Selamat Ulang Tahun Ke 18 Komnas Perempuan

Selamat Ulang Tahun Ke 18 Komnas Perempuan

Minggu lalu saya ditengah perjalanan kesebuah acara, saya ada cerita lucu antara saya dan ojek online. Bisa jadi karena sebelumnya bapaknya belum pernah mengantar ke kantor Komnas Perempuan. Ditengah perjalanan sempat bertanya ke saya dengan nada serius.

“Memangnya ada apa mba? Kok ke Komnas?” kata bapak ojek
“Tidak ada apa-apa pak, Kebetulan ada undangan ” jawab saya

Setelah percakapan diatas, suasana menjadi hening kembali dan bapak ojek online fokus menuju ke tempat tujuan.
Saya akui masih banyak orang merasa kurang nyaman mendengar kalimat “Komnas Perempuan” yang terlintas hal yang menakutkan seperti korban kekerasan, pelecehan seksual dll
Gedung Komnas Perempuan Dihiasi oleh Mural
Pendirian Komnas Perempuan tidak lepas dari presiden pada masa itu Bapak Habbibie. Komnas Perempuan lahir agar wanita menjadi lebih baik, perempuan yang memperjuangkan suara yang mendapat kekerasan.
Pada tgl 15 oktober 1998 Komnas Perempuan lahir, Tidak terasa sudah 18 tahun Komnas Perempuan membantu perempuan untuk mencari keadilan dan melindungi wanita dari tindakan kekerasan.
Bermula diawal kerusuhan di bulan Mei 1998, kerusuhan yang menimbulkan bukan hanya kejahatan seksual tapi juga momen dimana banyak korban kebakaran ingin dikembalikan nama baiknya. Karena diluar sana, ada tanggapan klo korban kebakaran adalah korban dari penjarahan padahal tidak semua seperti itu.
Ibu Yuniyanti, Wakil Ketua Komnas Ham Perempuan
Diawal tengah acara, Ibu Yuniyanti, Wakil Ketua Komnas Perempuan  banyak menceritakan apa yang terjadi pada kerusuhan 1998 dan dampak bagi para keluarga korban dan upaya agar mereka menghilangkan bayangan masa lalu yang suram,

 

Galeri Kejadian Mei 1998

 

Diluar gedung tersedia juga mading mengenai kerusuhan dan peta tragedi 1998, Ternyata tragedi ini tidak hanya terjadi di Jakarta tapi juga di Medan, Palembang, Solo dan Yogyakarta Semoga kerusuhan ini diharapkan tidak terulang  lagi di Indonesia.

Di ultah ke-18 ini, banyak harapan kedepannya agar Komnas Perempuan bisa merangkul wanita-wanita Indonesia yang telah menjadi korban. Karena hanya 1 dari 8 kekerasan dan pelecehan seksual yang melaporkan pengaduan ke Komnas Perempuan. Korban tidak mau melapor karena takut, malu, dicibir dan dijauhkan.

Untuk mendekat kepada korban sekarang pengaduan dipermudah dengan beberapa cara. Para korban bisa telp,  surat atau datang langsung ke Komnas Perempuan (Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan), Jl. Latuharhari No. 4B, Jakarta 10310. Telp. 0213903963, Fax. 0213903922. Email: mail@komnasperempuan.go.id. Web: www.komnasperempuan.go.id.

Akses yang mudah sesuai dengan tagline Komnas Perempuan :

“Hadir, Sedia dan Berkerja Untuk Korban”

Sharing is caring!

About The Author

Hello Happy Friends :) Selamat datang di blog Hanni. Blogger yang suka berbagi pengalaman, tips, dan info terbaru mengenai lifestyle. Hanni bisa dikontak via email : halohanni@gmail.com

Comments (1)

  • Admin AlatBisnis.Com

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Leave comment : Selamat Ulang Tahun Ke 18 Komnas Perempuan