Gunakan Air Limbah Rumah Dengan Bijak

Gunakan Air Limbah Rumah Dengan Bijak

Saya suka membaca dan menonton di televisi klo masih banyak krisis air terlebih di Indonesia bagianTimur. Selain susah mendapatk sumber air, lalu menyalurkan ke desa. Ada tantangan laginya adalah mempunyai air yang bersih. Karena sanitasi air yang kotor bisa menyebabkan kematian dan juga berdampak buruk terhadap ekonomi, sosial dan lingkungan.
Bertepatan hari air sedunia yang jatuh tanggal 22 maret, AQUA mengadakan acara Bincang Aqua Sehat bersama para blogger di kantor Danone pada tanggal 18 Maret 2017. Sesuai dengan tema tahun 2017 yaitu limbah maka topik pembicaraan sekitar dengan air limbah.
Saya perhatikan melihat masih banyak air limbah dari rumah, industri dan pertanian tidak diolah lagi, cukup dibuang ke saluran air. Pernah saya melihat video, akibat limbah rumah tangga/industri mencemari lingkungan dan mebuat dampak buruk disekeliling.

Ibu Santi External Manager Aqua membuka acara. selanjutnya kita mengenal lebih dekat air bersih bersama Bapak Gunawan Wibisono dengan memaparkan topik: “Mendaur Ulang Untuk Kehidupan Sehari-hari.

Ada beberapa hal yang dijabarkan:
1. Tantangan sumber daya air di Indonesia
2. Potensi air limbah sebagai alternatif kebutuhan air bersih.
3. Tawaran solusi dari pemerintah dan swasta terhadap air limbah
4.  Peran blogger dalam pemberdayaan air.
Setelah saya dan para peserta mendengarkan penjelasan mengenai pengolaan air limbah selanjutnya  Bapak Karyanto Wibowo menjelaskan permasalahan dimasa depan seperti populasi & ketersediaan air, kualitas air, kerusakan lingkungan, perubahan iklim dan apa saja inisiatif Aqua grup dalam menjaga kelestarian air Indonesia.



Waste water tidak semata-mata limbah tapi bagaimana kita dapat mengunakan air dengan bertangungjawab. Bagaimana kita mengunakan sehari-hari, bagaimana membuang air dan bagaima kita bisa merecycle air agar tidak merusak lingkungan.

Melihat kondisi seperti diatas, AQUA Grup melaksanakan program AQUA LESTARI sebagai komitmen menjaga keseimbangan bisnis terhadap masyarakat dan kelestarian lingkungan . 




Ada Empat Pilar AQUA LESTARI :

– Pelestarian Air dan Lingkungan :
Dengan mengelola sumber daya air, menjaga keseimbangan, mengendalikan kualitas air, dan mengelolanya secara arif.

– Praktik Perusahaan Yang Ramah Lingkungan
Aqua Grup mengedepankan nilai-nilai HAM dan kesehatan K3 dalam menjalankan operasional di kantor

– Pengelolaan Distribusi Produk
Mengunakan transportasi ramah lingkungan untuk pendistribusian produk Aqua Grup.

– Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat
Pilar ini fokus pada perlindungan dan pelestarian sumber daya air melalui praktik-praktik pertanian organik, peningkataan akses air bersih, kemandirian sosial ekonomi masyarakat melalui usaha mikro  dan koperasi, serta adanya akses modal dan pasar

Pemanfaatan Air Limbah Sehari-hari Dirumah

Setiap orang mempunyai caranya masing-masing medaur ulang air limbah dirumah klo saya sendiri dirumah suka memanfaatkan ulang sisa limbah cair seperti gambar diatas :

A. Mengunakan air cucian baju digunakan untuk bersih-bersih. Setelah selesai mencuci, saya mengumpulkan bekas air deterjen untuk membersihkan lantai atau tempat-tempat kotor lainnya.

B. Mengunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman. Air bekas cucian beras ditambah em4 lalu didiamkan beberapa hari lalu saya gunakan untuk menyiram tanaman. Hasilnya tanaman menjadi lebih subur.

Dan sebagai blogger apa yang saya lakukan? Pastinya mesosialisasikan pentingnya air bersih ke masyarakat umum melalui tulisan dengan makin banyak yang membaca maka semakin banyak orang mengetahui bagaimana medaur ulang air limbah rumah tangga.Ayo kurangi pengunaan air dan gunakan kembali air limbah lebih banyak agar semua orang memiliki kemudahan persediaan air bersih yang berkelanjutan.

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (12)

  • Rach Alida Bahaweres

    Nah. Pengolahan air limbah ini penting banget tapi belum speenuhnya aku lakukan mba Hanni

  • Dikki Cantona Putra

    Ternyata bisa juga ya air bekas rendaman cucian beras bisa untuk menyiram tanaman supaya lebih subur dengan ditambahkan bahan EM4 baru tau saya mba. Nanti saya coba ah air bekas rendaman cucian beras untuk siram tanaman dirumah siapa tau benar bisa menjadi lebih subur.

  • Yelli Sustarina

    Iya juga ya Mbak, supaya kita nggak boros penggunaan air. Padahal ada saudara2 kita dibelahan bumi lainnya kekurangan air. Saya bersyukur banget bisa tinggal di tempat sumber mata air yang jernih. Silahkan baca disini https://colourfulaceh.wordpress.com/2016/06/06/8-nama-sumber-mata-air-ini-membuat-kamu-ngeri-bahkan-tertawa-mendengarnya-penasaran-dimana-tempatnya/

  • Awan

    Iya benar bangat, kita juga harus bijak menggunakan air, jangan boros apalagi lupa mematikan keran air.

  • Hanni Handayani

    wah klo itu berabe wan, selain mubazir airnya, ntar bisa bengkak juga tagihan air he he

  • Hanni Handayani

    biar lebih bagus ditambah EM4 tapi klo ga ada, air cucian beras bisa langsung disiram ke tanaman dik

  • Hanni Handayani

    enaknya tinggal di daerah, masih banyak sumber air mba

  • Hanni Handayani

    klo dirumah memang terbatas mba, klo mo lebih ribet kita mesti buat penampungan jadi air limbah rumah bisa diolah lagi jadi mengurangi pencemaran

  • Ria Bilqis

    Saya nyalain air (sumur bor ) sehari sekali, selain hemat air jadi hemat listrik juga��

  • Hanni Handayani

    salah satu untuk mengurangi pencemaran dan hemat hehe

  • bayu

    Wah ini nih contoh yang patut ditiru kalau kita bisa menghemat listrik berarti kita bisa mneghemat pengeluaran negara juga. dan berdampak baik jika kita bisa menggunakan air limbah secara bijak

  • Hanni Handayani

    iya mas bayu, sangat hemat air dan berdampak baik untuk lingkungan

Leave Comment