25 Tahun Perjalan Dompet Dhuafa Memberdayakan Dhuafa

25 Tahun Perjalan Dompet Dhuafa Memberdayakan Dhuafa

Kemiskinan adalah pangkal dari masalah sosial di indonesia , banyak kegiatan yang tidak baik dilakukan karena kemiskinan, kenapa tidak sekolah ? karena tidak ada biaya. kenapa melakukan kejahatan? salah satunya alasan juga karena kemiskinan. Oleh karena itu pemerintah berusaha untuk mengetaskan kemiskinan. Beberapa program sudah dilaksakanan tapi apakah kemiskinan ini hanya tugas pemerintah saja?

Dompet Dhuafa sebagai lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang bergerak dibidang sosial kemanusian dengan membangun sumber daya lokal untuk mengentaskan kemiskinan. Selama 25 tahun ini sudah banyak program dilaksanakan untuk memperdaya perekonomian dhuafa.

Di acara Public Expose 2018, tanggal 30 Januari 2018 yang lalu bertempat di Gado Gado Boplo Menteng.  Dompet Dhuafa memaparkan program-program yang telah dilaksanakan 25 tahun terakhir. Hasil-hasil dari program yang telah dilaksanakan. Kedepan diharapkan makin banyak dhuafa yang bisa 3M ( Mustahik Move To Muzakki) jika dulu dhuafa sebagai orang yang menerima zakat sekarang sudah berubah menjadi orang yang memberikan zakat.

Hadir sebagai narasumber drg. Imam Rullyawan, MARS Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Bapak Iwan Ridwan Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise, Bapak Fadil, Pendamping Program Dompet Dhuafa di Mojokerto, Bapak Mukhlis – Direktur PT Pachira Group, pengusaha dan pakar agroindustri

Bapak Yudha terlebih dahulu memaparkan mengenai Dompet Dhuafa. Sejak berdirinya di bulan Juli 1993 Dompet Dhuafa hingga saat ini tidak terasa sudah 25 tahun. 25 tahun bukanlah perjalaanan pendek. Diusia ke 25 tahun Dompet Dhuafa memperbaiki ekonomi dhuafa.

“Kita ingin berharap bisa meneruskan di 25 tahun kedua ,25 tahun ketiga, 25 tahun kempat hingga akhir jaman” Ujar Pak Yudha

Lanjut Pak Imam menjelaskan program-program Dompet Dhuafa. Sekarang ini Dompet Dhuafa memiliki 17 cabang dan perwakilan didalam dan luar negeri. Pemberian bantuan juga tidak dibedakan suku, ras, gender dan agama. Manajemen Dompet Dhuafa indepenen karena terpisah dengan Republika . Indepensi faktor kunci kepercayaan publik.

Dompet Dhuafa yang berkhidmat memberdayakan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya ( tidak hanya kesenian tapi budaya bercocok tanam itu menjadi modal dasar dalam rangka pemberdayaan dalam pendekatan budaya.

Setiap dana yang terkumpul digunakan kemana saja? Di tahun 2017 penyaluran  meliputi kesehatan 35 %, pendidikan 12 %, ekonomi 9 %, sosial 10 %, sosialisasi 7 %, THK 10 %, lain-lain 7 %, operasional 10 %

Sinergi Pengentasan Kemiskinan Dompet Dhuafa
Sinergi Pengentasan Kemiskinan Dompet Dhuafa

Dalam mengentasan kemiskinan Dompet Dhuafa sinergi melalui program Dompet Dhuafa Filantriopi dan Dompet Dhuafa Social Entreprise. Misi Bisnis DDSE  adalahPenguatan dan pengembangan Dompet Dhuafa Social Enterprise yang profesional menuju kemandirian usaha dalam rangka meningkatkan nilai-nilai sosial dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan prinsip-prinsip coorporate

Melalui enterprice : wirausaha sosial jangan sampai dhuafa yg sudah kemampuan untuk jangan sampai jatuh miskin, ini peran sosial enterprise ada dana zakat,wakaf ,csr.

Program Dompet Dhuafa juga mempunyai 5 Pilar :

1. Pendidikan

Dibidang Pendidikan Dompet Dhuafa dengan School of Refugees , Instunsi Manajemen Zakat, SMART Ekselensia , Sekolah Guru Indonesia, Pusat Belajar Anti Korupsi , Komunitas Filontropi.

2. Kesehatan

RS RST, 52 Pos sehat, 2 unit ambulance terapung, RS AKA Medika Sri Bawono Lampung Timur, RS Lancang Kuning, RS Mata serang, 18 Gerai Sehat LKC

3. Ekonomi

Daya Mart, De Fresh, Pertanian Sehat Indonesia, Kampung Ternak Nusantara, Karya Masyarakat Mandiri, Institute Kemandirian, Social Entrepeneur Academy, Kampung Wisata Lampung Zona Madina

4. Sosial

Distater Management,Pemulasaran Jenazah, Kajian Kebijakan Publik, Lembaga Pelayanan Masyarakat, Semesta Hijau

5. Dakwah

Corps Dai Dompet Dhuafa

Saatnyaa bergabung dalam Gerakan Sejuta Wakaf

Gerakan Sejuta Wakaf diresmikan bulan Desember 2017, Wakaf mempunyai potensi yang sangat besar di Indonesa. selama ini saya hanya tau wakaf itu hanya tanah atau bangunan, ternyata uang yang kita punya juga bisa, ga perlu jumlah yang banyak dan jika terkumpul bisa membuat pertumbuhan ekonomian masyarakat banyak. Ketika kita berwakaf uang dana yang terhimpun bisa dikelola menjadi aset produktif melalui program-program dompet dhuafa.

Contohnya dibidang kesehatan, Dompet Dhuafa mengelola hospital berbasis wakaf seperti Rumah Sehat terpadu (RST)  Di Parung, Jawa barat. uang bisa dipergunakan rumah sakit dibidang kesehatan, pendidikan untuk membangun sekolah, dan membangun pabrik industri pengolaan buah dan sayur atau infrastruktur seperti jembatan.

Seperti sebelumnya kita berwakaf tidak perlu dalam jumlah besar, dimulai dari yang kecil dulu.  Kita bisa berwakaf di Dompet Dhuafa mulai dari 10 ribu perbulan jadi terjangkau, Berwakaf tidak menunggu menjadi kaya terlebih dahulu, apalagi nunggu uang banyak, semakin banyak mengajak masyarakat untuk mendukung sejuta wakaf karena  membantu sesama Hidup lebih Berkah. Yuk kita mulai berwakaf, Happy Friend bisa langsung mengunjungi mengkotnak Dompet Dhuafa terdekat.

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (21)

  • Amallia Sarah

    Bangga banget ya mba punya lembaga seperti dompet dhuafa ini

  • mpo ratne

    DD komiten yang kuat membesarkan DD. Kiprah 25 tahun panjang dan lama. Met anniversary

  • miss dapur

    Tidak mudah mendapatkan kepercayaan masyarakat dalam memegang amanat yang di berikan oleh rakyat

  • Sadewi

    25tahun bukan waktu yang sebentar, semoga DD makin membentang kebaikan untuk semua yah mba

  • Sadewi

    25tahun bukan waktu yang sebentar, semoga DD makin membentang kebaikan untuk semua yah mba

  • Nurul Sufitri

    Dompet Dhuafa menjadikan si oenerima berproaes menjadi.pemberi ya mbak Hanni. Banyak kegiatan bernagi sesama meskipun si penerima bukan muslim. Ada sekian ribu relawan ke.negara lain itu membanggakan. Ada pilar2 DD yg mesti direalisasikan spy nantinya masyarakat tdk.mampu bisa lbh kuat dan sejahtera aamiin.

  • Tina Sindi

    Programnya keren² ya….semoga program DD menjadi inspirasi dan contoh buat yg lainnya dalam membantu yg kurang mampu

  • Siti Nurjanah

    Sinergi, semangat dan kontribusinya sebagai lembaga sosial telah memberikan banyak manfaat bagi yg membutuhkan. Perjalanan setengah abad juga sebagai ukuran konsistensinya

  • Tetty Hermawati

    Keren dompet dhuafa, moga makin sukses semua programnya.

  • Hellofika

    Aku pernah jadi penerima manfaat program DD, 17 tahun lalu. Beasiswa anugrah Dan beasiswa etos pas kuliah. Alhamdulillah dd manfaatnya nyata

  • hida

    Semoga Dmpet Dhuafa lebih banyak lagi memberi manfaat ke para Dhuafa ya dan memberdayakan mereka hingga menjadi naik kelas dari Mustahik Move to Muzakki.

    • Hanni Handayani

      Yup mba, jadi makin banyak dhuafa perekonomiannya meningkat

  • Leyla

    Dompet Dhuafa luar biasa ya. Semoga semakin bertambah lagi kiprahnya di Indonesia.

    • Hanni Handayani

      Amin, agar bisa memberi membantu kaum dhuafa di Indonesia dan luar Indonesia

  • Nurul dwi larasati

    Terjangkau sekali berwakaf mulai dari 10 ribu/bulan. Memudahkan tiap orang yang mau beramal lewat dompert dhuafa.

    • Hanni Handayani

      Betul mba, jadi mempermudah orang untuk berwakaf

  • April Hamsa

    Penasaran detail cara berwakaf dengan minimal 10 ribunya mbak. Cari infonya dmn ya? DI webnya ada?

  • gita siwi

    Program2nya yang selalu buat kemaslahatan umat patut diberi apresiasi luar biasa. Selamat ya DD terus berdayakan negeri

  • Eni Martini

    Jadi inget tadi ke mini market beberapa prodak ada tulisan : sekian persen didonasikan ke DD

  • Maria Soraya

    tau Dompet Dhuafa jamannya aku PKL di republika, makin kesini makin keren ya program2nya

  • Dita Indrihapsari

    Keren motto 3M-nya Mustahiq Move to Muzzaki.. 🙂 Aku pernah lihat mba rumah sakitnya yang di Parung itu. Selalu salut sama DD dengan program-programnya..

Leave Comment