Berbagilah ! Raih Manfaatnya Saat Ini Dan Nanti

Berbagilah ! Raih Manfaatnya Saat Ini Dan Nanti

Alhamdulillah dalam hitungan bulan lagi umat muslim memasuki bulan suci Ramadhan. bulan dimana banyak berkah  biasa  selain melalukan ibadah utama banyak muslim melakukan berbagi,

Betapa pentingnya berbagi bukan hanya untuk pemberi tapi juga penerima , Dompet Dhuafa mengingatkan orang-orang untuk berbagi melalui campaign #JanganTakutBerbagi. Melalui kampanye ini masyarakat luas bisa melakukan kegiatan baik ini, Kita bisa liat ketika menjelang buka puasa banyak orang memberi takjil.

Diatas salah satu cara untuk berbagi, tapi klo tidak ada uang bagaimana Han? Buat saya berbagi itu tidak perlu dengan uang, kita bisa berbagi dengan keahlian, barang  atau apa saja yang kita punya. Lakukan saja kegiatan berbagi ini,

Tanggal 21 maret 2019, saya berkesempatan untuk melihat langsung apa arti  itu berbagi dan dashyatnya manfaat dari berbagi dan pahalanya bisa berlanjut walau pemberinya sudah meninggal. Ditempat saya bisa melihat langsung seperti apayang dilakukan oleh Alm. Prof. Drs. Amir Radjab Batubara ketika masih hidup hingga sekarang membawa manfaat untuk kaum dhuafa.

Berbagilah ! Raih Manfaatnya Saat Ini Dan Nanti
Berbagilah ! Raih Manfaatnya Saat Ini Dan Nanti

Berawal dari kebiasan beliau meluangkan waktu mengajar di weekend untuk anak-anak yatim/dhuafa dirumahnya  dan ketika beliau mempunyai lahan dan gedung di Karawaci Pak Amir mewakafkannya melalui keluarga ke Dompet Dhuafa.

INSTITUT KEMANDIRIAN DOMPET DHUAFA

Karena berkesempatan hadir di acara Jangan Takut Berbagi khirnya saya jadi tau sejarah berdirinya Institut Kemandirian Dompet Dhuafa. Dulu sebelumnya saya sudah pernah datang ke tempat ini tapi saya lupa nama kegiatannya. Yang saya ingat ketika datang kesan pertama  betapa pedulinya Dompet Dhuafa terhadap orang-orang dhuafa.

Sekarang saya jadi tau dan makin terkesima mendengarkan apa yang dijelaskan oleh pembicara pertama Yuli Pujihardi, Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa dan ibu Etika Setiawanti -GM Marketing Komunikasi Dompet Dhuafa.

Saya juga bisa melihat dan mendengar langsung dari para alumni Institut Kemandirian Dompet Dhuafa dan juga alumni pertamanya ..wow..  Hadir di acara Ustad Syahroni salah satu Anak asuh dari Alm. Bapak Amir Batubara,

Hingga saat ini beliau merasakan manfaat setelah mendapat pelatihan di Insittut Kemandirian Dompet Dhuafa mulai dari kuliah hingga setelah kuliah.

Agar lebih tau mengenai Institut Kemandiran Dompet Dhuafa saya dan teman-teman diberi kesempatan untuk berkeliling ketempat para peserta didik mendapat pelatihan. Sejak berdiri Institut Kemandirian  pada tanggal 23 Mei 2005 oleh Dompet Dhuafa telah menghasilkan lulusan ribuan orang. Harapannya dengan ada pelatihan ini membantu mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan melalui pelatihan :

Pelatihan Ketrampilan Otomotif
Pelatihan Ketrampilan Elektronik
Fashion & Design
Kewirausahaan & Wiraniaga
Salon Kecantikan Muslim
Pelatihan Ketrampilan IT
Catering & Memasak
Pelatihan Ketrampilan Mengemudi

 

Apakah pelatihannya berbayar? Ga…pelatihannya GRATIS.  Persyaratannya pun mudah : Muslim/muslimah berusia 18-45 tahun, dhuafa , tidak sedang sekolah, pengangguran.  Lama training bisa disesuaikan dengan program yang dipilih paling cepat 1 bulan paling lama 3 bulan.

Saya juga berkesempatan untuk berbicara dengan salah satu peserta pelatihan menjahit. Melihat dia bercerita betapa senangnya bisa mengikuti pelatihan dan kedepan ingin mempunyai brands sendiri membuat saya takjub. Semoga apa yang dicita-citakan terwujud.

Informasi mengenai Insitut Kemandirian Dompet Dhuafa, Happy friends bisa hubungi kontak dibawah ini :

Alamat: Gedung Wardah, Jl. Zaitun Raya, Komp. Perum Villa Ilhami / Islamic Village, Karawaci Tangerang Telp. (021) 5463118 Fax. (021) 5463118?

Website: institutkemandirian.org

Twitter: @IKDompetDhuafa

Facebook: Institut Kemandirian

 

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (17)

  • Febrian Ammar

    Bulan suci yang sangat dinanti, semoga tahun ini bisa pulang kampung lagi hehe 🙂

  • Nova Violita

    Dompet Dhuafa sudah memiliki ribuan lulusan…itu keren banget..

    Tak sekedar diberi semacam sumbangan..tapi pelatihan ..dan diberi keahlian adalah sumbangan seumur hidup. Karena dengan itu mereka bisa mencari nafkah secara halal..

  • Sigit Agustina

    Mantap, semoga semakin banyak program-program pemberdayaan seperti ini. Kalau dilatih sesuai potensi keterampilan masing-masing rasanya lebih berguna daripada memberikan modal sembarangan.

  • Dikki Cantona Putra

    bener sekali mas sebentar lagi sudah memasuki bulan puasa dan saatnya kita berbuat kebaikan salah satunya adalah berbagi kebahagiaan kesesama seperti yang dompet dhuafa lakukan ya mba. Berbagi ilmu keterampilan kepada kaum dhuafa supaya kelak kedepannya bisa mendapatkan uang sendiri dari latihan keterampilan oleh dompet dhuafa

  • unggulcenter

    Salut dengan konsistensi dompet dhuafa dan maju terus dengan berkolaborasi dengan banyak pihak. Semoga semakin dan tetap amanah.

  • Annafi

    Program dari dompet dhuafa beragam ya mba, dan berguna untuk kemajuan ekonomi masyarakat. Mantap Dompet dhuafa!

  • Tukang Jalan Jajan

    Banyak cara orang untuk berbagi. Salah satunya adalah dengan membangun pusat pelatihan. Saya yakin ini pasti sangat berguna untuk anak anak yang ingin mandiri dan berdaya. Pasti sangat bermanfaat untuk bekal mereka kelak

  • Okti Li

    Daripada kasih uang langsung ke dhuafa memang lebih baik kasih keterampilan ya. Ibarat pepatah jangan kasih ikan tapi kasih alat pancingnya.

    Semoga apa yang sudah kita infaq dan shodaqoh kan mendapat pahala Allah SWT amin…

  • Rani Yulianty

    Berbagi bisa setiap saat ya dan bisa dilakukan siapa saja, semoga bisa meniru Pak Amir Radjab Batubara bisa berbagi, dan untungnya sekarang sudah ada wadahnya di Dompet Dhuafa

  • Maliha

    Salut dengan apresiasi dari programnya yang dilakukan Dompet Dhuafa untuk memperbekal ilmu keahlian untuk kaum duafa untuk bisa kerja ditengah masyarakat

  • Melysa Luthiasari

    Aku kagum dengan adanya program institut kemandirian dri dompet dhuafa ini. Jadi buat para kaum dhuafa juga sekarang bisa merasakan yg namanya sekolah kejuruan atau semacam kursus gitu yah.

  • aan

    sebagai anggota ICMI , organisasi yg turut lahirkan republika, kini punya cucu yakni dompet dhuafa, saya turut senang akan pencapaian DD

  • Tati Hidayat

    Salut nih sama donpet dhuafa donasi dari para donatur benar-benar disalurkan dengan baik

  • April Hamsa

    Keren banget ya ada pelatihan kyk gini dari lembaga filantropi. InsyaAllah berkah buat yang mewakafkan fasilitas2 itu 😀
    Semoga lulusan sana semua bisa jd mandiri dan berdayaguna untuk masyarakat.

  • aan

    inspiratif jejak2 pak Amir Radjab Batubara

  • TIAN LUSTIANA

    Pelatihannya keren yah, semoga bisa menyebar ke daerah – daerah lainnya

  • Afrilentin

    Bagus banget program dompet dhuafa ini,luar biada sudah membantu menghasilkan ribuan lulusan yg insyaAllah kehlian dari pelatihannya dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari hari supaya bisa mendapat atau bahkan memciptakan lap pekerjaan sendiri

Leave Comment