#KONTINGENKEBAIKAN Sebar Kebaikan di Asian Games 2018

#KONTINGENKEBAIKAN Sebar Kebaikan di Asian Games 2018

Asian Games 2018 sudah berakhir tapi masih melekat di hati. Perhelatan yang mulai dari tanggal 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 memang sangat berkesan.

Saya sendiri selama acara ga bosen-bosen datang ke Stadium Gelora Bung Karno. Padahal saya sudah datang 3 kali loh. Sampai H-1 sebelum berAkhir saya sempat bergumam dalam hati “Cepat sekali acaranya, tau-tau sudah penutupan

Memang ajang Internasional ini menjadi magnet banyak orang termasuk saya he he . Walau diawal ga sedikit yang meragukan kesuksesan acara ini tetapi eh tetapi setelah acara pembukaan .

Banyak orang dari dalam dan luar negeri terpukau dan setelah acara selesai, pihak luar mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas jamuan yang ramah.

Hal ini juga  membuka mata dunia bahwa apa yang ditakutkan tidak terjadi.  Hasil kerja keras dan koordinasi yang baik dari berbagai pihak membuktikan bahwa Indonesia mampu menyelenggarkan acara Internasional dengan sukses.

Yang membuat saya terharu selama acara berlangsung budaya Indonesia yang terkenal keramahtamahannya, sopan santun, saling membantu terlihat ini. Secara ga langsung kebaikan-kebaikan yang muncul membantu mesukseskan event Asian Games

——– #KONTINGENKEBAIKAN DANONE AQUA ———

Aqua sebagai salah satu sponsor resmi Asian Games 2018 juga turut berpartisipasi mensukseskan pesta olahraga. Aqua bangga menjadi bagian dalam Asian Games 2018.

Selama 45 tahun, Aqua menghadirkan minuman sehat hidrasi  bagi masyarakat Indonesua dan  merk Aqua identik dengan merk yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan.

AQUA juga mengajak seluruh masyarakat bergabung di kampanye #KontingenKebaikan. Melalui aksi #KONTINGENKEBAIKAN Aqua mengajak masyarakat melakukan aksi kebaikan yang bisa menginspirasi banyak orang untuk berbuat baik juga.

Aksi ini sudah dilakukan sebelum Asian Games dimulai. Sebelumnya sudah dilakukan ketika pawai obor Asian Games 2018. Aqua bekerjasama dengan komunitas lokal membagikan air mineral ke peserta pawai dan juga masyarakat yang menyaksikan pawai obor.

Sebelumnya Pak Jefri Ricardo – Marketing Manager Danone Aqua menjelaskan aksi #KONTINGENKEBAIKAN ini bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari para atlet, relawan, petugas, pengunjung dll.

Cara menjadi #KONTINGENKEBAIKAN cukup mudah dengan berbuat kebaikan kepada sesama memberikan harapan dan dukungan, berbuat kebaikan untuk lingkungan dan semua. Detail caranya sudah bisa didapat di web resmi Aqua : https://www.sehataqua.co.id/

Mereka bisa melakukan kebaikan dari hal yang sederhana seperti menjaga kebersihan dengan membuang pada tempatnya sehingga membuat nyaman bagi semua pengunjung. Dampak melakukan kebaikan bisa membuat nama harum Indonesia.

Saya juga sudah menulis mengenai #KONTINGENKEBAIKAN di postingan ini : http://www.hannihandayani.com/tebarkan-nilai-nilai-kebaikan-dengan-kontingenkebaikan/

 

——– Momen #KONTINGENKEBAIKAN DI ASIAN GAMES 2018 ———

Setelah datang beberapa kali ke acara Asian Games 2018, Saya melihat sendiri dan merasakan juga banyak orang-orang melakukan #KONTINGENKEBAIKAN. Mereka mau melakukan tanpa pamrih bahkan kepada orang yang dia sama sekali tidak kenal sebelumnya.

Saking banyaknya pengunjung yang datang  saya tidak sempat mengambil gambar  terlalu banyak tapi  saya sempat mengabadikan beberapa momen #KONTINGENKEBAIKAN selama Asian Games 2018.

1.Relawan Asian Games 2018 Menjawab Pertanyaan Para Pengunjung

Awal-awal sebelum datang ke GBK saya sempat tanya keteman-teman, seperti apa situasi disana, mesti bawa apa saja dan apa saja  barang  yang ga boleh dibawa selama di dalam Gelora Bung Karno.

Ternyata setelah sampai di GBK saya tetap kebingungan he he karena saking besarnya dan penuhnya orang jadi bikin kepala pusing, Untungnya ada relawan Asian Games 2018.

Mereka mengunakan rompi hijau yang dibagian belakang tertulis “Tanya Saya” jadi para pengunjung yang bingung termasuk saya bisa bertanya ke mereka dan mereka langsung menjawab dengan responsive, ramah.

2. #KONTINGENKEBAIKAN Dalam kebersihan

Ngomong-ngomong kebersihan, panitia Asian Games sudah menyediakan tempat-tempat sampah dan staf kebersihan tapi dengan jumlah pengunjung yang banyak.

Dan kebiasaan jelek masyarakat yang masih suka buang sampah sembarangan, Saya masih melihat kanan kiri masih ada sampah berserakan klo sudah seperti ini  sedih deh liatnya,

Menurut saya kebersihan bukan hanya tugas staf kebersihan tapi juga semua orang-orang yang ada di Gelora Bung Karno.

Ditengah keramaian orang saya melihat staf kebersihan dengan sigap memunggut sampah yang berserakan, mengelilingi area tempat para penonton melihat aksi para atlet-atlet bertanding lalu menaruhnya ditempat sampah,

Saya sempat juga melihat beberapa kelompok melakukan kebersihan tanpa pamrih. Mereka bersama-sama mengelilingi GBK mengambil sampah disekitar Zona Bhin Bhin dan Zona Kaka.

Di area KAKA ketika asyik-asyik istirahat saya melihat beberapa anak muda membawa kantung sampah dan mengambil sampah. Tanpa merasa risih mereka memunggut sampah-sampah yang berserakan,

Saya sempat bertanya ke mereka dari mana? Ternyata mereka adalah relawan yang bergabung menjadi #KONTINGENKEBAIKAN Aqua yang bertugas untuk menjaga kebersihan dan mengedukasi masyarakat.

Ga hanya di Zona Kaka, ketika ditengah perjalanan pulang saya juga melihat sekelompok pria membawa plastik hitam mereka juga mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan.

Klo liat dari plastik sampah hitam yang  terisi hampir penuh jadi salah satu indiksasi klo masyarakat kita masih kurang menjaga kebersihan di ruang publik.

Aksi bersih-bersih #KONTINGENKEBAIKAN bukan hanya orang Indonesia, saya sempat membaca ada penonton Jepang yang secara sukarelawa memungut sampah-sampah. Mereka patut diacungin jempol.

3. Momen #KONTINGENKEBAIKAN Sesama Atlet

Masih ingat ketika pertandingan Ginting melawan Cina. Di detik-detik terakhir dia tetap berusaha untuk berjuang sampai akhirnya dia tidak bisa melanjutkan pertandingkan karena ada cedera di kaki,

Dimomen dia merasa sakit, lawan main menyempatkan untuk menghampiri Ginting dan memberi support. Walau Ginting saat itu kalah tapi menurut saya dan  dihati masyarakat Indonesia dia menang karena tetap berjuang sampai perjuangan terakhir.

4. Momen #KONTINGENKEBAIKAN Rakyat Indonesia Mendukung Atlet Indonesia

Para supporter Indonesia melakukan banyak cara untuk mendukung para atlet Indonesia. Ga hanya dewasa juga ada anak-anak. Mereka melakukan yel..yel, mengunakan kostum yang menari, membawa bendera merah putih. Karena SIAPA KITA? INDONESIA

5. Momen #KONTINGENKEBAIKAN Menjaga Kelestarian Alam

Aqua sebagai perusahaan yang mempunyai visi one planet one health percaya  melalui makanan/minuman yang sehat, tubuh sehat didapat dari planet yang sehat.

Karena itu dari sekarang, sangat penting untuk melakukan tindakan kecil yang bisa berdampak buat masa depan. Di booth #KONTINGENKEBAIKAN,  para pengunjuing bisa membuang botol Aqua kedalam tempat yang disediakan.

Yang nantinya plastik-plastik tersebut akan diolah lagi oleh Aqua menjadi botol baru, diolah menjadi kerajinan yang menarik atau barang-barang yang bermanfaat. Saya sendiri pernah melihat bantal dan baju yang dibuat dari bahan sisa plastik botol Aqua. Keren ya hasilnya.

Daur ulang limbah plastik juga sesuai dengan kampanye Aqua #BIJAKBERPLASTIK. #BIJAKBERPLASTIK adalah komitmen Aqua untuk mengatasi masalah plastik. Selain medaur ulang sampah plastik, Aqua juga mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap alam dengan bijak mengunakan plastik.

Biar makin lengkap aktivitas para #KONTINGENKEBAIKAN di Gelora Bung Karno, saya sudah membuat video singkat mengenai aksi para #KONTINGENKEBAIKAN.

Aksi-aksi #KONTINGENKEBAIKAN diatas menjadi  inspirasi orang-orang termasuk saya untuk berbaik.  Mereka patut diberi medali kebaikan, medali atas kebaikan kebaikan yang mereka berikan.  Apapun suku, agama, kelamin mereka berhak mendapatkan medali kebaikan.
Walau Asian Games 2018 sudah berakhir aksi-aksi mereka  tetap patut dilaksanakan. Dimulai dari yang kecil dari diri sendiri. Lalu pelan-pelan mengajak orang lain berbuat baik dengan menjadi #KONTINGENKEBAIKAN

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (20)

  • Uchy Sudhanto

    kereeenn… ini namanya bertanggung jawab sama sampah yang dihasilkan.. semoga berkelanjutan gak hanya saat asian games aja..

    • Hanni Handayani

      amin sehingga membawa kebaikan sampai kapan pun

  • Nurul Sufitri

    Ga nyangka ada orang2 baik di balik perhelatan akbar Asian Games 2018 ini ya mb Mereka kontingen kebaikan yg turut andil akan kebersihan, kenyamanan dan keamanan kita semua. Seneng deh mereka ada

    • Hanni Handayani

      ini membuktikan disekitar kita banyak orang baik

  • Rach Alida Bahaweres

    Wah salut deh dengan kerja kerasa kontingen kebaikan yang bekerja untuk hal hal yang tak terpikirkan sebelumnya, mba. Smoga semangat mereka selalu terjaga ya mba dalam kebaikan

  • Utie adnu

    Kegiatannya patut di contoh ya… semoga dgn gerakan ini bisa d tiru dan mnjadi dampak positif buat warga mayarakat yg melihat

    • Hanni Handayani

      amin dan bisa menginspirasi banyak orang untuk berbuat baik

  • Eni Martini

    Wah, kreatif ya kontingen perduli. Salut juga buat gerakannya, memang diantara riuh negatif harus ada hal-hal positif untuk bangsa kita

  • Dita Indrihapsari

    Iya nig susah move on dari Asian Games ya mba Hann.. Aku pas ke GBK juga sempat lihat relawan #KontingenKebaikan yang ngambilin sampah.. Saluuut banget.. 🙂 Di sana sempet main juga ke booth-nya Aqua.. hehe..

  • Mira Utami

    Cuma satu sih gak boleh bawa tumbler saat kesana. Semoga kedepannya juga serius benar-benar menyikapi kebutuhan lingkungan yang dihadapi.

    • Hanni Handayani

      pas saya bisa ya mba bisa bawa tumbler di area festival

  • Elly Nurul

    Setuju ka hanni.. mulai dari hal yang kecil.. menjadi kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempatnya itu bisa dilakukan setiap hari tanpa harus menunggu moment besar seperti Asian Games. Semoga edukasi ini tersampaikan dengan baik untuk masyarakat luas ya ka

    • Hanni Handayani

      ya,,, ga hanya selama asian games tapi juga dalam keseharian

  • Lia Lathifa

    Wah salut sama KontingenKebaikan ini ya mbak, Danone Aqua pun patut diancungi jempol karena benar-benar siap menampung sampah bekas botolnya

    • Hanni Handayani

      setau saya ini adalah salah satu komitmen aqua untuk peduli dengan alam

  • Leyla Imtichanah

    Wah keren nih kontingen kebaikan bersih2 sampah di GBK. Semoga bukan saja saat Asian Games ya

    • Hanni Handayani

      ya berharap masyarakat juga tetap menjaga kebersihan

  • April Hamsa

    Wah ternyata selama Asian Games kemarin Aqua tu jd supplier minuman ya mbak 😀
    Pas momen Ginting kalah itu aku jg salut sama lawannya, mau menghampiri dan kasi semangat yaaa.
    Bagus jg ide kempennya #kontingenkebaikan dan #bijak berplastik ini, walau keliatan “gitu aja” tapi sbnrnya efeknya luar biasa utk bumi yaaaa

    • Hanni Handayani

      karena dimulai dari hal kecil. malah saking remehnya suka tidak dihiraukan

  • deddyhuang.com

    momen asian games ini emang berkesan banget, apalagi di Palembang jadi makin banyak pembangunan.

Leave Comment