Rahasia Cara Membuat Vlog dan Voice Over Dengan Mudah

Bagi pemula membuat vlog itu gampang-gampang susah. Gampang ketika melihat orang lain ngevlog tapi pas mo praktek kok ga seperti apa yang diliat ( gw banget :P)

Dikepala masih  banyak pertanyaan. Bagaimana membuat vlog, mulai dari belum ada kamera dslr, belum punya ini itu sampai akhirnya belum membuat vlog he he. Ternyata bikin vlog bisa dimulai dari apa yang kita punya loh. Shootingnya dengan smartphone yang kita punya apapun itu modelnya. 

cara-membuat-vlog
Mas Dede dan mba Ica berbagi tips membuat vlog dan voice over denga mudah 

Mas Dede dan Mba Ica

Di acara kelas blogger ke 9″Vlog Pake Hp” bersama Kudo Indonesia, Couple blogger “mas Dede dan mba Ica” mebeberkan rahasia membuat vlog dan mengisi voice over video biar suara menjadi bagus, Sebelum masuk ke materi, perkenalan dulu ya siapa ya mas Dede dan mba Ica. Mereka  aktif ngevlog dari tahun 2008 karena backgroundnya dibidang komunikasi jadi terbiasa mendapat tugas kuliah repotase dan juga membuat video. Mba Ica sempat bekerja di radio dan mas Dede sebagai jurnalis. Duet pasangan ini menghasilkan video yang kece-kece *dua jempol buat mereka*

Teknik Dasar Vlog

Setiap vlogger mempunyai ciri khas masing-masing sesuai bidang yang diminati. Ada yang berkonsep daily vlog, tutorial, reportase, review dll. Agar vlog kita bagus kita harus banyak melihat video dari channel-channel di youtube. Amati dan modifikasi,bagian mana yang cocok untuk channel kita.

Sebelum mengambil gambar, ada teknik dasar agar tampilan videonya bagus apalagi dengan mengunakan smartphone. Kelemahan merekam di hp adalah gambar goyang,biar tidak goyang bisa mengunakan tripod  atau membeli smartphone yang sudah memiliki peredam goyang.

Disaat megabungkan beberapa potongan-potongan video menjadi satu video.  Kita menempatankan  sebagai penonton jadi jangan lebay dan jangan memberi transisi  terlalu berlebihan.
Ambil video dari beberapa angle sebanyak-banyaknya jadi setelah selesai acara kita bisa memilih video mana yang menurut kita bagus. Video bagus karena ada konsep ide yang menarik, unik dan. lucu, Penonton mau menonton dan menonton lagi.


VOICE OVER

Setelah mengabungkan video saatnya menambah suara, biar pesan yang disampaikan di video lebih jelas. Waktu yang terbaik ketika voice over adalah di pagi hari karena suasana tenang, biar ga kehausan saat voice over jangan lupa sediakan air putih disamping jadi  ga perlu ribet cari air minum, pas haus langsung minum deh.

Posisi duduk juga mempengaruhi suara. Teman-teman bisa mencari posisi yang nyaman untuk merekam suara, Atur juga jarak antara mulut dan hp, paling ga jaraknya satu gengaman biar suara jelas. Agar suara ga terlalu besar atau kekecilan karena jaraknya jauh.

Sebelum mevoice over, kita siapkan tulisan yang akan kita baca ya. Supaya ga keglagepan he he.  Tips-tips  menulis script voice over dari mba Ica:
  • Buat kalimat dengan jelas mengunakan huruf kapital, contoh NAMA SAYA HANNI 
  • Ubah angka lebih baik dibuat huruf, contoh tahun 2016 ditulisnya menjadi  TAHUN DUA RIBU ENAM BELAS .
  • Gunakan tanda slash (/) sebagai tanda baca agar kita bisa menyampaikan pesan dengan baik. 
  • Jangan gunakan singkatan-singkatan yang tidak lazim kecuali yang biasa seperti MPR/DPR
  • Bahasa asing pun biar lebih jelas kita buat tulisan, contoh www.facebook.com menjadi wewewe dot fesbuk dot kom 

Disaat membaca gunakan tanda slash (/) sebagai panduan membaca jadi kita tau kapan berintonasi. Tanda slash satu (/) digunakan untuk jeda. Tanda slash dua (//) untuk berhenti atau titik klo slash tiga (///) artinya mengakhiri tulisan kita. Intonasi bisa membuat arti yang berbeda.

Contoh : HELLO TEMAN TEMAN / SAAT INI SAYA BERADA DI ACARA SMESCO DIGIPRENUER// SESUAI NAMANYA SMESCO DIGIPRENEUR DAY/ GELARAN INI TEGASKAN KOMITMEN INDONESIA MEDIGITALKAN PRODUK UKM DI SMESCO /// 

Gunakan gesture tubuh biar suara lebih ekspresif.  Tips lainnya agar mudah ber voice over adalah bayangkan kita sedang berbicara dengan orang jangan seperti membaca.   Perhatikan juga fade in fade out suara  jadi kita menyesuaikan suara dan bisa tau masuk mendengarkan lagi apakah suara kita sudah sesuaikan narasi dengan gambar. the last but no least agar kita makin mahir di voice over adalah praktek..praktek,..praktek.  Yuk kita memulai praktek voice over 🙂

9 Replies to “Rahasia Cara Membuat Vlog dan Voice Over Dengan Mudah”

  1. hemmmm senangnya…

    aku gak bisa seperti guru yang pandai menjelaskan, aku hanya bisa bercerita pengalaman dan apa yang aku alami. So senang sekali kalau bisa berbagi meski tak banyak tapi bisa difahami.

    semoga bermanfaat.

    Ayo terus berkarya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *