Cara Mencegah Diabetes Melitus Dengan 3 J

Cara Mencegah Diabetes Melitus Dengan 3 J

Gaya hidup dan pola makan orang Indonesia yang suka makan manis-manis dan karbo menyebabkan rentan terkena penyakit diabetes. Hal ini menyebabkan Indonesia masuk di peringkat ke 7 dari negara penduduknya terkena Diabetes
Hasil penelitian dari 11 orang 1 orang bisa terkena diabet. Diabetes termasuk penyakit berbahaya walau tidak menular tapi penyakit ini bisa mencegah sedini mungkin. Perlu ada awarness terhadap diabetes.

 

 

Tepat tanggal 19 November 2016 bertempat di JCC,  Kemenkes Republik Indonesia menyelenggarakan Siposium Hari Diabetes Sedunia, merayakan hari Diabetes Sedunia tanggal 14 November.
Dengan diadakan acara ini diharapkan banyak masyarakat yang tau mengenai diabetes jadi kita bisa mencegah, mengobati dan melawan diabetes.

Siposium dihadiri oleh peserta dari kalangan bidan, dokter maupun masyarakat umum dengan nara sumber yang kompeten membahas topik yang berbeda mengenai diabetes. Para peserta tidak hanya mendapatkan informasi mengenai diabetes tapi juga bisa mengecek gula darah.

 

Ibu Lily-  Direktur  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular
Sebagai pembuka Ibu Lily  Direktur  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular membuka simposium sebagai tanda diresmikannya gerakan Indonesia Lawan Diabetes.

 

Lalu bagaimana kita bisa mencegah diabetes? Berikut tips dari dr Grace  cara mencegaah diabetes dengan 3 J :
 
 
 
Atur pola makan dengan prinsip 3 J :
 
1. Jumlah
Karena jumlah makan tiap orang beda-beda maka diperlukan saja, makan disaat perut keroncongan dan perlu diingat  dalam sehari kita hanya memerlukan 1800-2000 kalori.
2. Jenis
Pilih makanan sehat dengan nutris seimbang lengkap dengan kaya serat, protein, lemak baik dan mengandung Glycemic rendah,

Ciri makanan glycemic tinggi dari putih, gula, tepung.

3. Jadwal

Agar kita kontinyu maka diperlukan jadwal, agar pola makan dan frekwensi teratur. Makan besar 3 kali sehari dan disisipi makanan selingan di jam 10.00, jam 16.00

Kombinasi 3 J diatas dengan gaya hidup sehat dapat diterapkan oleh siapa saja dan diharapkan mampu mencegah penyakit diabetes.

 

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Leave Comment