKN KIS

Sesuai dengan gambar diatas,  terjadi perubahan  untuk kelas 3 yang sebelumnya membayar Rp 25.000 sekarang harus membayar sebesar Rp 42.000 per bulan, untuk kelas 2 sebelumnya membayar Rp 51.000 sekarang membayar sebesar Rp 110.000 per bulan dan  untuk kelas 1 iuran sebelumnya Rp 80.000 sekarang menjadi  Rp 160.000 per bulan.

Iuran diatas berlaku mulai 1 Januari 2020.   Perubahan harga memang membuat banyak orang merubah kelasnya termasuk saya, Nah sekarang bagaimana cara merubah layanan kelasnya ?

Buat Happy Friends yang mo merubah layanan bisa merubahnya  melalui :

1.Kantor/Cabang  BPJS Kesehatan

JIka Happy Friends mempunyai waktu dan rumah tinggal dekat kantor/cabang BPJS Kesehatan bisa langsung ketempat terdekat lalu mengambil antrian perubahan layanan dan mengantri untuk menunggu pelayanan.

 2. Aplikasi mobile JKN KIS

Buat yang ga punya waktu dan malas antri seperti saya bisa mengunakan aplikasi JKN KIS, Saya lebih suka mengunakan aplikasi jadi tidak perlu keluar rumah, macet-macetan dan antri. Tinggal ketik ketik beres deh.

3. HOTLINE BPJS Kesehatan 1500400

Layanan 24 jam BPJS Kesehatan bisa Happy Friends untuk mengubah kelas layanan dan layanan lain BPJS Kesehatan.

4. Mobile Customer Service (MCS)

Layanan ini adalah layanan terbaru dari BPJS Kesehatan RI yang memudahkan para pengguna maupun bukan penguna untuk mengurus JKN KIS.

Mengunakan layanan MCS pas banget jika Happy Friends tinggal  jauh dari dari kantor cabang BPJS Kesehatan atau tipe yang orang yang lebih afdol mengurus JKN KIS dengan staf BPJS Kesehatan. Detail mengenai MCS Happy Friends bisa membaca infonya dibawah ini :

mobile-customer-service-bpjs-kesehatan-ri-
mobile-customer-service-bpjs-kesehatan-ri

Mobile Customer Service (MCS)

MCS singkatan dari Mobile Customer Service.  MCS adalah layanan jemput bola dari BPJS Kesehatan karena berbentuk mobil keliling.

MCS mengunakan mobil mulai beroperasional sejak 9 Desember 2019 dan bakal menjangkau seluruh Indonesia April 2020. Mobil MCS akan berkeliling sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh kantor cabang BPJS kesehatan dimasing-masing wilayah

Karena mengunakan mobil jadi bisa memudahkan masyarakat untuk mendpatkan pelayanan BPJS Kesehatan. Klo kita tinggal dikota besar ga jadi terlalu bermasalah untuk ke kantor cabang terderkat.

Tapi bayangkan ketika saudara-saudara yang tinggal diluar kota yang jauh dari kantor cabang. Perlu effort yang lebih.

Layanan MCS (Mobile Customer Service)

Apas saja layanan di MCS?  MCS  meliputi :

1. Informasi program JKN-KIS

2. Pendaftaran peserta PPU, PBPU dan BP serta bayi dalam kandungan, termasuk permohonan turun kelas

3. Perubahan data kepesertaan PPU, PBPU dan BP

4. Pencetakan kartu baru dan penggantian kartu rusak/hilang

5. Informasi data peserta dan keluarga

6. Informasi jumlah tagihan dan pembayaran iuran

7. Skrining

8. Penanganan pengaduan

9. Registrasi Mobile JKN

 

Lokasi MCS (Mobile Customer Service)

MCS hadir dimana saja? MCS  hadir di tiga tempat :

  • Goes to vilage  kantor pemerintahan, kecamatan/kelurahan. desa. puskesmas
  • Around city : alun-alun, pusat kota dan pusat keramaian.
  • Corporate gathering : kementerian/instansi/lembaga pemerintah/badan usaha Car free day.

Karena saya tinggal diarea Jabotabek jadi saat ini saya share tempat-tempat MCS beradaan untuk lebih jelas tempat, tanggal dan jam operasional MCS.

 

 

 

Trus daerah lainnya bagaimana? Untuk daerah lainnya Happy Friends bisa cek timeline social media dari BPJS Kesehatan RI . Saya sendiri sempat melihat daerah-daerahnya di twitter BPJS Kesehatan

Jadi dengan adanya beberapa layanan dari BPJS Kesehatan mempermudah mendapat info dan pelayanan dari BPJS Keseatan tinggal disesuaikan dengan keinginan.

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Leave Comment