Tips Agar Mudah Membuat Konten Marketing dan Memenangkan Lomba Blog

Tips Agar Mudah Membuat Konten Marketing dan Memenangkan Lomba Blog

Tiap bulan banyak info lomba blog ditimeline saya. Biasa saya baca sekilas terlebih dahulu mengenai lombanya, kira-kira apakah sesuai de.ngan minat saya, waktu lomba dan hadiahnya he he. Menariknya klo dah ada info lomba, suka ada komen..” klo si x ikut aku ga ikut lomba ah”  atau alasan lain yang bikin ga ikut lomba.



KLo saya sendiri kadang ngerasa hal sama he he. Apalagi klo sudah ada senior blogger ikutan..widih…jiper duluan wk wk. Makanya ketika ada workhop dari CNI dan Komunitas ISB membahas tentang bagaimana memenangkan lomba, saya pun mendaftar.

Sempat kepikiran ga bakal bisa hadir karna ada rencana mau keluar kota, tapi alhamdulillah akhirnya bisa datang ke acara.  Tanggal 27 Agustus 2017 siang, saya sudah siap-siap berangkat ke tempat acara (Restoran Burger King Pasar Festival Kuningan).Sengaja lebih awal datang biar bisa menangkap materi lebih enak, karna klo terlambat dan terburu-buru malah bikin ga fokus he he

 

 

Workshop CNI 10 Quick Tips On Content Marketing
Workshop CNI 10 Quick Tips On Content Marketing

Acara dimulai dengan pembukaan dari teh Ani selaku founder dari Komunitas ISB. Lanjut ke narsum kedua Niko Riansyah – Digital Marketing Specialis CNI .  Sebagai pembuka Niko menjelaskan “10 Quick Tips On Content Marketing”

Content Marketing

Content Marketing

Konten kreatif menurut saya susah-susah mudah karna kita harus tau tolak ukur konten kita dan memastikan pesan yang disampaikan diterima oleh target audience kita. Sebelum membuat konten kita bisa memperbanyak baca.

Kita bisa banyak membaca dan ambil ide dikonten dari buku, youtube, podcast, mainstream media, medium.com ” Ujar Niko

10 tips membuat konten marketing :

1. Banyak membaca agar bisa menulis dengan baik.
2. Cari tau target market dan mengerti target audience.
3. Mencari Konten yang relevan dan membuatnya secara berkala
4. Buat artikel dengan gratis agar makin mudah untuk berbagi.
5. Update secara rutin.
6. Tidak melakukan copy paste.
7. Tulislah konten yang kreatif dan unik.
8. Gunakan sosmed untuk berbagi konten yang telah kita buat.
9. Gunakan outsource jika diperlukan.
10. Adanya tolak ukur dari konten, jadi kita tau apakah konten sudah diterima baik oleh target audience.

Keuntungan Bisnis CNI
Keuntungan Bisnis CNI

Lanjut ke narsum ke dua : Gusti Mahendra – CNI, kali ini pak Gusti menjelaskan lebih detail apa itu CNI. Apalagi di 2017 ini, CNI mempunyai program baru untuk para anggota.

Cara memulai bisnis CNI pun sekarang mudah. Dengan mendaftar dan berbelanja secara online mempermudah agen mendaftar, membeli dan menawarkan produk CNI ke orang lain atau teman-teman.

Melalui www.GeraiCNI.com para agen dipermudah untuk berbelanja secara online. Buat teman-teman yang ga mau ribet mengurus packing dan kirim barang ke konsumen. Gerai CNI menyalani dropship, ini salah satu benefit dari CNI.

Cara Memulai Bisnis CNI
Cara Memulai Bisnis CNI

Ditahun 2017 ini, CNI mempunyai program i-Plan 2017, program yang memberikan 5 Kesempatan Istimewa dalam bagi para member CNI :
1. Mendapat penghasilan yang optimal melalui pengembangan jaringan.
2. Mendapat jaminan penghasilan yang lebih pasti dan besar.
3. Kesempatan untuk menikmati meeting/training serta perjalanan keluar negeri dari CNI.
4. Kesempatan berbisnis yang terjamin dengan mendapatkan asuransi kecelakaan.
5. Kesempatan untuk menjadi bagian dari titik distribusi CNI.

Sebelum nulis ke sesi mba Haya, saya istirahat dulu ya minum yang dingin-dingin. Up Honey Lemon Tea dari CNI pas banget diminum pas siang-siang bolong. Kandungan vitamin C nya bisa menjaga badan agar tetap segar dan menjaga kesehatan.

Segarnya minum Up Honey Lemon Tea CNI
Segarnya minum Up Honey Lemon Tea CNI

Lanjut yuk ke materi selanjutnya, sesi ketiga sesi yang ditunggu-tunggu. Saatnya menerima ilmu dari Haya Aliya Zaki. Mba Haya yang telah memenangkan lomba dan sering menjadi lomba juri blog yang tingkat nasional.

Tips Menang Lomba Blog
Tips Menang Lomba Blog

 

Dari semua achievment, yang paling berkesan ketika berkesempatan meliput kesehatan di Singapore, momen yang tidak terlupakan. Mba Haya banyak berbagi tips agar para blogger yang merasa blogger rempeyek reginang *halah* bisa  menang lomba 🙂

Keuntungan menang lomba : kita menambah teman, networking dengan brand agency dan membuka peluang. Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan sebelum dan sesudah menulis postingan lomba :

1. Sebelum lomba googling dulu pihak penyelengara, tentang jurinya dan materi lomba sendiri.  Biasakan lomba berdasarkan passion, karena klo membahas produk yang kita ga sukai, kita suka merasakan buntu menulis .

2. Cek tulisan dan Blog.

  • Pastikan nama blog tidak aneh-aneh, layout dan warna font harus ramah mata jadi bisa mudah dibaca oleh pengunjung web dan juri.
  • blogger sell stories not product” so jangan fokus jualan tapi fokus membuat penasaran pembaca, edit tulisan dan jangan terburu-buru, pastikan deadline jangan sampe kelewat ya man teman,
  • Pastikan tulisan bukan copy paste.
  • Perhatikan tanda baca, gunakan kalimat pendek, lebih banyak kaliat aktif, hindari singkatan.
  • Gunakan kalimat pembuka yang menarik seperti pertanyaan.
  • Buat tulisan berdasarkan 5w 1 H

3. Cek persyaratan lomba.

Pastikan klo kita memenuhi persyaratan lomba, seperti keyword, backlink, banner, jumlah kosakata, follow akun dll

4. Cek referensi dan tanggal akses,biar lebih kredibel

Biar tulisan kita lebih lengkap, kita cantumkan referensi dari data yang kita ambil, dan waktu akses info karna siapa tau ada update terbaru.

5.  Setelah jadi dibagikan ke sosmed dan promosi. Agar makin banyak orang yang tau dan bisa berkunjung ke blog kita, Apalagi bisa meninggalkan komen, karna bisa jadi salah satu syarat menang karna ada banyaknya interaksi dan banyak page view,

“Winning is not everything but wanting to win is, Vince Lombardi”.

Momen yang berdebar debar adalah ketika menunggu pengumuman, KLo menang bersyukur mengucapkan Alhamdulillah. tapi klo belum menang kita sikapi agar bisa sportif dan berusaha lagi lebih baik di lomba berikutnya.

Semoga tips-tips dari mba Haya bisa menambah skill saya dan Happy Friend biar postingan lomba lebih berbobot. Jadi sudah siap untuk ikut lomba berikutnya.  Selamat mengikuti lomba blog, semoga menjadi salah satu beruntung sebagai pemenang 🙂

Hore Menang Lomba !
Hore Menang Lomba !

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (30)

  • Rismayani

    Nice info sis bisa kita praktekkan next time Mau ikut lomba blog… 🙂

    • Hanni Handayani

      semoga beruntung dan menjadi salah satu pemenang ya mba 🙂

  • MariA

    Tehnya segar ya mbak Hani? ☺☺☺

    • Hanni Handayani

      Ya mba, dikasih es minum disiang hari..sueger tenan

  • Ayu Ratnaningtias

    Waah, terima kasih infonya mba 🙂

    • Hanni Handayani

      sama-sama mba ayu semoga bermanfaat dan berkah 🙂

  • Arkian

    duh pagi2 jadi pengen honey lemon yg dingin2 sueger

    • Hanni Handayani

      Apalagi klo diminum pas siang hari ..sueger tenan

  • Dila Augusty

    Mb Hanni, pas bangeeet. Ini saya lagi mau ikutan lomba buat kedua kalinya. Bener-bener berguna banget buat saya …
    Ih, senangnya dapat ilmu tepat pada waktunya. Poin yang mengikuti lomba berdasarkan passion , saya banget. Makasih udah sharing ilmunya

    • Hanni Handayani

      Alhamdulillah jika bermanfaat, semoga beruntung mba dan jadi pemenang 🙂

  • gita siwi

    Menang atau kalah urusan belakangan.
    Yang penting adalah bagaimana kita mempersiapkan semua yang dibutuhkan dari tema, foto, narsum sampai membangun Kepercayaan diri melalui lomba ini sendiri Say no to copas. Dan doa! go ahead…

    • Hanni Handayani

      setujua mba Gita, jadi diawal ikhtiar terlebih dahulu

  • mpo ratne

    Cukup klik….klik maka barang sampai . Cni produk banyak dan bisa dapat penghasilan tambahan

    • Hanni Handayani

      ya mpo jadi mudah sekali berbelanja kapan saja dan dimana saja

  • Nurul Sufitri

    Wah, segar banget tuh mbak Hanni udah coba minumannya Up Honey Lemon Tea. Biar makin semanagat nulis dan ikutan lombanya ya? hehehe ayooo…jangan gentar meskipun banyak senior blogger yang ikutan lomba juga.

    • Hanni Handayani

      ya mba tetap ikutan gapapa deh senior yang ikut, rejeki orang mana ada yang tau

  • Anisa Deasty Malela

    Saya termasuk pribadi yang langsung jiper saat ada lomba blog, karena saya merasa tulisan saya belum sebagus senior. Alhamdulillah bisa ikut serta di workshop ini, saya jadi percaya diri untuk ikut lomba blog. Meski tidak menang, tetapi setidaknya saya sudah berusaha dengan ikutan lomba blog.

    • Hanni Handayani

      ya mba jadi belajar menjadi lebih baik

  • Yogi

    Asik dah mba Hanni, pakai ada iklan minum tehnya. hehehe

    • Hanni Handayani

      biar makin seger nulis blognya mas yogi hehe

  • Febrianty Rachma

    Haha akupun sama sudah jiper duluan, kalau lihat si A si B yang master lomba turun jiahhh sudah parno dulu haha. Tapi tercerahkan dan jadi semnagat lagi deh setelah dengar penjelasan mbak Haya. Btw akupun suka lho sama minuman lemon CNI segerrrr apalagi dicampur es batu

    • Hanni Handayani

      Tos lah jadi sama dong kita, untuk lomba mang harus punya jam terbang jadi tau kekurangan kita dan dipoles biar lebih baik

  • Novita Leviyanti

    Hhh… Mba hani aja jiper gmn saya, sukur y jd bisa hadir di acara ini bnyk tips bagus untuk pemula kyk saya

    • Hanni Handayani

      ayo mba novi, kemarin sudah dapat tipsnya jadi bisa berlatih ,semoga menang ya

  • Lidha

    Haha, ada ya yg komen gitu. Ya iyalah ya namanya juga tujuan tiap orang ikut lomba mah beda2. Kalau saya, asal suka temanya en sesuai ya udah ikutan. Walau udah curiga bakal kalah.. gak apa sih. Toh efeknya seperti kata mba Haya bisa ningkatin pertemanan, itu terasa mba

    • Hanni Handayani

      ada mba he he.. ya banyak kok manfaat mengikuti lomba. jadi jangan takut untuk ikut lomba

  • Ani Berta

    Ketekunan memengaruhi juga selain soal teknis ya?

    • Hanni Handayani

      Ya teh, upgrade skill selalu

  • Mak tami

    tipsnya bagus 🙂

    • Hanni Handayani

      Terima kasih siapa tau dirimu mo ikutan lomba

Leave Comment