Jangan Salah Mengenali, Ini Ciri Perbedaan Angkringan Jogja dan Solo

Jangan Salah Mengenali, Ini Ciri Perbedaan Angkringan Jogja dan Solo

Serupa tapi tak sama. Itulah yang tampak pada angkringan Jogja dan Solo. Meski sekilas lalu bentuk tempat dan makanan yang disajikan mirip satu sama lain, tetapi setelah diamati lebih dalam ternyata ada beberapa perbedaan antara angkringan di Jogja dan Solo.

Nah, coba lihat jadwal kereta Jogja Solo kamu akan sadar untuk membandingkan kedua angkringan ini mungkin dilakukan dalam satu kali perjalanan . Namun tak ada salahnya untuk mengenali lebih dulu perbedaan antara kedua tempat yang selalu jadi jujugan ketika darurat kelaparan ini. Kenali bedanya dan rasakan nikmat sajiannya nanti saat sudah sampai di sana.

foto:angkringan jogja – limakaki.com

 

Solo Tidak Mengenal Angkringan

Nama Angkringan berasal dari kata angkring yang artinya santai. Meski nama ini terkenal, tetapi sebenarnya hanya masyarakat Jogja yang menyebut kedai makanan ini sebagai Angkringan. Namun kemudian nama ini dikenal luas di seluruh Indonesia dan juga digunakan di kota-kota lain.

Tetapi tidak dengan kota Solo. Meski punya gerai makanan yang sama, tetapi masyarakat Solo tidak mengenal istilah angkringan. Mereka menyebut kedai jenis ini dengan nama Wedangan atau HIK, alias Hidangan Istimewa ala Kampung.

Setelah melihat jadwal kereta Jogja Solo, coba amati apa saja yang ada di angkringan Jogja dan wedangan Solo. Biasanya, yang paling terlihat mencolok adalah pada nasi bungkusnya.

foto:wedangan solo – @abramgalih

Lauk Nasi Kucing Berbeda

Nasi bungkus di angkringan Jogja atau wedangan Solo sama-sama disebut nasi kucing. Ukurannya kecil, hanya sekepalan tangan dan hanya cukup untuk sekali makan.

Sama-sama berukuran kecil, beda paling nyata pada nasi kucing Jogja dan Solo adalah di bagian lauknya. Nasi kucing Jogja biasanya berlauk ikan teri yang diberi sambal. Sementara nasi kucing Solo berisi ikan bandeng.
Tidak ada nasi kucing berlauk bandeng di Jogja. Demikian pula di Solo, tidak ada nasi kucing dengan lauk ikan teri.

foto:angkringan jogja – @centrofauzi

Cara Bungkus Nasi Kucing Jogja dan Solo Punya Ciri Tersendiri

Tidak hanya memiliki perbedaan lauk, nasi kucing dari Jogja dan Solo juga beda cara pembungkusannya. BIla diamati bentuk kedua nasi kucing ini. Mirip, tetapi sebenarnya berbeda. Nasi kucing ala Solo dibungkus dengan kertas yang dibentuk segitiga. Sementara nasi kucing Jogja, bentuknya segi empat.

Jenis Minuman Andalan Berbeda

Baik angkringan maupun wedangan, sama-sama memiliki tiga ceret andalan yang dipanaskan di atas tungku berbahan bakar arang yang membuat minuman jadi lebih sedap. Selain punya teh nasgitel alias panas legi kentel, angkringan dan wedangan punya minuman andalan yang berbeda.

Angkringan Jogja memiliki kopi joss. Ini adalah kopi hitam yang disajikan panas, lalu dimasuki arang yang membuatnya mengepulkan asap, joss!

foto:wedangan solo – Purwono Nugroho Adhi

Sementara wedangan Solo memiliki teh kimpul yang segar. Berbeda dengan teh nasgitel ala Solo yang hangat dan legit dengan gula batu, teh kimpul adalah es teh yang ditambah dengan potongan jeruk manis yang membuat rasanya jadi segar, cocok untuk menghalau udara panas di Solo yang kadang tak kenal waktu.

Nah, sekarang sudah tahu di mana beda angkringan Jogja dan Solo bukan? Kalau penasaran, langsung saja buktikan perbedaan antara keduanya.

Biasanya, angkringan dan wedangan banyak tersebar di berbagai penjuru kota, termasuk di stasiun. Setelah mendapatkan info jadwal kereta Jogja Solo, mampirlah ke angkringan terdekat untuk mencicip menu khasnya.

Setelah puas mencicip angkringan di Jogja, lanjutkan perjalanan menuju Solo dan icip lezatnya menu di wedangan atau HIK di kota ini. Dengan jadwal kereta Jogja Solo yang hampir setiap jam ada, tak perlu khawatir soal transportasi antar kedua kota ini.

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (36)

  • Alfath

    Maaf Mbak mau nanya bagian kalimat “coba amati jadwal kereta jogja Solo”, memangnya ada apa ya di jadwalnya? Lihat jadwalnya sebelah mana?

    • Hanni Handayani

      kita bisa cek jadwal kereta yang kita inginkan siapa tau dapat harga promo langsung saja dibeli

  • Milda Ini

    Haiya, selama ini ku cuma makan aja mba. Kurang perhatian. Yang diamati mah soal harga dan rasanya, maafkan

    • Hanni Handayani

      sama mba saya juga awal-awal asal makan tapi klo keseringan bisa tau

  • Rach Alida Bahaweres

    Aku belum pernah nyoba angkringan di SOlo mba. Pas angkringan Jogja sih udah. Awalnya aku kira sama, teryata beda yaa

    • Hanni Handayani

      sekilas serupa tapi beda

  • Tian Lustiana

    saya belum bisa bedain angkringan solo dan jogja hehehe, dimata saya sama – sama aja wkwkwk eh nyatanya beda ya mba

    • Hanni Handayani

      paling diamati makin ngeh mba

  • Tukang Jalan Jajan

    waw! ternyata ada bedanya. baiklah aku akan mulai mencari tahu mulai dari kotaku dulu. disini juga banyak angkringan. apakah ini made in solo atau jogja

    • Hanni Handayani

      coba diperhatikan kira-kira yang mana ayooo

  • Nurul Sufitri

    Aku Selama ini belum pernah coba nasi kucing di mana pun hihihhihihi. Pas ke Jogja liburan lebaran kemarin juga ga cobain angkringan di sekitar Malioboro padahal banyak banget hehehe jadi ga pake bandeng ya angkringan Jogja beda dg Solo. Mantap deh mb Hanni. Aku jadi tau skrg.

    • Hanni Handayani

      coba mba sekali-kali. sekali coba pasti ketagihan

  • Nurul dwi larasati

    Baru tahu aku ini soal angkringan. Beda ya ternyata meskipun sama-sama di pulau Jawa. Jadi bisa lebih teliti deh kalau mampir ke angkringan.

    • Hanni Handayani

      kadang mampir ke angkringan dah fokus ke makanan jadi ga memperhatikan yang lain

  • Nia K. Haryanto

    Wah beda toh, ya? Aku gak pernah merhatiin. Noted deh. Jadi tahu bedanya. Duh, jadi kepengen ke Solo terus ke Jogja jadinya. 😀

    • Hanni Handayani

      asyiknya, memang yogya dan solo tempat yang kangenin jadi pengen selalu kesana

  • Fenni Bungsu

    Sudah lama nggak ke Jogja. Terakhir pas sekolah. Dan selama di jogja duku nggak pernah engeh sama angkringan, makan yah makan aja, hahah dasar memang saya,

    • Hanni Handayani

      sama kok mba, awal-awal fokus ke makanan trus baru memperhatikan yang lain

  • Okti Li

    Yogya dan Solo sudah seperti adik dan kakak saja. Mirip2… Meski ternyata (pasti) ada bedanya. Kalau dari Cianjur mau ke Yogya atau Solo yang simple dan.mudah malah naik bis. Ada langsung Sukabumi Solo yang pastinya lewat Yogya. Itu meski mau ke Yogya saja, tapi ongkos tetap dihitung Solo lho. Hehehe…

    Trims infonya Mbak. Kami berencana mau ke Yogya dan Solo, kebetulan

  • Febi Febriany

    Oh berarti angkringan yang di deket rumah itu mirip mirip angkringan solo ya. Jadi tau bedanya angkringan solo dan jogja itu kaya apa.

  • unggulcenter

    info berfaedah nan manfaat! baru tau ada toh bedanya hahaha.. kalau di jawa pokoknya saya pikir ya angkringan aja. Kemaren di Purwokerto pun ketemu Angkringan. Entah, apalagi ini bedanya, gak perhatiin. Karena tak pikir sama.

    • Hanni Handayani

      biasa taunya angkringan yogya ternyata berbeda

  • April Hamsa

    Ooo gtu bedanya hehe gak pernah merhatiin sih. TFS infonya 😀
    Aku suka tu makan nasi kucing biasanya nambah soale kurang haha.
    Kalau minum kopi keduanya malah belum pernah, krn lbh suka teh manis anget 😀

  • mutia nurul rahmah

    kukira smeua angkringan sama saja, ternyata ada ya bedanya heheh

    • Hanni Handayani

      saya juga baru tau mba, maka nya diinfo biar makin banyak yang tau

  • Anis Khoir

    Saya termasuk yang suka sekali membeli nasi kucing Karena posisinya yang sedikit sehingga saya habis dan tidak mubazir membuang biasanya saya senang lauk bandeng berarti itu nasi kucing dari Solo ya

    • Hanni Handayani

      klo dari rumah saya jauh mba. jadi klo ke yogya atau solo pasti mampir ke angkringan

  • Amelia Fafu

    Ooh, gitu ya. Aku pernah ke angkringan, di Bedahan ada. Kalau yg Solo, apa ya, palingan wedang, tapi itu pun adanya di kedai Bakmi Jogja hehehe. Mba Hani, keren sampai di bikin tulisan, jadi tahu nih, thanks ya..

    • Hanni Handayani

      karna biasa suka langsung makan jadi nga ngeh perbedaanya

  • Leyla Imtichanah

    Jeli banget mba Hanni. Aku mah gak merhatiin tapi aku kurang suka nasi kucing karena gak kenyang wkwk

    • Hanni Handayani

      klo kurang kenyang bisa nambah mba he he

  • Nunu Halimi

    Bulek suami aku nih pedagang wedangan di Semarang, aslinya wong Solo, bulek bilangnya HIK, tapi ya suamiku bilang angkringan ke aku, takut aku nggak ngerti hahaa, secara umum emang lebih familiar angkringan ya mba..

  • Hani S.

    Jadi penasaran pengen makan di Angkringan, terutama yg kopi dikasih arang, wiiiiih.
    Selama ini cuma lewatin aja, dan kayaknya lebih enak kalau langsung makan di Jogja atau Solo ya. Nyammm

  • Eni Martini

    Aku orang Yogya dan senang nongrong di angkringan, begitu juga dengan suami. Tapi gak ngeh meratiin perbedaan dengan akringan Solo, thx ya Han, infonya

  • Eskaning Arum Pawestri

    ya ampun aku penggemar angkringan tapi baru tahu perbedaan nasi kucing Jogja vs Solo ini. Kalau di Jakarta mah angkringan jual berbagai macam lauk dan berbagai jenis nasi bandeng atau nasi teri ya mba

  • Elva Susanti

    Asik ya tempatnya. Baru tahu ada jadwal yg promo2. Pengen banget jalan ksana dgn harga tiket yg lagi promo

Leave Comment