Kearifan Lokal di Mandiri Jogja Marathon 2018

Kearifan Lokal di Mandiri Jogja Marathon 2018

Makin banyak orang mengikuti even berlari. Mulai dari hanya untuk fun aja sampai yang benar-benar ikut secara profesisonal agar mereka  mendapatkan juara. Dari sekian  banyak acara lari, setiap tahun makin banyak orang tertarik mengikuti Mandiri Jogja Marathon. Bisa dilihat makin banyak peserta Mandiri Jogja Marathon 2018.

Acara yang diadakan setiap tahun ini memang selalu menyedot perhatian para pesuka lari. gimana enggak selain karena ingin berolahraga lari dan memenangkan lomba. Mereka bisa merasakan kearifan lokal khas Yogya yang selalu biking ngangenin.

Kearifan lokal selama acara Jogya Mandiri Marathon 2018
Kearifan lokal selama acara Jogya Mandiri Marathon 2018

Selama acara Mandiri Jogjya Marathon 2018 berlangsung banyak pernak pernik , makanan dan minuman khas Yogya. Pak Aris Riyanto selaku Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menjelaskan “Tahun ini Pemerintah D.I Yogyakarta dan Bank Mandiri melibatkan lebih banyak lagi sekolah, sangar, komunitas seni dan kelompok lainnya untuk berpartisipasi”

Kita bisa lihat di KM tertentu ada penampilan kesenian Yogya seperti musik keroncong KM 34, Karawitan di KM 12, Jathilan di KM 6, KM 22, KM 40, Gejog Lesung KM 35, Barongan KM 38 dan Badui di KM 9 KM 26.

Ga heran antutiasnya memang ga kira-kira, acara ini diikuti oleh lebih 7.500 pelari dalam negeri yang sebagian datang dari kota Jabotabek dan kota-kota besar di Indonesia dan luar negeri seperti Malaysia, Jepang, Kenya, Brunei Darussalam, Jepang, Kenya, China, Singapura, Brazil, Filipina dan Australia. Dengan  banyaknya peserta diharapkan bisa mengangkat pariwisata dan perekenomian provinsi Yogyakarta.

Acara yang diselenggarakan tanggal 15 April 2018 ini mempertandingkan full marathon (42, 195km), half marathon (21 km), 10 KM dan 5 KM jadi bisa disesuaikan dengan kondir para peserta. Para pelari melintasi lokasi-lokasi tujuan wisata seperti Candi Prambanan Roro Jonggran, Candi Plaosan, Monumen Taruna, kawasan pertanian serta lingkungan pedesaan.

Acara dimulai pada pagi hari, jam 5 pagi para peserta sudah bersiap-siap untuk berlari. Pas sekali berlari dipagi hari karena udara masih segar. Sebelum mulai berlari Ibu Rini Soemarno – Menteri BUMN melakukan pelepasan, Pelepasan ditandai dengan mengibaskan bendera start.

Ga hanya bu Rini hadir juga Kartika Wirjoatmodjo – Direktur Utama Bank Mandiri dan wakil Dirut Bank Mandiri Sulaiman A. Asrianto melepas para peserta.

Agar stamina para pelari dalam kondisi baik, di acara panitia menyediakan lebih 8 ribu pisang dari berbagai penjual di wilayah Yogyakarta. Setelah selesai lari para peserta akan mendapatkan medali yang mempunyai makna dalam, Desain medali terbilang unik karena desainnya mempunyai makna tersendiri . Yuk kita jabarkan secara detail.

Medali Finish Jogja Marathon Mandiri Marathon 2018
Medali Finish Jogja Marathon Mandiri Marathon 2018

Didasar medali ada model kawung yang merupakan motif batik khas Yogyakarta  berasal dari abad ke 9 dengan filosofi kerja keras dan pengendalian diri yang sempurna. Lalu bentuknya seperti Gong karena terinspirasi dari bentuk dan warna khas Gong atau kempul salah satu alat musik gamelan. Dibagian bawahnya ada Gunung Merapi – Gunung di Yogyakarta sebagai simbol sakral dan mistis Yogyakarata

Setelah acara selesai para pelari bisa mencicipi jajanan tradisional khas Yogya untuk pembayarannya pun muah karena Bank Mandiri sudah menyiapikan jaringan pembayaran non tunai. Tinggal gesek tanpa perlu repot uang kembalian.

Kemudahan membayar dengan mengunakan mesin edc Bank Mandiri
Kemudahan membayar dengan mengunakan mesin edc Bank Mandiri

Momen yang ditunggu-tunggu pun tiba, saatnya penyerahan hadiah kepada para pemenang total jumlah hadiah yang diberikan berjumlah 746 juta rupiah yang diberikan kepada para pemenang. tahun ini juara dibagi beberapa kategori, ada yang nasional individu dan open individu masing-masing diambil juara 1,2, 3 baik putra maupun putri. Di acara Jogja Mandiri Marathon tahun ini juga ada group challenge dengan juara 1, 2 dan 3.

Dana CSR Mandiri Jogja Marathon 2018, Bank Mandiri menyalurkan bantuan senilai dari Rp 1 miliar untuk memperbaiki infrastruktur jalan dan sarana umum di wilayah Kabupaten Sleman.

Selamat kepada para pemenang Jogya Marathon Mandiri 2018
Selamat kepada para pemenang Jogya Marathon Mandiri 2018

Suasana Yogya dan kearifan lokalnya membuat saya ingin mengikuti acara ini juga. Selain olahraga saya juga bisa sekalian jalan-jalan he he. Klo Happy Friends sendiri mau ikut juga kah? Klo ya sampai ketemu di Jogja Mandiri Marathon 2019. Jangan lupa untuk memantau detail acara di web Jadi Mandiri dan Mandiri Jogja Marathon.

 

 

 

Incoming Words :

  • handandbody hijab
  • hand and body hijab
  • hijab body lotion
  • membuat biopori dari botol
  • perbedaan mozuku dan colidan

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (23)

  • Nurul Sufitri

    Keren ya acara lomba marathon di Jogja ini… bersama Bank Mnadiri kita sama2 mengangkat kearifan lokal.budaya kita. Mau apa2 sekarang bisa dengan non tunai. Kepengen ikut lomba lari ini kayaknya hanya mimpi hihihi kayaknya para pelari profesional yang banyak ikitan. Jadi penonton ajalah hahahab

  • Rach Alida Bahaweres

    Tahun depan pengen banget menghadiri Mandiri Jogja Marathon

  • Melysa Luthiasari

    Medalinya keren, benar2 menggambarkan kebudayaan lokal banget. Selamat untuk para pemenang tahun 2018.

  • Tetty Hermawati

    Kapan ya aku ke jogja lagi, mau banget nih lari marathon di jogja, suka sama suasana di sana.

  • Azzura lhi

    Duh, andai deket ya. Kalau deket mah pasti dateng deh, walau nggak ikutan lari sih. Menikmati euforia acaranya aja udah cukup kok. Hihhi

  • mpo ratne

    Kuliner tinggal nakan cuma gesek emoney . Perut lapar habis olahraga terobati

  • Wenny kumala tendean

    Wah mau ikutttt.. semoga bisa join tahun dpn

  • Vibrie

    seruuuu banget acara nya, lain dari yang lain nihh konsep acara lari nya …. Bank Mamdiri sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia dan sudah sangat mengakar di temgah2 masyarakat tentu sangat tepat sekali bila ikut concern membantu melestarikan kearifan lokal budaya di beberapa daerah yg memiliki potensi. Semoga next bisa keluar jawa yahh Lari sambil mengangkat kearifan budaya lokal bersama Bank Mandiri

  • Lia Lathifa

    Acara seperti ini semoga bukan di Jogjakarta aja ya, soalnya bermanfaat banget buat masyarakat yang sadar akan kesehatan, apalagi hadiahnya lumayan banget

  • Nunu

    Wihh Jogja, pasti seru deh kalau dah dengar kata Jogja..kearifan lokalnya masih terjaga..

  • Leyla Imtichanah

    Keren bisa liburan ke Yogya dan ikutan Mandiri Maraton ini. Keliling situs2 bersejarah di Yogya ya.

  • Anisa Deasty Malela

    Olahraga sambil menikmati keindahan alam dan juga budaya di kota Yogyakarta,, asik banget ya mba.

  • Enny-dudukpalingdepan

    Kalau dibarengi dengan festival produk dan budaya lokal kayaknya yang bukan pelari pun tertarik untuk ikutan 😀

  • Nurul dwi larasati

    Enak ya lari sambil melihat suasana yang bikin mood baik. Apalagi di Yogya suasananya masih alami, lihat candi-candi dan masyarakat yang sederhana.

  • Tika Samosir

    Semakin maju Indonesia melalui kearifan lokal ya. Pertanda semakin erat budaya tentu dengan penjagaan dari kita masyarakat. Khususnya kota jogya saat ini.

  • April Hamsa

    Moga2 tahun depan ada kesempatan mengikuti maraton di Yogya. Yaaaa, minimal yang jarak terpendek. Kyknya seru lari bareng2. Ngincer medalinya. Hadiahnya apa lagi hehe.

  • Natara

    Lari sembari melihat indahnya Jogja mah kaya nya ga akan terlalu terasa capek ya…

  • Nefertite Fatriyanti

    Jadi pengin ke Jogja,. Lama banget belum ke sana lagi

  • Eni Martini

    Beruntung banget ya bisa hadir ke acars ini

  • miramiut

    gokil di Prambanan keren banget

  • Maria Soraya

    aku lari palingan di sekitar UI aja, belum pernah lari yg jauh2

  • Melinda Niswantari

    Waaah ini ajang lari yang fun dan penuh edukasi ya, konsepnya menarik mengangkat kearifan lokal. Medalinya jg unik dan keren banget nih, salut sama Bank Mandiri deh. Semoga tahun depan bisa ngerasain jogja marathon 🙂

  • Ade UFi

    Ini saatnya mempromosikan budaya Indonesia nih. Bank mandiri aja sampai ngeluarin dana csr 1jt bener2 harus dimanfaatkan dengan baik. Semoga sukses ya acaranya.

Leave Comment