Cara Mudah Mengantri Dan Cek Ketersedian Tempat Tidur Rumah Sakit

Cara Mudah Mengantri Dan Cek Ketersedian Tempat Tidur Rumah Sakit

Alhamdulilah sudah memasuki tahun 2020, diawal tahun yuk kita mulai dengan semangat baru, 🙂 Seperti biasa awal tahun, biasanya saatnya melakukan  kegiatatan yang akan dilakukan untuk setahun kedepan.

Diawal tahun 2020 BPJS Kesehatan RI  juga memulai tahun baru ini dengan  memperkenalkan program pelayanan yang meningkatkan pelayanan  baik di puskesma/klinik mapupun rumah sakit buat para peserta JKN KIS.

Jika akhir tahun 2019 BPJS Kesehatan memperkenalkan pelayanan BPJS Satu dan MCS Mobile . Tahun 2020 BPJS Kesehatan memperkenalkan fitur terbaru di aplikasi mobile JKN dan kemudahan bagi penderita gagal ginjal untuk melakukan pencucian darah.

Baca juga : http://www.hannihandayani.com/bpjs-satu-membantu-para-peserta-jkn-kis-di-rumah-sakit/. http://www.hannihandayani.com/makin-mudah-mengurus-jkn-kis-dengan-mcs-mobile-customer-service/

Buat para peserta JKN KIS. saya rekomen untuk mendowload aplikasi Mobile JKN karena bisa memberikan kemudahan-kemudahan.  Apalagi sekarang ada beberapa fitur terbaru seperti dibawah ini :

Fitur-fitur diatas adalah sebagian dari peningkatan pelayanan  BPJS Kesehatan. Tanggal 6 Januari 2020 di Hongkong Cafe, Pak  Beno Herman – Asisten Deputi Bidang Manajemen Fasilitas Kesehatan Republik Indonesia menjelaskann 3 pelayanan yang diconcern  ditahun 2020.

Yang pertama mengenai  Sistem Antrian Di Rumah Sakit

Kegiatan antri menjadi unik ketika yang antri bukannya orangnya tapi yang antri itu berbentuk sandal, air mineral atau yang lain. Saking malasnya mengantri dan menjaga agar antrian tidak diserobot dengan yang lain.

Kendala lainnya klo mo antri adalah waktu, kadang jarak dan macet yang tidak menentukan suka bikin keki sendiri. Ga mau kan sudah datang jauh -jauh ternyata no nya didapat no besar atau dokter yang kita mo konsul ternyata pas tidak bisa melayani.

Untuk mempermudah mengantri. BPJS Kesehatan sudah mempunyai sistem antrian elektronik sejak 2017 hanya  belum semuanya berintergrasi . Hingga 2019 pencapaian  rumah sakit yang menyediakan sistem antri elektronik mencapai hingga 80.36 % atau berjumlah 1.784 Rumah Sakit.

Melalui  aplikasi JKN KIS. para peserta JKN KIS bisa mendaftar tanpa harus datang langsung baru mendaftar. Setelah mendapatkan kode yang menjelaskan waktu dan urutan antrian.

Pasien tidak perlu datang pagi karena sudah tau no antrian dan waktunya. Adanya sistem antrian bikin tidak ada antrian menumpuk di rumah sakit.

Sayangnya ketika mo coba seperti apa sistem antrian diaplikasi Mobile JKN ternyata Fasilitas pertama saya tidak mendukung karena masih klinik pratama.

 

yang kedua : Ketersediaan Tempat Tidur Di Rumah Sakit

Sudah beberapa kali saya mendengar teman mempunyai kendala mengenai ketersediaan kamar ketika mengunakan JKN KIS.  Ketika kondisi sudah genting pihak rumah sakit masih saja menahan pasien masuk kamar , alasannya tidak ada kamar tapi setelah memutuskan pembayaran sendir bukan mengunakan JKN KIS tiba tiba bilang ada kamar.

Agak aneh juga , ujug ujung ada bikin bertanya “memang sebetulnya berapa kamar yang ada?” Dulu kita tidak bisa tau data yang ada . Sekarang dengan mudah kita bisa mecek datanya via aplikasi Mobile JKN.

Karena ingin tau fitur terbaru : Ketersediaan Tempat Tidur  di aplikasi saya pun mulai meklak klik hape. Setelah  itu muncullah seperti  gambar diatas,

Didata akan muncul nama-nama rumah sakit berserta alamatnya. nanti kita tinggal pilih rumah sakit yang kita tuju lalu klik akan muncul data-data seperti dikolom ketiga.

Contohya adalah Rumah Sakit Fatmawati melalui aplikasi kita bisa melihat total tempat tidur yang tersedia berdasarkan kelas dan juga keterangan waktu terakhir data diupdate.

Sayangnya ketika mencoba masih ada rumah sakit yang belum uptodate. Padahal menuru saya info ketersediaan tempat tidur menjadi penting jadi pasien bisa mempertimbagkan langkah selanjutnya selama di rumah sakit.

Ketiga. Kemudahan untuk perserta JKN KIS yang mempunyai penyakit Gagal Ginjal.

Jika sebelumya pasien gagal ginjal ketika mau mencuci darah mesti harus balik ke Faskes Tingkat Pertama. sekarang dengan fitur terbaru jika Faskes Rujukan Tingkat lanjut sudah memliki finger print pasien tidak perlu kembali ke FKTP ( Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama).

 

Adanya kemudahan diatas bisa mempermudah pasien gagal ginjal kronis karena sekarang tidak perlu repot mengurus surat rujukan dari faskes pertama yang harus diperpanjang tiap 3 bulan sekali.

Di era digital sekarang ini sudah saatnya memanfaatkan tekno untuk menngkatan pelayanan. dengan kemudahan dan transparasi .

Kemudahan di Mobile JKN membuat saya dan peserta JKN KIS bisa mendapatkan pelayanan . Buat Happy Friends yang belum download aplikasi Mobile JKN…Yuk download dari sekarang

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (8)

  • Yulia Rahmawati

    Sekarang semakin mudah ya untuk mengetahui kapasitas kamar di rumah Sakit. Prosedur pemeriksaan, pengobatan dan perawatan pun nggak ribet lagi kayaknya. Semoga kita semua sehat selalu, yang sakit disehatkan kembali. Amiiin

  • RachmanitaA

    Sekarang jadi lebih simple ya mau cek ketersediaan kamar gini sangat membantu sekali kalau memang di butuhkan mendadak gitu…

  • Melina Sekarsari

    Dulu waktu pertama mendaftar BPJS Kesehatan secara mandiri, aku sempat install tapi eh aku uninstall lagi. Padahal waktu itu belum sempat explore fitur-fiturnya JKN Mobile. Sekarang mau coa install lagi ah, supaya tahu fasilitas apa saja yang tersedia. Kalau ada perubahan, supaya bisa langsung dilakukan dari genggaman, kan?

    Saat ini sih, aku sedang ingin lakukan perubahan Faskes I karena yang sekarang antriannya selalu panjang.

  • Dani Ristyawati

    Wah baru tau kalau fitur Mobile JKN sudah banyak perubahan yang sangat keren…aku pun sudah lama donwnload Mobile JKN sejak lama karena alasan kepraktisan hehe jadi penasaran pengen tau fitur cek ketersediaan kamar

  • Mugniar

    Sistem antrian elektronik sejak 2017 hanya belum semuanya berintergrasi ya … semoga segera terintegrasi supaya maksimal pelayanannya

  • Nyi Penengah Dewanti

    ALhamdulillah kalo udah ada sistem beginian, jadi nggak perlu antri lama ya kak
    buat emak-emak macam aku yang harus ngurusin rumah dan mertua jadi terbantukan
    bisalangsung datang tanpa nugu antrian

  • ResiCute

    Penting banget ini tau kasihan kalau yg sakit dah menunggu lama tetapi tidak ada kmar ya. Yg ada malah tmbah sakit.
    Kerenlah JKN

  • Mutia Nurul Rahmah

    hooo gitu yaa, pantes pak papa saya kemari nsakit, kok ada ekjadian gini gimana datangnya? taunya seperti itu, makasih yaaa

Leave Comment