Mengenal Lebih Dekat Pengadaan Barang/jasa Pemerintah Di Temu Nasional Pengadaan 2017

Mengenal Lebih Dekat Pengadaan Barang/jasa Pemerintah Di Temu Nasional Pengadaan 2017

Pengadaan barang atau jasa merupakan salah satu bagian dari manajemen rantai suplly, tapi dalam pelaksanaannya seakan menjadi suatu hal yg unik. Tahukah sebenarnya pengadaan dan supply merupakan satu kesatuan yg utuh. Buat sebagian orang termasuk saya Pusat Pengkajian Penggadaan Indonesia masih belum familiar termasuk saya he he

Perubahan undang-undang tentang pengadaan barang.jasa pemerintah membuat perubahan paradigma selama ini dan seiring perubahan digital juga membuat perubahan di pengadaan barang atau jasa juga. Diacara temu nasional pengadaan 2017 tanggal 30 November – 1 Desember 2017 yang lalu di Hotel Media Tower Jakarta.

Temu tahunan ini dihadiri  kurang lebih berjumlah 200 peserta yang saya lihat berasal dari seluruh wilayah Indonesia. dengan profesi mulai dari pemeratur pemerintah pelaksanaan pengadaan swasta, pers, lembaga swadaya masyakat dan swasta. Tema acara tahun 2017 adalah : “Peluang dan tantangan pengadan barang/jasa pemerintah serta jasa konstruksi di Indonesia”.

Menurut saya acaranya lumayan padat, mulai dari pagi hari hingga sore hari,  dalam satu hari terdiri dari beberapa sesi diskusi panel. Saya sendiri memilih hadir di hari pertama saat sesi diskusi panel I dengan tema : arah kebijakan pengembangan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Hadir sebagai narasumber Dr. Ir Syarif Burhanuddin, M.Eng  ( Direktur Jenderal Bina Konstruksi PUPR, ) dan Dr.Ir.Agus Prabowo, M.Eng (Kepala Lembaga Kebijakan Pengadan Barang Jasa)  yang dimoderatori  oleh Khalid Mustafa (Ketua Umum Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia )

Didiskusi panel ini saya bisa mengetahui perkembangan terkini dari pengadaan barang/jasa. Mekanisme yang baik dan benar harus ditegakan, jangan sampai ada yg merekayasa atau mempermainkan aturan dlm pengadaan barang dan jasa.

Pak Agus Prabowo juga memberi tahu tantangan ke depannya adalah bagaimana merubah atau menyesuaikan anggaran dgn rezim nantinya.  Untuk menghasilkan proyek berkualitas, maka harus dimulai dari mekanisme yangg baik, tidak ada permainan dan manipulasi sejak awal.

Perubahan digital juga mempengaruhi pengadaan barang/jasa, sekarang serba online ga heran ada ada katalog-katalog online. “E purshasing belanja langsung secara elecktronik. nasional ada e catalog nasional, e catalog daerah , ecatalog sektor dan online shop ” Ujar Pak Agus Prabowo . Sampai saat ini sudah ada 100.000 itemnya, kedepan akan banyak lagi

Mengenal lebih dekat P3I

Nah buat Happy friends yang belum mengetahui P3I adalah lembaga yang berorientasi melakukan studi dan pengkajian terhadap aturan pelaksaan pengadan di Indonesia. Melalui P3I diharapkan menjadi lembaga pengkajian Dan studi pengadaan barang dan jasa yg Andal, terpercaya, Dan sebagai referensi nasional dan internasional

P3I berdiri bertepatan dengan lahirnya pancasila,1 juli 2012 yang didirkan oleh 18 orang. Beberapa pendiri mempunyai sertifikat pengadaan barang dan jasa pemerintah yg bernaung di bawah bimbingan LKPP (lembaga kebukalah pengadaan barang/jasa pemerintah).

Datang keacara ini menambah ilmu lagi karena selama ini hanya tau dari luar. Disaat diskusi panel dan acara tanya jawab para perserta bisa mengeluarkan pendapat, uneg-uneg, saran untuk kemajuan pengadaan barang/jasa. klo selama ini kita hanya mengenal merencanakan dan pelaksanaan namun saat ini sudah semestinya pelayanan management termasuk bagi pengdaan barang/jasa dan klo ada permasalahan dalam proses Profesionalisme harus menjadi pegangan buat kita semua dalam melaksanakan setiap pekerjaan , kita bisa menyurati LKPP atau meminta bantuan P3I. semoga kedepan pengadaan barang/jasa di Indonesia terus membaik.

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (24)

  • Nurulrahma

    Makin banyak wawasan dan ilmu lewat acara ini yaaa

  • dewi puspa

    Sepertinya sekarang lebih transparan ya untuk pengadaan dengan adanya LPSE

  • Liswanti

    Materinya cakep neh. Semoga pengadaan barang/jasa semakin baik ya

  • Agung Han

    Saya pernah punya kerjaan, berkaitan dg pengadaan barang dan jasa, musti super teliti

  • Kania safitri

    Iya penting banget pengadaan barang dan jasa di Indoensai agar lebih baik lagi.

  • Marga

    Keren euy, jarang-jarang ya ada yang bahas gini, padahal cukup penting materinya. Thanks for sharing 😀

  • Jun Joe Winanto

    Mesti hati-hati ini di pengadaan barang, lahan basah. Salah lagnkah, hotel prodeo nunggu.

  • zata

    makin transparan ya sekarang, salut deh…

  • ivonie

    Dengan adanya lembaga ini, semoga kedepan makin baik lagi ya mengenai pengadaan barang maupun jasa, secara perlu kehati-hatian juga.

  • Dede Ariyanto

    Pengadaan barang memang penting banget yah terutama proses atau pas lelang proyeknya harus ketat diawasi biar jauh dari praktik korupsi. Maju terus Indonesiaku.

  • unggulcenter

    yes semoga pengadaan barang dan kasa kian transparan dan dapat diawasi semua pihak

  • Siti Nurjanah

    Dg perkembangan digital, segala informasi terkait pengadaan barang/jasa, semakin mudah diakses dgn penyampaian melalui katalog-katalog online

  • windhu

    Pengadaan barang dan jasa memang membutuhkan ketelitian, Tks infonya

  • Andri Mastiyanto

    Daku pernah di Unit Layanan Pengadaan dulu tahun 2011. Tapi saat ini dengan adanya LPSE pengadaan jadi lebih transparan

  • Reh Atemalem

    Semoga transparansi bukan cuma omongan doang ya.

  • Reh Atemalem

    Semoga transparansi bukan cuma omongan, ya.

  • Atisatya Arifin

    Makasih ya infonya. Semoga dengan adanya acara seperti ini masyarakat jadi bisa melihat langsung kinerja pemerintah dan sekaligus ikut membantu mengawasi transparansinya.

  • Kurnia amelia

    Seru ya bisa tau informasi nya…aku belum pernah ikut acara tema ini hehe.

  • Kurnia amelia

    Seru ya ikut acara kaya gini…aku belum pernah ikut acara tema kaya gini.

  • Andiyani Achmadl

    Pengadaan barang jasa harus jujur, teliti kan ya.. Biar ga ada yang skip atau miss

  • Anesa Nisa

    Sekarang institusi pemerintah sering gandeng blogger buat publikasi. Bagus juga nih buat transparan. Aku kepikiran njlimet dg kondisi indonesia yg kepulauan buat pengadaan barang dan jasa. Pasti mahal ongkos jg kalau yg jauh2

  • Luana Yunaneva

    jadi tau nih gimana pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah
    bermanfaat, mbak

  • siti mudrikah

    aku cuma taunya pengadaan barang dan jasa di perusahaan, mungkin untuk skala pemerintahan pusat lebih rempong ya. apalagi indonesia kan cukup luas dgn kebutuhan yang berbeda2. semoga sistem pengadaan barang dan jasanya semakin lancar.

  • Selamet Hariadi

    Pengadaan yang terbuka membantu kelancaran bersama… Good Government!

Leave Comment