Diare Penyakit Berbahaya ! Kenali Dan Cari Tau Penanganan Diare Untuk Anak

Diare Penyakit Berbahaya ! Kenali Dan Cari Tau Penanganan Diare Untuk Anak

Ketika lagi asyik-asyiknya ngeblog tiba-tiba perut mules, terpaksa harus kebelakang. bukan yang pertama tapi sudah berkali-kali bikin ga konsen nyelesain tugas. Rasanya ga enak banget, Saya saja yang sudah dewasa merasakan seperti ga nyaman. Apalagi anak kecil yang terkena diare.

talkshow nutricia sarihusada indonesia merdeka-diare
talkshow nutricia sarihusada indonesia merdeka-diare

Tanggal 22 Agustus 2017 lalu di acara talkshow Indonesia Merdeka Diare di Kembang Goela Restaurant, Jakarta. Para orang tua khususnya ibu, bisa lebih peduli ketika anaknya terkena diare. Melalui kampanye #IndonesiaMerdekaDiare Sari Husada berharap banyak ibu semakin mengerti penanganan tepat diare ke anak.

Hadir di acara nara sumber ara sumber Nabhila Chairunissa – Brand Manager Digestive Care Sari Husada, DR. dr. Ariyani SpA, dan Ibu Cindy mewakili ibu yang pernah anaknya sakit diare. Penyakit diare pada umumnya dianggap penyakit sepele, “ya cuman diare,,gapapa” tapi tahukah happy friends klo penyakit diare adalah penyakit no 2 penyebab kematian anak di Indonesia.

CIRI-CIRI PENYAKIT DIARE PADA ANAK

 

Ciri-ciri diare pada anak
Ciri-ciri diare pada anak

Berdasarkan wikipedia, diare adalah sebuah penyakit saat tinja atau feses menjadi cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Ciri-ciri  anak-anak mengidap diare adalah

  1. Bentuk tinja cair
  2. Bab dalam sehari lebih dari 3 kali sehari
  3. Warna BAB bewarna tidak normal, seperti warna putih, hitam atau ada bercak darah.

 

PENYEBAB PENYAKIT DIARE :

Virus penyebab diare
Virus penyebab diare

Penyebab diare yang paling umum adalah infeksi pada usus yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. namun paling banyak diare pada anak karena Rotavirus dan juga intoleransi lakstosa. Intoleransi laktosa terjadi ketika laktosa tidak terserap tidak baik.

ketika terjadi kerusakan di jonjot usus, beberapa enzim laktase akan berkurang. Enzim laktase berguna untuk mencerna gula alami (laktosa) yang terdapat di susu. Laktosa yang tidak tercena  menyebabkan diare semakin parah, kembung dan tinja yang berbau asam.

4 seri video NUB yang mengedukasi ibu mengenai diare
4 seri video NUB yang mengedukasi ibu mengenai diare

Untuk mendukung kampanye Indonesia Bebas Diare, Nutricia Sarihusada membuat 4 video miniseries yang akan dikeluarkan secara bertahap mengenai diare. Video ke 1 mengenai dampak diare. Video ke 2 mengenal diare, Video 3 mengenai jenis diare, dan video ke 4 mengenai hal penting hadapi diare.

Yuk ditonton salah satu video dari Prof Nutri yang berbicara diare. Dibawah ini episode 1, episode lainnya bisa Happy Frieds tonton di Youtube, Instagran atau Facebook Nutris Untuk Bangsa.

Saya juga sudah melihat videonya, dengan video seperti ini edukasi dibuat dengan menarik dan mudah di mengerti, ketika saya merasa video ini bermanfaat dengan mudahnya saya akan berbagi info,tinggal klik share/bagikan maka video akan tersebar 🙂

DAMPAK PENYAKIT DIARE PADA ANAK

Dampak Penyakit Diare Pada Anak
Dampak Penyakit Diare Pada Anak

Dampak terparah penyakit diare pada anak adalah kematian, dampak lainnya diare kepada anaka adalah diare menyebabkan ketidakmampuan mencerna laktosa, mempunyai resiko iq lebih rendah dibandingkan dengan teman seusia, resiko lebih pendek dibandingkan teman seusianya dan resiko gagal tumbuh apabila tidak ditangani dengan tepat.

CARA MENGATASI DIARE PADA ANAK 

Trus apa yang harus dilakukan ketika anak menderita diare? Ada 5 tips ketika anak menderita diare :

  1. Klo anak masih dalam menyusui asi. Ibu bisa meneruskan pemberian asi karena asi adalah yang terbaik
  2. Mencegah agar anak tidak dehidrasi dengan memberikan larutan oralit.
  3. Jika anak sudah menderita diare tapi belum sembuh, lebih baik konsultasi ke tenaga medis.
  4. Tetap menjaga kesehatan tubuh dan linkungan disekitar anak.
  5. Pada beberapa keadaan, nutrisi bebas laktosa diberikan atas rekomendasi dokter.

Kepekaan Happy Friends terhadap diare sangat penting. Melalui Kampanye Indonesia Bebas Diare para ibu mendapat pengetahuan dan memberikan penanganan yang tepat saat anak menderita diare agar anak Indonesia dapat menjadi anak generasi maju yang merdeka dari diare.

 

 

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (14)

  • Risalah Husna

    Ini penyakit yang keliatannya biasa, tapi kalau dibiarkan malah jadi bahaya banget. Anakku semuanya udah pernah kena diare dan itu emang perjuangan sabarnya berat bangett 🙂

    • Hanni Handayani

      wah jadi sedih.. memang klo anak sakit jadi ikutan sedih dan mesti sabar biar anak cepat sembuh

  • Nurul dwi larasati

    Serem juga ya penyakit diare bisa menyebabkan kematian. Berarti anak-anak juga harus menjaga kebersihan dan tidak makan sembarangan.

    • Hanni Handayani

      ya jeung,, jadi mesti dijaga makan dan minuman serta lingkungan biar bebas dari diare

  • Rosanna Simanjuntak

    Pentingnya memiliki pengetahuan dan penanganan diare ya, terutama saat keluarga sendiri yang mengalami.
    Dulu cuma tahu hanya bakteri penyebab diare. Ternyata ada virus dan parasit juga.

  • Hida

    Nah..tuh dia. Org banyak yg ga sadar bahwa diare itu ga main2 lho. Kalo cuma sekali dua kali bab nya, klo udah berkali2 dan ga ditangani dengan benar kan bahaya. Selain dehidrasi juga jd malnutrisi ya..

  • Novitania

    Diare keliatannya sepele tapi twrnyata bahaya ya mba. Terlebih buat anak anak. Makasih mba solusi banget nih buat jaga jaga biar ga kena diare

    • Hanni Handayani

      ya mba apalagi anak-anak, sebagai ibu mesti jaga-jaga biar cepat sembuh

  • Helena

    Nampak sepele tapi butuh Penanganan tepat buat ganti cairan tubuh yang terbuang. Harus banyak minum air putih. Katanya daun jambu biji juga baik untuk menghentikan diare

  • Ike Yuliastuti

    kalo anak diare tuh emaknya juga ikut lemes. grogi takut dehidrasi. cara penanganan yang tepat juga akan meminimalisir terjadinya dehidrasi.

  • Liswanti

    Baru tahu banget neh bahwa Diare menjadi penyakit no 2 yang menyebabkan kematian. Makanya diare jangan dianggap sepele dan perlu penanganan yg tepat ya

    • Hanni Handayani

      Ya ceu,,bersyukur kemarin datang ke acara NUB jadi tau banyak hal

  • deddyhuang.com

    kadang, anak kecil suka masukin mainan ke mulut juga bisa nyebabin diare ya mbak.

    • Hanni Handayani

      ya bisa juga, karna kuman yang masuk ke mulut anak bisa menyebabkan diare

Leave comment : Diare Penyakit Berbahaya ! Kenali Dan Cari Tau Penanganan Diare Untuk Anak