Buat Liburan Menyenangkan dan No Drama Ala Keluarga Surya

Buat Liburan Menyenangkan dan No Drama Ala Keluarga Surya

Libur telah tiba hore..hore.. Dengar kata liburan pasti bawaannya senang. Bisa sendiri atau bersama-sama teman/keluarga. Makin banyak yang ikut biasa makin rame.

Saat ini liburan sudah menjadi kebutuhan. apalagi sekarang banyaknya airline -airline low cost menawarkan harga yang sangat menarik tinggal dipilih mau ke dalam atau luar negeri.

Saya sendiri klo ditanya lebih suka dalam atau luar negeri? Saya pikir semua bagus dan ada plus dan minusnya. Ketika ke luar negeri saya bisa melihat kultur berbeda, musim yang beda untuk negara  untuk dibeberapa negara memang perlu dana lebih besar tapi ada juga negara-negara yang murah .

Ketika didalam negeri saya bisa mencintai Indonesia. Saking luasnya Indonesia kayanya ga cukup setahun untuk eksplor dari Sabang-Merauke. Kelebihan berkeliling Indonesia kita bisa mengetahui suku-suku, bahasa, makanan Indonesia yang beraneka ragam.

Minusnya adalah masih banyak jalur yang susah diakses dan memerlukan biaya lebih mahal. Bahkan harga tiket  transportasi udara bisa lebih mahal dari luar negeri mahal maka nya banyak orang ke luar negeri dibanding keliling Indonesia.

Web Series Keluarga Surya

Berlibur itu menyenangkan asal sebelumnya mempersiapkan dengan baik termasuk mengenai dana yang diperlukan jangan sampai ada drama sebelum liburan.

PT Sun Life Financial  sebagai perusahaan asuransi yang telah ada di Indonesia selama 23 tahun merasa penting terus berperang meningkatkan literasi keuangan di generasi muda dan keluarga muda.

Pas banget karena sekarang ini pertumbuhan keluarga muda sangat tinggi jadi perlu adanya edukasi buat generasi milenial.

Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang Sunlife Financial Indonesia  memberi edukasi kepada keluarga muda. Untuk mempermudah penyampaian maka dibuatlah Serial Sitkom Series   Keluarga Surya – keluarga muda dengan isu-isu soal keuangan yang mudah dicerna masyarakat.

Masyarakat juga mudah meaksesnya karena sitkomnya bisa dilihat di channel youtube Sunlife Indonesia. Karena pengen tau seperti apa videonya, saya pun langusng ke channel  Youtube Sunlife Indonesia. : SUN Life Financial ID.

Saya liat sudah ada beberapa episode Keluarga Surya. Dalam satu episode ada 4 orang, ada Ayah Surya, Ibu Mentari, 2 orang anak : Fajar dan Cahaya.

Ayah Surya diperankan oleh Edo Borne, Ibu Mentari Karina Nadila, Fajar diperankan oleh Bima Azriel , Cahaya diperankan oleh Sandrina Michelle .

Dari 4 sosok diatas yang membuat saya menarik adalah profesi ibu Mentari. Ternyata ibunya adalah blogger sama dong seperti saya he he

Tiap episodenya mempunyai pesannya sendiri-sendiri, Episode 1 tentang THR Habisin atau Tabungin, Episode 2 tentang Wakaf Cara Baru, Episode 3 mengenai Tantangan Piala Dunia. Tema-temanya pas banget dengan tren yang ada.

Yang menarik adalah episode ke 4 : Drama Liburan. Pas banget dengan suasana liburan sekarang. Mumpung anak-anak masih liburan. Banyak keluarga liburan bersama ke daerah favorit.

Paling pas memang sebelum liburan buat rencana dulu. Mau kemana  biaya berapa? jangan sampai seperti keluarga surya pas mo liburan malah drama he he
Diawal  video saja  percakapan bu Mentari dan pak Surya sudah ada perbedaan, anak-anak menambah riweh he he . kebetulan Pak Surya ada pekerjaan di Bali. Ibu dan anak-anak ingin liburan tapi dana terbatas…eng..ing.eng. Mulailah drama dimulai, Biar lebih afdol yuk ditonton videonya dibawah ini :

Tips Menyiapkan Budget Liburan :
Trus biasanya Hanni sendiri menyiapkan budget liburan seperti apa? Buat Happy Friends sedikit tips dalam keseharian saya mempersiapkan dana perjalanan.
1., Tentukan Lokasi,
Biasa sebelum bepergian saya tentukan dulu tujuannya, mau pergi kemana? Dan rencana mo berapa hari . Lalu dipilih media transportasinya apakah bisa mengunakan kereta, bus atau memang harus pesawat terbang.
2. Lama Liburan.
3. Cek harga promo
setelah itu mulailah saya mencari harga promo, mulai deh ubek-ubel secara langsung beberapa web online yang menyediakan jasa tiket.  Kita catat untuk perkiraan ,
4. Objek wisatanya
Mau ke objek wisata yang berbayar  atau gratis, Saya bisa cek tanya ke mbah Google atau membaca review dari teman-teman yang sebelumnya pernah pergi.
5. Mempersiapkan dana lainnya
Kadang ditengah perjalanan ada aja pengeluaran dadakan, antara laper mata akhirnya banyak belanja, perlu biaya untuk transportasi, untuk oleh-oleh dll.
Setelah terkumpul jumlah dana. Kita bisa mengira-ngira dana yang harus dipersiapkan. Misalkan Rp. 3.000.000 . Tahap berikutnya mempersiapkan  dana tersebut . Kita bisa memilih instrumen investasi seperti logam mulia, deposito, tabungan, logam mulia, tabungan sederhana dengan toples dirumah juga bisa.
Untuk uang recehan saya mempersiapkan toples plastik untuk uang 20 ribu jadi setiap ada uang 20ribu didalam dompet saya masukkan ke toples.
Dikit sedikit lama-lama jadi banyak
Dikit sedikit lama-lama jadi banyak
Nanti setelah terkumpul banyak bisa dimasukan kedalam tabungan di bank atau masukan ke investasi lainnya. Pelan-pelan dana dipersiapkan sampai tanggal keberangkatan.
Buat investasi saya banyak belajar salah satunya ya dari Sitkom Keluarga Surya ini, walau video serial tapi ilmu dan maknanya dalam karena  pas buat keseharian.
Selain di Youtube, Sun Life Indonesia juga banyak berbagi ilmu mengenai perencanaan keuangan dan investasi di web : sunlife.co.id dan sosial media  fanspage Facebook dan twitter
Semoga dengan ilmu yang kita dapat bisa menambah skill untuk berinvestasi dan juga berliburan tanpa drama 🙂

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (23)

  • ariefpokto

    Ide nabung bagus tuh. Biar anak2 juga paham kalau mau Liburan harus kumpulin uang dulu

  • Inna Riana

    makasi dah ngingetin lagi buat nabung 20 ribuan. dulu udah jalan tp pake 5 ribuan dan kebobolan mulu, haha. kudu konsisten yak nabungnya. mudah2an bisa dapet nabung banyak dan dipake liburan… aamiin

  • Okti Li

    Edisi Drama Liburan blm lihat. Penasaran ah… Tapi sayang ini kuota lagi mengap-mengap. Sinyal buruk juga. Semoga segera membaik dan bisa segera pula nonton serial Keluarga Surya nya…

  • Mardiah

    nabung sebelum liburan kayanya saya banget itu hihi, kalo untuk jalan sendiri sih saya sering. tapi sama keluarga jarang banget, kayanya perlu nih perencanaan kaya gini biar gak jadi wacana forever.

  • adi pradana

    Saya nabungnya 5 ribuan pake bekas botol air minum mineral 1500l di kantor. Tapi tiap awal bulan saya dudah untuk makan di kantor sebulan…. hehehehe

  • Lia Lathifa

    Nah iya, sebelum kantong jebol buat liburan, lebih baik cek promo-promo tiket dulu, lumayan kan kalo afa potongan harga hehe. Keluarga Surya ini mantap ceritanya ya

  • Ira Dunia Biza

    Untuk hal hal yang baik anak harus selalu dibiasakan ya Mba… jadinya akan jadi bekal untuk perjalanannya kelak… suka dengan ceritanya…

  • Istiana Sutanti

    Kalau aku biasanya nyisihin tiap bulan mbak emang.. Walau lebih sering pakai uang bonus sih, hehehe.. Jadi emang bonus tahunan buat jalan2 sebagiannya

  • ZILQIAH

    wah boleh juga dicoba ini tiap ada duit 20 ribuan , ditabung
    5 lembar udah 100rb ya lumayan
    ahhhh aku suka kurang konsisten kalo nabung2 toplesan atau celengan gitu
    suka disambet diri sendiri huhuhgff

  • Nia K. Haryanto

    Suka deh Sama keluarga Surya ini. Menghibur sekaligus mengedukasi tanpa menggurui. Aku sering diingatkan di tiap episodenya.

  • Anis Khoir

    Bisa ditiru ide nabung keluarga surya dan buat keluarga juga. Senangkan bisa liburan rame2 bareng keluarga besar

  • April Hamsa

    Aku nabung 20 ribuan tapi bukan buat traveling, buat yang lain hehe.
    Saat ini traveling msh bisa tipis2, paling melipir deket2 Jkt aja, piknik murce2.
    Pengen nabung jg eui spy bisa mnyembangi destinasi yg lbh jauh bersama keluarga TFS 😀

  • Ovianty

    Pengen liburan, tapi suami suka manyun kalau ngomongin liburan. Biasalah, uangnya itu lho jadi masalah hehe.. Jadi pengen liburan kemana ya, tapi harus nabung dulu nih kayaknya

  • Elva Susanti

    Setuju bnget deh dengan kata “sedikit sedikit menjadi bukit”
    Intinya menabung itu rutin meskipun hanya sedikit. Ntar lama2 bakalan jadi banyak

  • Milda Ini

    Liburan kali ini kami hanya mencoba ke bagian Bengkulu selatan sekitar dua jam dari rumah. Tapi dalam waktu singkat begitu. Persiapannya juga berhari sebelumnya. Maklum bawa anak2. Tapi meski rempong. Anak senang dan semua enjoy

  • Adriana Dian

    waaah aku juga udah nntn nih webseries keluarga surya, lumayan jadi bisa belajar keuangan dikit dikit.. me-manage keuangan keluarga itu emang susah susah gampang sih yaaa.. heheee

  • Rani Yulianty

    Wah seru nih keluarga Surya, liburannya bisa jadi acuan saya sekeluarga, jadi pengen nonton terus keriuhan keluarga surya selanjutnya

  • Rani Yulianty

    Seru banget nyimak liburan keluarga surya, bisa jadi acuan saya dan keluarga berlibur, liburan asyik nih

  • Sara Neyrhiza

    saya senang dengan pilihan nama untuk tokoh dikeluarga surya ini..

    btw, belum pernah lihat seriesnya nih..

  • Tukang Jalan Jajan

    Literasi dengan cara mencontohkan lewat keluarga surya membuat kita belajar dengan cara yang menyenangkan dan pasti lebih cepat paham. tinggal bagaimana kemauan kita mempraktekkannya

  • Eni Martini

    Sitkom keluarga surya ini komikal, singat tapi ngena ya. Ada pesan cerdas financial sih klo yang kutangkap

  • Abby Onety

    Makasih ya tips untuk liburannya. Sukaaa….
    Soal nabung, ini penting bangat buat nyuksesin rencana liburan. Dengan anajemen yang bagus insya allah bisa menyukseskan semua rencana. Seperti manajement keluarga Surya….

  • Donna Imelda

    wah tipsnya keren, bagus tuh untuk dipraktekan supaya liburan gak pake drama ya gak seh hahahaha

Leave Comment