3 Upaya Yang Bisa Dilakukan Untuk Melestarikan Air

3 Upaya Yang Bisa Dilakukan Untuk Melestarikan Air

Sekarang ini cuaca tidak menentu di pagi hari dan siang cuaca terik sekali nanti sorenya hujan. Klo sudah hujan deras jangan sampai bikin derasnya hujan bikin banjir dimana-mana. Jadi hujan itu membawa berkah atau musibah? Menurut saya hujan itu berkah mengenai dampak hujan ada musibah kita harus intropeksi lagi. Apakah selama ini sudah peduli dengan lingkungan sekitarnya dan melakukan pelestarian air?

Di acara Bincang Air Danone – AQUA saya mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai pelestarian air.  Saya dan teman-teman mengunjungi tempat-tempat yang bisa dicontoh dilingkungan agar bisa melestarikan air secara alami.

Acara Bincang Air diselenggarakan tanggal 22 Maret 2018 bertepatan dengan hari air sedunia. Sesuai dengan tema 2018 : Nature of Water. Saatnya kita peduli dengan air . Diawal acara pak Arif Mujahidin – Corporate Communications Director Danone membuka acara dengan  mengingatkan  pentingnya pengelolaan air berdasarkan lingkungan. Lingkungan baik akan menghasilkan air yang baik. Hal ini juga diterapkan di negara lain sehingga banjir bisa diatasi, masalah air yang kering akhirnya bisa diselesaikan.

Pak Arif Memberikan Sambutan
Pak Arif Memberikan Sambutan

Jadi bersyukurlah penduduk yang tinggal di Indonesia karena  dengan mudah mengkonsumsi air. Danone – AQUA sebagai brand equity yang peduli kepada pelestarian alam mempunyai beberapa  project yang dilakukan untuk mengkonservasi air.

Setelah acara, saya dan teman-teman akan mengunjungi project ini . Asyikny  bisa melihat langsung jadi bisa menginpirasi saya dan yang lain. karena pengelolaan sumber air bukan hanya peran satu pihak tapi semua orang untuk benkontribusi terhadap kelangsungan air.

Pak Karyanto di acara bincang Aqua
Pak Karyanto di acara bincang Aqua

Lalu Pak Karyanto Wibowo- Suistanable Development Director Danone Indonesia berujar ” dengan datang ke pabrik Aqua di hari air . Saya dan teman-teman bisa meningkatkan kesadaran pentingnya air dan cara mengelolanya karena bumi 70 % adalah air, 3 %  dari 70 % air adalah air tawar lainnya air laut, sebagian besar ada di glacier, diantartika.

Sesuai dengan komitmen Danone-AQUA untuk peduli terhadap alam beberapa hal yang dilakukan untuk pelestarian air  dengan menjaga konservasi air. ketika 2/3 hutan rusak, kita buat penghijaun. dengan p[rgram konservasi teknis seperti  membuar sumur resapan, biopori, water pond.

 

Taman Aqua Sukabumi
Taman Aqua Sukabumi

Dengan membuat ekosistem air yang baik bisa menciptakan lapangan kerja , pemancingan ,sumber wisata dengan merawat air dan keberlangsungan air. Beberapa cara yang bisa dipraktekan untuk konservasi air alami :

  1. Water Pond
Waterpond Di Sukabumi
Waterpond Di Sukabumi

Water pond  : adalah satu teknik konservasi tanah yang berfungsi untuk meningkatkan resapan air kedalam tanah dengan mengalirkan atau mengarahkan aliran air yang kontinyu kemudian menampungnya pada kolam resapan.

 

2. Sumur resapan air

Sumur Resapan
Sumur Resapan

Sumur resapan berfungsi untuk menampung limpahan air di permukaan tanah dan kemudian meresapkannya secara perlahan kedalaam tanah yang ada disekitarnya.

3. PAH

Penampungan air hujan mengubah air hujan yang kotor menjadi air yang bersih dan bisa digunakan. Setelah air hujan masuk kedalam talang di  10 menit pertama, air akan keatas air difilter dengan toren. Hasilnya air lebih bersih sebelumnya.

3 hal diatas bisa dipraktekan kesekitar lingkungan tempat tinggal. Nah klo belum bisa melakukan 3 hal diatas bisa melakukan yang lain seperti :

  • Mengunakan air secukupnya
  • Mematikan air kran disaat mengosok
  • Mengunakan kembali air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman
  • Membuat biopori dirumah

Baca juga : http://www.hannihandayani.com/2017/05/cara-membuat-lubang-biopori-mudah-dan-sederhana-di-rumah.html

Yuk kita mulai melakukan pelestarian air mulai dari sendiri, lingkungan sekitar hingga meluas menjadi satu daerah. Hal kecil apapun bisa sangat berguna untuk melestarikan air.

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (2)

  • Tati Suherman

    Yuk sama-sama jaga kelestarian air yang kita punya

  • Nurul dwi larasati

    Kalau buat di rumah bisa buat biopori dulu ya. Minimal punya cadangan air dalam tanah.

Leave Comment