RW 13 Kelurahan Curug Ciptakan Perumahan Ramah Anak

RW 13 Kelurahan Curug Ciptakan Perumahan Ramah Anak

Sekarang ini banyak dibangun perumahan dengan berbagai tipe. Perumahan menawarkan baik dari segi bangunan, maupun fasilitas pendukung agar masyarakat tertarik untuk membeli rumah di perumahan tersebut. alangkah baiknya selain memilih rumah selain dari fisik bnagunan yng dijual. akan lebih baik mempunyai likungan yang baik untuk anak.

Karena lingkungan yang baik bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak. Saat ini memang belum banyak perumahan yang menerapkan konsep ini , ketika ada perumahan yang lingkungannya ramah anak. Kita harus mengapresiasi perumahan tersebut.

Seperti RW 13 di Kelurahan Curug Bogor Barat beda-beda dari RW yang lain kenapa? Karena sejak tahun 2016, warga bekerjasama dan  berswadaya untuk menciptakan perumahan yang mempunyai lingkungan ramah anak. Warga menyiapkan fasilitas yang bermanfaat untuk anak-anak. sosial dan lingkungan disekeliling.

RW 13 juga menerapkan wajib belajar pada jam 19.00 – 21.00. Program ini memang sudah lama menghilang, dulu anak-anak bada maghrib mengaji, lalu balik ke rumah untuk belajar. Sekarang dengan teknologi yang ada malah anak-anak sibuk dengan gadget. Hal ini bikin anak-anak malas untuk belajar.

Perumahan Ramah Anak
Perumahan Ramah Anak

Dan akhirnya pada hari Kamis, tanggal 25 Mei 2017,  “Fun For Fam” diresmikan dihadiri Bapak H. Bima Arya Sugiarto- Walikota Bogor dan  Ibu Wiwiek Rejatsiwi SKM MM selaku Lurah Curug. Acara dimulai dengan fun walk oleh anak-anak dengan pakaian tradisional. Berasa hari kartini, saya liat anak-anak dengan suka cita berjalan bersama-sama.

Selanjutnya acara ramah-tamah dan melihat langsung fasilitas yang tersedia. Pak Bima sempat mencoba permainan Two Line Bridge.  Ditempat anak-anak komplek juga bisa mencoba permainan yang ada. Jangan lupa ya dik adik, boleh bermain selama ada orang dewasa!

Perumahan Ramah Anak
Perumahan Ramah Anak

Saya sendiri juga berkeliling melihat fasilitas yang disiapkan. Ada flying fox, spider web, two line bridge, saung bamboo untuk kegiatan belajar bahasa inggris dan bahasa sunda. Tersedia juga toilet, mushola dan tempat wudhu untuk umum.

Mau belajar tanaman hidroponik? Tersedia jua ruang hidroponik.  Tersediannya bangunan sekretariat dan saung bata cocok untuk  warga bersilahturahmi. Ada juga sarang burung dan penyu. Pastinya anak-anak suka melihat hewan-hewan lucu ini.

Disela mengelilingi area Fun For Fam, saya sempatkan berbicara bersama Ibu Ibu Wiwiek Rejatsiwi, SKM, MM -Lurah Curug.
“Rw 13 ini bagus menjadi percontohan karena telah melakukan inovasi beda dari RW RW yang lain” Ujar Ibu Wiwiek. Selaku Lurah, Bu Wiwiek mesupport daerah yag ramah anak juga mempunyai kepedulian sosial.

Berdasarkan informasi dari Bu Wiwiek,  RW 13 juga  membangun kolam lele dan hasilnya selain bisa dinikmati bersama tapi juga dibagikan kepada sekeliling RW yang kurang mampu. Menurut saya sendiri, RW ini perlu dikasih jempol karna berbeda dari yang lain. Semoga perumahan lain juga melakukan yang sama.

 

bu lurah wiwiek dalam peresmian rw 13 perumahan ramah anak
bu lurah wiwiek dalam peresmian rw 13 perumahan ramah anak

 

Leave Comment

*