Dengan Program 3 R BBPLK Bekasi Mencetak SDM Berkualitas

Dengan Program 3 R BBPLK Bekasi Mencetak SDM Berkualitas

“Jika mau langsung kerja, nanti sekolahnya masuk ke SMK saja “

Ada yang familiar dengan kalimat diatas? Hanya kenapa dilapangan masih banyak pengganguran. Dari data angka pengganguran di Indonesia sekitar 5,5% dari 200 jutaan penduduk Indonesia. Kenapa masih banyak pengangguran dari SMK? Apa karena lowongan pekerjaan kurang banyak atau karena kemampuannya yang masih kurang sehinga tidak diterima kerja.

Saya jadi ingat nasehat ibu saya dalam menekuni pekerjaan, klo bisa kita mempunyai keahlian. Sampai kapanku keahlian akan tetap dipakai. Benar juga apa yang ibu saya sampaikan, klo kita merasa kurang ahli dibidang tertentu, kita bisa menambah ilmu lagi dengan ikut kursus atau pelatihan.

Ya klo ada uang tapi klo uang terbatas bagaimana? Nah ini ada solusi buat Happy Friends yang  mau menambah kemampuan tanpa harus mengeluarkan uang. Lokasinya ga terlalu, tempatnya berada di Bekasi. Para peserta ga harus warga Bekasi, buat Happy Friends yang tinggal diluar kota/ luar daerah bisa kok menambah ilmu disini.

BBPLK-Bekasi
BBPLK-Bekasi

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi didirikan pada tahun 1985 dengan bantuan dari Jepang. BBPLK Bekasi memang berbeda dengan BBPLK pada umumnya karena dijadikan pusat pengembangan. Dari luar pun BBPLK ini terlihat beda karena bersih, asri, dan luas. Dengan luas wilayah 10 Ha bisa menampung banyak peserta dan bisa menyediakan sarana dan prasana yang menunjang selama pendidikan.

Selama ini BBPLK Bekasi juga sudah berkerjasama dengan perusahaan-perusahaan lokal maupun Internasional dalam membuat pelatihan dan juga perekrutan jadi setelah masa pelatihan berakhir, para peserta bisa bekerja diperusahaan tersebut. Beberapa perusahaan yang telah bekerjasama adalah MNC, Schneider Electric, Abadi Nua, Wings, Arnotts, Denso Indonesia, MAXXIS dll.

BBPLK Bekasi juga bekerjasama dengan komunitas dan pesantren untuk memberdayakan masyarakat seperti Pondok Pesantren An-Nur Bekasi, Pondok Pesantren Riyaddul Aliyah Bogor, Yayasana As Syifa Syech Yusuf Depok, Yayasan Darul Maarif Indramayu, Pondok Pesantren Ubudiyah Tanah Laut, Yayasan Al Badar Ponpes Cipulus Purwokerto.

Program-program pelatihan di BBPLK Bekasi pun banyak, tinggal dipilih sesuai dengan minat peserta:

Teknologi Informasi & Komunikasi

  • Client Server Programing
  • Cloud Computing
  • Computer Technician
  • Database Progamming
  • Digital Animator
  • Graphic Designer
  • IT Software Solution for Business
  • Mobile Programming
  • Movie Animator
  • Network Professional
  • Warehouse Crew Development Programmer
  • Web Developer

Teknik Elektronika

  • Operator Instrumen dan Kontrol
  • operator Otomasi Elektronika Industri
  • Operator Mesin Insert SMT
  • Teknisi Audio Video
  • Teknisi Instalasi Fiber Optik
  • Teknisi Istalasi Satelit
  • Teknisi Telepon Seluler

Refrigeration

  • Teknisi Lemari Pendingin
  • Teknisi Pendingin Ac split
  • Teknisi Refrierasi Komersial

Perhotelan

  • Food and Beverage Service
  • Housekeeping
  • Patisserie

Senin, Tanggal 22 Januari 2018 yang lalu saya dan beberapa teman berkesempatan untuk hadir di acara pembukaan “Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap 1 Tahun 2018” BBPLK Bekasi. Bertempat di aula Garuda, sekitar 600 orang peserta hadir siap mengikuti pelatihan bulan Januari 2018.

Pelatihan berbasis kompetensi ini bertujuan untuk menciptakan tenagakerja terampil yang bisa mengatasi angka pengangguran karena dalam 1 program pelatihan BBPLK Bekasi bisa menampung hampir 90% lulusan SMK di Bekasi. Setiap tahunnya BBPLK mempunyai 5 ribu siswa yang lulus dengan ketrampilan profesional .

Pelatihan ini juga tidak hanya semata-mata teoritis karena ada lebih banyak praktek dan sebagai pelengkap diajarakan wawasan dan attitude. Setelah selesai pelatihan, peserta akan mengikuti tes untuk medapatkan sertifikasi. Tidak semuanya dapat sertifikat hanya peserta yang lulus dan menguasai saja yang mendapat sertifikat. Peserta yang sudah lulus mengikuti Kompetensi tahap 1 ini, nantinya akan disalurkan kerja hingga ke mancanegara

Pembukaan Pelatihan BBPLK Bekasi Januari 2018
Pembukaan Pelatihan BBPLK Bekasi Januari 2018

Diruang terpisah, Ibu Helmiaty – Kepala BBPKL Bekasi  memberi informasi pertengahan tahun 2018 BBPLK akan berubah total pastinya lebih keren. Tapi menurut saya walau belum pertengahan tahun, BBPLK Bekasi sekarang sudah bagus dibanding tempat-tempat lain.

Lalu bersama Ibu Helmiaty Basri dan tim, saya dan teman-teman diajak berkeliling BPLK Bekasi melihat gedung yang baru yang telah direnovasi, ruang-ruang praktek dan fasilitas-fasilitas lainnya. Ruang yang pertama kali saya kunjungi adalah ruang praktek TIK. Tersedia jajaran komputer dengan spek yang disesuaikan dengan kebutuhan, khususnya untuk jurusan web design yang membutuhkan spek komputer tinggi. Kami juga ke ruang praktek jurusan Refrigeration dan Perhotelan.

Ruang praktek para peserta pelatihan di BBPLK Bekasi
Ruang praktek para peserta pelatihan di BBPLK Bekasi

Suasana asri BBPLK Bekasi membuat saya seperti tidak seperti di Bekasi. Asrinya taman bunga dan buah membuat suasana teduh apalagi ketika saya datang pas lagi cuaca agak mendung menambah nyaman keliling BBPLK Bekasi. Setelah melihat ruang praktek, kami diajak melihat asrama.

Buat para peserta yang berasal dari luar Bekasi, BBPLK menyedia tersedia asrama. 1 kamar bisa dihuni oleh 4 hingga 6 orang.  Ruangan kamarnya pun sudah tersedia AC,wah makin betah selama belajar. Ga hanya dapat asrama, para peserta pelatihan juga mendapatkan makanan. Apakah bayar? Ga…semuanya gratis.

Fasilitas BBPLK Bekasi
Fasilitas BBPLK Bekasi

Sejak awal saya masuk ke BBPLK Bekasi,saya sudah terkesima karena kebersihan , kerapihan dan kesejukan selama di area. setelah saya mendengarkan cerita dari teman-teman memang BBPLK Bekasi ini beda dari BBPLK pada umumnya .

Lanjut saya berkeliling hotel yang disediakan untuk praktek program Perhotelan. Dibawah ini adalah foto kamar jenis suite. Yang menarik kamar ini pernah digunakan Pak Presiden Jokowi untuk transit. Selain kamar suite tersedia juga kamar standart.

Hotel BBPLK Bekasi
Hotel BBPLK Bekasi

PROGRAM 3 R DI BBPLK BEKASI

Perubahan ini tidak terlepas dari Rencana Strategis 3 R BLK yaitu Re-Orientasi, Re-Vitalisasi dan Re-Branding.

Re-Orientasi

Agar BBPLK menghasilkan SDM unggul maka BBPLK mefokuskan bidang kejuruan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dalam dan luar negeri dengan memprioritas sektor dan kejuruan yang dikembangkan.  Sehingga para peserta bisa mendalami dan menguasai sesuai yang mereka  minat. Pembinaan kejuruan juga semakin mudah dan terarah.

Re-Vitalisasi

Dengan revitalisasi BLK memiliki standarisasi yang komprehensif dan akurat, harus ada standar dalam pelatihan kerja baik tingkat daerah dan nasional. Setelah ada standar membuat kemudahan dalam memberikan pelatihan. Ga heran prasarana diubah dengan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Agar suasana belajar nyaman,  peralatan praktek dilengkapi dengan alat yang terbaru kekinian dan lingkungan bersih dan terawat.

Re-Branding

Klo sebelumnya terkesan BBPLK dipandang sebelah mata , sekarang dengan adanya pembaruan disana sini, diharapkan imej dimasyarakat luas terhadap BBPLK akan berbeda. Selain di Bekasi, ada juga BBPLK serupa di daerah Bandung, Serang, Semarang dan Medan yang bisa dijadikan panutan untuk BLK lainnya..

Terobosan diatas ditujukan untuk mempercepat produksi SDM yang kompeten dibidangnya sehingga setelah lulus dari BBPLK para peserta bisa sesuai dengan kebutuhan dan bekerja di dalam maupun luar negri

Tahun 2018 BBPLK Bekasi menargetkan jumlah peserta sebanyak 20.080 orang, target sertifikasi sebanyak 12.880 orang, bantuan progam sebanyak 1.500 orang, BLK binaan sebanyak 29 BLK.

SDM instruktur pun akan ditambah ga hanya dari internal BBPLK Bekasi tapi juga mengundang instruktur dari luar yang kompeten sehingga menambah ilmu para peserta.

SYARAT PENDAFTARAN DI BBPLK BEKASI 

Lalu klo saya tertarik ikut pelatiham di BBPLK Bekasi, apa saja yang harus dipersiapkan. Happy Friends sebelumnya melengkapi persyaratan awal yaitu

  1. Laki-laki atau Perempuan
  2. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  3. Fotokopi KTP
  4. Pas foto 3×4 1 lembar
  5. Lulus tes seleksi
  6. Sehat jasmani dan rohani dan tidak buta warna

Setelah resmi terdaftar nanti para peserta akan mendapatkan fasilitas-fasilitas seperti :

  1. Transport PP
  2. Asrama (untuk peserta luar kota)
  3. Makan
  4. Pakaian Kerja
  5. Asuransi
  6. Sertifikat Pelatihan
  7. Sertifikat BNSP

Pendaftaran :

  1. Melakukan pendaftaran online di website : www.kios3in1.net/006
  2.  Melakukan tes seleksi pelatihan kerja : seleksi administratif, tes tertulis dan wawancara.

Informasi lainnya Happy friends bisa pantau terus socmed dari BBPLK Bekasi, Twitter : @BBPLK_Bekasi, Fanspage Facebook : BLK Bekasi Kemnaker RI, Instagram : BLK Bekasi Kemnaker RI atau mo datang langsung juga bisa langsung saja ke:

BBPLK BEKASI

Jalan Guntur Raya No 1 Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Bekasi, Jabar 17144

Tlp. (021) 884 1147

Hotline : 08159171717, 085711070057

 

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (11)

  • April Hamsa

    Wah ternyata kalau ikut pelatihan di BBPLK semuanya gratis yaaa.
    Asramanya juga lumayan nyaman, makan ditanggung pula. Berarti dari yang luar kota Bekasi jg bisa ya pelatihan di sini.
    TFS infonya…

  • Melinda Niswantari

    Betul mba hani, kalau mau cepet dapet kerja sekolahnya pilih SMK aja karena udah masuk kejuruan. aku tahunya juga gitu dari temen-temen yang sekolah di SMK. Tapi beberapa temenku ada juga yang masih ngelanjutin kuliah karena mungkin belum mendapatkan job. Daripada nganggur lama-lama jadi mendingan lanjut kuliah lagi katanya.

    Btw BBPLK Bekasi luas banget ya, ada hotelnya pula ya sekarang. Wah makin kece aja nih fasilitas yang ditawarkan 🙂

  • Tuty Queen

    Semoga semakin banyak lapangan kerja yang membutuhkan tenaga-tenaga kerja kompeten lulusan BBPLK Bekasi ini ya, jadi penggangguran semakin berkurang.

  • Tetty Hermawati

    Asal ada niat dan kemauan pasti kita bisa sukses punya skill. Gratis ya tinggal belajar. Enak bgt.

  • Awan

    Asyiiik bangat sih para peserta patihan ini, dapat ilmu dan segala macam fasilitas secara gratis, jadi pengen daftar juga hehehe

  • Jun Joe Winanto

    Informasi yang sangat berguna untuk orang banyak. Bisa dibagi-bagi ke saudara, teman, tetangga, dan orang-orang yang butuh untuk peningkatan skill.

  • Jun Joe Winanto

    Program yang luar biasa. Boleh dibagi untuk saudara, tetangga, orang-orang yang perlu banget untuk naikin skill dan soft skill.

  • Ani Berta

    Andaikan BLK ini ada 25 tahun yang lalu, saya pasti sudah daftar duluan daftar yg paket BOARDING hehehe

  • Ilman Nafian

    BBPLK Bekasi solusi bagi teman-teman yang ingin maju, tidak memandang pendidikan, usia, yang paling penting adalah kemauan untuk maju serta memiliki kemampuan dalam bidangnya.

  • Helena

    Ga ada alasan kesulitan biaya pendidikan. Di sini udah ada pelatihan gratis dari BLK, harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

  • Lina

    Pelatihannya brp lama ya?

Leave Comment