Cegah Risiko Tinggi Diabetes dan Hipertensi dengan Program Indonesia Mampu

Cegah Risiko Tinggi Diabetes dan Hipertensi dengan Program Indonesia Mampu

“Penyakit diabetes masuk berada di no 9 , penyakit menyebabkan kematian di dunia dan 1 dari 10 orang wanita menderita diabetes”

Mendengarkan kalimat diatas saya jadi intropeksi diri, apakah keseharian saya sudah mengurangi makanan/minuman manis biar tidak mengidap diabetes. Apalagi penyakit diabetes tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. Saya sendiri mempunyai teman dekat,walau usia masih muda tapi sudah mengidap diabetes.

Di acara Simposium Diabetes Sedunia 2017, tanggal 29 November 2017 yang lalu di ballroom Hotel Ritz Carlton, jalan lingkar mega Kuninga Jakarta. Saya mendapat informasi mengenai diabetes dan prorgram-program terbaru Kemenkes.

Simposium ini dilaksanakan dalam rangka Hari Diabetes Sedunia, sesuai dengan tema di tahun 2017 “Women and Diabetes”  buat para wanita mesti lebih peduli terhadap diabetes apalagi penyakit diabetes ini tiap tahun meningkat jumlahnya.

Sebelum acara dimulai saya sempatkan berkeliling booth-booth yang tersedia, para undangan bisa membeli makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes  dan juga mengecek kadar gulanya.  Nanti hasilnya akan dikirim via email.

Para undangan bisa mengecek kadar gula darah
Para undangan bisa mengecek kadar gula darah

Acara dimulai dengan sambutan Ibu Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M(K).  Beliau menjelaskan saat ini penyakit yang banyak mengidap rakyat Indonesia adalah diabetes, jantung dan kolesterol. Bu menteri juga mengingatkan karena diabetes melitus adalah induk dari penyakit. Alangkah baiknya melakukan preventif mulai dari sendiri, pemerintah juga melakukan kegiatan preventif dan ga lupa peran keluarga sangat penting,

Acara simposium ini memang berbeda dari yang biasa karena banyak dukungan ga hanya dari perusahaan seperti  Novo nordisk tapi juga dari negara Denmark agar masyarakat Indonesia lebih peduli terhadap kesehatan dan mencegah penyakit diabetes. Aksi bersama ini dilakukan melalui  Program Indonesia Mampu  agar Indonesia sejahtera.

. Peluncuran program Indonesia Mampu Cegah Risiko Tinggi

Peluncuran program Indonesia Mampu Cegah Risiko Tinggi

Secara simbolis, Sekjen Kemenkes RI, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes ; Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M(K) dan Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen.dengan menekan tombol maka secara resmi Program Indonesia Maju diluncurkan.

Aksi Cegah Risiko Tinggi dalam Indonesia Mampu akan menyatukan lembaga-lembaga pemerintah, pembuat kebijakan, profesional di bidang pengobatan diabetes, sektor swasta dan donor untuk menciptakan kesadaran akan diabetes, mengembangkan inisiatif promotif-preventif, dan memfasilitasi pengobatan dengan tujuan mengurangi laju pertumbuhan diabetes di Indonesia.

 

Tips buat teman-teman ingin preventif diabetes bisa melakukan CERDIK :

  • Cek kesehatan secara berkala, secara berkala tes glukosa darah .
  • Enyahkan asap rokok dengan tidak merokok.
  • Rajin aktitas fisik, seperti olahraga selama 30 menit
  • Diet sehat dan seimbang, konsumsi 3-5 porsi buah dan sayuran setiap hari dan mengurangi konsumsi garam, gula, garam dan lemak .
  • Istarahat cukup,
  • Kelola stress,

Dengan melakukan CERDIK dan menerapkan dalam keseharian,  kita bisa bisa mencegah diabetes. buat para pengidap diabetes bisa mengontrol dengan mengunakan 4 pillar:

  1. Edukasi, secara terus memberi edukasi
  2. Pola makan, menjaga pola makan
  3. Olah raga, beraktivitas
  4. Obat, secara rutin kontrol setiap enam bulan sekali.

Melalui tips-tips  diatas masyarakat bisa lebih peduli menjaga kesehatan dan buat pengidap penyakit diabetes melitus dapat menjaga kesehatan agar tetap selalu sehat.

 

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (19)

  • Tetty Hermawati

    Mertuaku diabetes, aku takut nurun ke anak cucunya nih, suamiku sama anakku, mulai sekarang udah mulai coba ganti gaya hidup

  • Rach Alida Bahaweres

    Aku mulai melakukan upaya mencegah diabetes nih mba karena keluarga ada yang keturunan diabetes. Salah satunya dengan mengurangi minuman manis

  • Ria Bilqis

    Banyak kerjaan juga bisa bikin stress lho heheheh . Makasih mba tipsnya, intinya jalankan pola hidup sehat sebelum sakit ya.

  • Maliha

    Agak takut juga pas ngecek kadar gula darah waktu itu, tapi alhamdulillah hasilnya normal, sadari untuk merubah pola hidup dengan CERDIK

  • Sonya

    duh diabetes ini emang ngeri ya.. suamiku udh mulai ada gejala2nya nih. emang musti selalu jaga pola makan. makasih atas postingannya yaaa

  • Utie adnu

    Mudah2an kita semua terhindar dari diabetes ya akibat diabetes ini serem bisa menurunkn ke anak udah gitu bisa timbul penyakit lainnya Pola Hidup sehat itu kuncinya

  • Nurul Sufitri

    Papahku diabetes. Kalau mau makan disuntik insulin dulu. Jadi rempong deh dan beliau merasa sedih dan ribet jadi satu. Sekarang sedang diupayakan agar lekas sembuh dengan pola makan yg benar dan teratur serta berolahraga. Alhamdulillaah suka berenang juga. Cerdik ini bisa kita ikuti, preventif lah semoga kita bebas dari penyakit diabetes aamiin.

  • gita siwi

    ibunya berbagai macam penyakit nih. Perempuan nggak boleh main-main sama penyakit ini terutama perempuan yang sedang hamil. Karena kurangnya aktivitas bergerak.

  • Nurul dwi larasati

    Waduh diabetes rentan buat wanita. Aku harus waspada nih karena suka banget yang manis-manis. Harus lakukan CERDIK nih

  • Shine

    Duh, ngeri ya, naudzubillah jangan sampe kena diabetes. Makannya aku gendut gini lagi usaha banget buat pola hidup sehat

  • Leyla

    Udah seminggu gak olahraga nih. Emang harus dipaksa ya..

  • Ade UFi

    Almarhumah mama meninggal karena diabetes yg komplikasi dengan gagal ginjal. Padahal saya ada potensi diabetes. Tapi tetep ajaa ya kurang gerak. Padahal sudah di anjurkan di pencegahan secara CERDIK. Hhh.. ayooo semangaaat biar sehat sampai kapanpun.

  • Helena

    Diabetes memang jadi silent killer. Dari satu penyakit bisa nyambung ke seluruh badan. Ayo jalani gaya hidup sehat!

  • Ovianty

    Diabetes memang serem banget ya, bisa berakibat kematian. Suka takut, karena aku ada keturunan gula. Jadi aku paling suka tes gula, kalau ada fasilitas tes kesehatan.
    Diabetes memang bisa dicegah, salah satunya dengan membaca artikel kesehatan ini ya, jadi tahu cara pencegahannya

  • sifora

    serem ya diabetes tuh, pernah punya tetangga dia diabetes akhirnya terpaksa kaki nya di amputasi.

  • Natara

    Diabetes itu emang ibu dari segala penyakit ya… Jauh jauh deh ama yang namanya diabetes… Jaga kesehatan dan tetap menerapkan pola hidup sehat yuk…

  • Tika Samosir

    Diabetes memang penyakit yang menyiksa. Karena terbatas memakan makanan apapun. Menjaga pola makan lebih baik dari pada terkena penyakit diabetes.

  • April Hamsa

    Mbak Hanni yang rutin kontrol 6 bulan sekali tu maksudnya yang udah kena diabetes atau yg mencegah terkena diabetes ya?
    Kalau belum kena maksudnya cek up gtu kah? Atau gmn? Hehe agak bingung di bagian itu

  • Dewi nuryanti

    Perempuan hrs lebih aware nih dengan kesehatan dirinya sendiri.terutama dari penyakit diabetes. Apalagi wanita sering bgt ngemil yg asin dan manis. Wah cukup beresiko diabet dan hipertensi.

Leave Comment