Jangan Ditunda ! Cegah dan Deteksi Kanker Dari Sekarang

Jangan Ditunda ! Cegah dan Deteksi Kanker Dari Sekarang

Setiap tanggal 4 Februari, sedunia memperingati Hari Kanker Sedunia. Kanker adalah penyakit yang ga bisa diremehkan karena kanker adalah penyakit penyakit tidak menular (PTM) tapi menjadi salah satu penyakit yang mematikan,

Dan juga menjadi salah satu penyakit PTM yang paling banyak diderita oleh banyak orang di Indonesia selain gagal ginjal, jantung, stroke, paru kronis, diabetes, kanker leukemia dan talasemia.

Sedangkan untuk  saat ini penyakit PTM yang terbanyak adalah stroke , jantung koroner. DM dengan komplikasi, Tuberkulosis dan hipertensi dengan komplikasi, sedang pembiayaan kesehatan terbesar adalah mulai dari jantung, kanker, stroke , gagal ginjal dan talasemia.

Agar makin banyak orang tau mengenai bahaya  dan cara mencegahnya penyakit kanker perlu ada sosialisasi kemasyarkat luas. Di hari kanker sedunia 2020 tanggal 4 Februari 2020.  Kementrian Kesehatan RI dan P2PTM mengadakan acara mengenai Kanker  di Manhattan Hotel Jakarta .

Jangan Ditunda ! Cegah dan Deteksi Kanker Dari Sekarang
Jangan Ditunda ! Cegah dan Deteksi Kanker Dari Sekarang

Direktur P2PTM – dr. Cut Putri Arianie, MHKes mengawali acara menjelaskan mengenai PTM (Penyakit Tidak Menular)

Semua orang bisa terkena PTM tidak mengenal usia, jenis kelamin, maupun genetik hanya agar masyarakat  tidak terkena PTM dengan tidak merokok, melakukan aktivitas fisik, memakan pola makan yang tidak sehat, obesitas, darah tinggi dan prediabetes.

 

4 Pilar Penanggulangan PTM
4 Pilar Penanggulangan PTM

Biar PTM tidak menyebar ada 4 pilar penanggugan termasuk ”

– Promosi Kesehatan :melalui edukasi, informasi pembredayaan masyarakat

– Deteksi Dini, demham deteksi  dini faktor risiko PTM bisa dihindari dengan IVA Tes

– Perlindungan Khusus bisa dengan Imunisasi HPV, Rubella

– Penanganan Kasus bisa dilakukan dengan pengobatan di fasyankes

Dihari Kanker Sedunia, Yuk Kita Mengetahui Mengenai Deteksi  Kanker.

“Kanker adalah penyakit terjadi pembelahan sel abnormal yang tidak terkedali dan dapat menyerang jaringan disekitarnya.”

Dalam penangan kanker diperlukan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah. Berikut ini program-program pemerintah untuk menangani kanker :
– mengalokasikan Dana Alokasi Khusus ( Untuk ketersediaan alat kesehatan penunjang kabupaten/kota)
-mengalokasikan dana dekonsentrasi untuk pelatihan petugas
– sosialisasi/diseminiasi. salahsatunya seperti acara ini dimana para peserta diberitau mengenai penyakit kanker, dan cara mengatasinya
– Penguatan fasyankers dibidang puskesmas, klinik dan rumah sakit
_ pendampingan/bimbingan teknis memberikan pendam[ingan bagi pengelola proggram di Dinkes
– Kemitraan/pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan lintas sektor sebagai penggerak

_ pendampingan/bimbingan teknis. memberikan pendam[ingan bagi pengelola proggram di Dinkes
– Kemitraan/pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan lintas sektor sebagai penggerak

Cara Mendeteksi Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahin Sedini Mungkin jadi penyakit kanker bisa dicegah. Caranya dengan mencegahnya caranya seperti diatas ya.

Pada akhirnya perlu peran serta dari berbagai pihak selain mulai dari, masyarakat , kerjasama dengan pemerintah dan pemerintah pusat termasuk saya.

Karena kanker serviks dan kanker payudara adalah penyakit kanker yang mendominasi maka dr. Aldrin Neilwan Panca Putra, Sp.Ak lebih menekan kepada kanker serviks dan payudara.

Untuk mencegah kanker, para wanita bisa memerikasa Payudara sendiri yang biasa disebut SADARI.

Ngomong -ngomong mengenai pelayanan. Di sesi terakhir mba Friska  yang ternyata adalah adalah anak dari Bapak Cosmas Batubara,  buat yang belum tau beliau adalah mantan menteri di era kabinet pembangunan III, IV dan V.

Mba Friska berbagi  pengalaman beliau ketika bapaknya dirawat dirumah sakit.  Ketika ditawarkan ingin berobat dimana? Jawabanya Pak Cosmas  “Dirawat saja di Indonesia” karena pak Cosmas percaya pelayanan rumah sakit di Indonesia.

Sebagai anak mba Friska pun menurut kemauan orangtua hingga akhirnya pak Cosmas, mba Friska bersyukur selama perawatan mendapatkan perawatan yang baik. Apalagi ketika mba Friska sudah melihat langsung peralatan yang ada sudah modern dan canggih. Dari pengalaman mba Friska , kita bisa petik bahwa pelayanan rumah sakit di Indonesia tidak kalah dengan luar ngeri.

DUKUNG  TEMA HARI KANKER SEDUNIA 2020 “I AM AND I WILL

Setiap tahun hari kanker sedunia mempunyai tema. Tahun 2020 tema nya adalah “I am and I will dengan harapan semoga semakin banyak orang yang peduli mengenai kanker dimulai dari yang terkecil dari diri sendiri.

Termasuk saya dan happy friends loh. Caranya pun mudah. Happy friends bisa ke link : harikankersedunia.com nanti ditampilan utama sudah ada  cara membuat frame. Tinggal isi kolom yang ada dan mengupload gambar. Tinggal klik klik jadi deh seperti foto dibawah ini .

Sebagai blogger yang terbiasa membuat konten. Salahsatu  dukungan saya untuk kampanye kanker adalah dengan menulisnya dan menyebarkan informasi yang ada.  Seperti tulisan ini  ini sehingga bisa dibaca dan memberi manfaat kepada yang lain.

Info lebih lanjut mengenai PTM  dan kanker happy friends bisa langsung ke
Website : www.p2ptm.kemkes.go.id
Facebook : @p2ptmkemenkesRI
Twitter : @p2ptmkemenkesRI
Instagram : @p2ptmkemenkesRI

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Leave Comment