Tips Memilih Susu Sesuai Umur dan Kebutuhan

Tips Memilih Susu Sesuai Umur dan Kebutuhan

Jangan lupa minum susu agar tetap sehat” Kalimat ini familiar biasa orang tua juga menyarankan anaknya untuk meminum susu untuk menambah gizi anak. Dipasaran banyak jenis susu dan berbagai merk, apakah Happy Friends sudah tau perbedaan dari tiap susu?

forum diskusi bersama kompeni sehat dr.Martin Leman SpA
forum diskusi bersama kompeni sehat dr.Martin Leman SpA

Di acara Kompeni Sehat ( komunitas penulis kesehatan) bertempat di  Sleepyhead Coffee dengan narasumber dr.Martin Leman SpA , kami membuat fun grup discussion mengenai gizi seimbang untuk anak dan . awal acara dr Martin memulai dengan percakapan yang ringan. Apa yang mo ditanyakan. Yup diskusi ini diskusi SERSAN * serius tapi santai * he he

Diskusi dimulai dengan makanan yang baik untuk anak. Akhir-akhir ini ada artis yang sudah memberikan makan berat kepada anaknya sebelum waktunya. Setelah anak mendapat asi ekslusif 6 bulan saatnya memberikan mpasi. Jangan diberikan dibawah 6 bulan akan bahaya untuk pencernaan anak.

Pemberian asi diberikan terjadwal jadi tiak menganggu jadwal mpasi. 2 jam sebelum makan mpasi adalah waktu terbaik . Jika memang ibu mengalami kendala asi, anak bisa diberikan sufor.

Harus pandai membedaan antara susu dan makanan tambahan” Ujar dr Martin

Yup, karna diluar sana ada beberapa jenis dan banyak merk susu jadi kita sebagai konsumen tau kebutuhan kita apa jangan salah kaprah  ternyata bukan susu karena mengandung susu jadi masyarakat menganggap klo itu adalah susu.

Yuk kita mengenal susu klo dari diskusi kemarin saya bisa menyimpulkan jenis-jenis susu :

1.Asi :

Susu yang paling bagus diantara semua jenis susu karna mengandung zat antibodi dan zat-zat DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang bagus untuk bayi. Disarankan asi diberikan esklusif selama 6 bulan hingga anak berusia 2 tahun.

Selain itu manfaat memberi asi membuat kedekatan antara ibu dan anak. Hanya untuk sebagian ibu yang asi tidak keluar asi atau mempunyai kendala asi bisa mengunakan susu formula tak perlu khawatir merasa jahat karena memberikan sufor.

2. Susu pasteursiasi :

Biasa lebih kental dibandingkan susu murni, dipanaskan sehingga menghilangkan air. menurut standar nasional Indonesia (SNI), adalah susu segar, susu rekonstitusi, susu rekombinasi yang telah mengalami proses pemanasan pada suhu 63o—66°C selama minimum 30 menit atau pada pemanasan 72°C selama minimum 15 detik, kemudian segera didinginkan sampai 10°C. Selanjutnya diperlakukan secara aseptis dan disimpan pada suhu maksimum 4,4°C.

3. UHT :

Susu ultra high temperature (UHT) susu yang diolah dengan memanaskan sebentar untuk mencegah kerusakan gizi. rasanya pun bermacam-macam ada coklat, strawberry dll. Susu UHT bisa diminum oleh anak yang telah berusia 1 tahun keatas. KLo berdasarkan pengalaman sendiri, saya lebih suka memberikan UHT rasa plain karna tidak ditambah perasa dan gula.

4.  Susu bubuk :

Proses pembuatan susu formula dimulai dari pemanasan sampai mengering karena proses ini biasanya akan ada kerusakan di susu dan menghilangnya zat gizi. Brands susu bubuk juga banyak silahkan disesuaikan dengan kebutuhan anak dan diminum untuk melengkapi gizi anak.

Gunakan air dengan suhu 70°C, klo dirumah tidak ada alat ukur. Caranya adalah masak air hingga mendidih lalu diamkan selama 15 menit” Saran dari dr Martin dalam menyajikan sufor

5. Susu Kental Manis :

Masih banyak orang menganggap susu kental manis adalah susu. SKM memang mengandung susu tapi gulanya tinggi dan nutrisi rendah. Detail komposisi bisa dicek di table ditiap kemasan. Paling pas SKM dipakai untuk tambahan makanan dan minuman.

Last but not least,  susu boleh diberikan kepada anak sebagai tambahan gizi dan tetap memberikan anak makanan yang bervariasi karena Indonesia negara dengan kekayaan alam yang berlimpah. Jangan lupa untuk selalu mekroscek berita/informasi di online. Pastikan dari web-web terpecaya.

 

 

Kompeni Sehat
Kompeni Sehat

Salah satu wadah yang memberikan info mengenai kesehatan adalah Kompeni Sehat. Jika Happy Friends mau bergabung dan mendapat informasi mengenai kesehatan bisa ke Kompeni Sehat, Happy Friends bisa mengunjungi link dibawah ini :

Fanspage : Kompeni Sehat – Komunitas Penulis Kesehatan

Twitter : https://twitter.com/KompeniSehat

Instagram : https://www.instagram.com/kompeni_sehat/

 

Dengan informasi yang akurat karena dari sumber terpecaya, kita bisa mepratekan apa yang disarankan dan memberikan nutrisi yang terbaik untuk anak-anak tercinta.

Incoming Words :

  • susu bubuk yang sesuai dengan oarang tua sekitar umur 70 thn

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (8)

  • Ani Berta

    Susu aneka jenis begini kadar gizinya juga lain2 ya? 🙂

    • Hanni Handayani

      ya teh disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan

  • Agatha mey

    Pilih susu sesuai jenis dan manfaatnya yaaa… jadi tahu kalau SKM itu bukan susu

    • Hanni Handayani

      Ya mba, beda mba karna dari kandungannya aja beda

  • Melinda Niswantari

    Semoga makin banyak diskusi bergizi seperti ini ya Mba Hani, BTW SKM ini emang manisnya kebangetan sih…aku sukanya tak bikin topping pas bikin roti tawar buat bekal haha.

    • Hanni Handayani

      sama dong biasa saya buat olesan roti tawar atau campuran wedang jahe

  • Wichan

    Aku masih minum lho mbak susu uht sama bubuk. Hahahaha.

    • Hanni Handayani

      saya juga masih minum susu uht

Leave comment : Tips Memilih Susu Sesuai Umur dan Kebutuhan